Gejala Stroke (dok. rri.co.id)

STROKE : Gejala dan Cara Mengatasi

Regina | Kesehatan | 17-06-2022

PARBOABOA – Kesehatan merupakan hal yang cukup mahal untuk didapatkan. Dalam setiap kegiatan yang kita lakukan, bisa saja menjadi resiko yang menyebabkan kesehatan dalam tubuh kita terganggu.

Tak hanya karena di sengaja, penyakit bisa saja datang karena memiliki beberapa faktor yang mendukung. Seperti contoh stroke.

Penyakit ini pasti sangat tak asing lagi di telinga masyarakat. Biasanya, kita melihat orang penderita stroke berada pada usia yang cukup rentan, seperti  55 tahun ke atas.

Lalu, seperti apakah gejala stroke? Apa yang menjadi penyebab penyakit ini hinggap di tubuh? Lalu apakah ada cara mengatasinya? Berikut hal tentang stroke secara mendalam untuk kamu ketahui.

Gejala Stroke

Secara umum, gejala stroke ringan pada diawali dengan :

  • Kelumpuhan setengah area badan. Biasanya terkena pada daerah wajah, lengan, atau kaki.
  • Cara berbicara yang tidak lurus dan jelas, kadang, ia akan terasa seperti cadel dan cara bicara akan ngawur.
  • Sedikit sulit dalam memahami perkataan yang disampaikan orang lain.
  • Penglihatan di sebelah mata akan sedikit kabur atau bahkan mengalami kebutaan.
  • Sering kesemutan atau mati rasa mendadak di salah satu area tubuh.
  • Sering pusing mendadak.
  • Mudah sakit kepala yang cukup parah tanpa alasan.

Gejala stroke mempengaruhi bagian otot, kepala, ucapan, visual, wajah dan juga bagian mental.

Penyebab Stroke  

Adapun penyebab stroke yang terjadi pada tubuh manusia terdiri dari beberapa jenis seperti berikut, 

• Stroke Iskemik. Jenis stroke ini biasanya yang paling umum untuk dijumpai. Adapun penyebab stroke ini dikarenakan tersumbatnya pembuluh darah ke otak. Hal in disebabkan adanya timbunan lemak pada pembuluh darah, sehingga menyebakan penyempitan pembuluh darah. 
Tak hanya itu, penyempitan ini juga dapat disebabkan karena kotoran atau bekuan darah yang mana menghambat aliran darah. Paling sering terhambat dari jantung  yang kemudain bersarang pada sel darah di otak manusia. 

• Stroke Hemoragik. Penyebab stroke ini dikarenakan adanya kebocoran yang dialami oleh pembuluh darah di otak. 
Hal tersebut karena beberapa faktor yang banyak mempengaruhi  seperti tekanan darah, obat yang berlebihan, tonjolan di pembuluh darah, trauma serta deposit protein. 

• Transient Ischemic Attack (TIA). TIA ini biasa dikenal dengan stroke ringan yang mana mempunya gejala yang tertera di atas. Gejala ini biasanya yang paling banyak dijumpai. Adapun penyebab stroke ini yaitu karena adanya penurunan sementara suplai darah ke bagian otak. 

Cara Mengobati

Dalam penyakit ini, ada beberapa cara mengobati penyakit stroke, berikut rangkumannya :

1. Suntikan rtPA

Suntikan ini merupakan penanganan pertama yang akan lakukan yaitu suntikan yang diberikan melalui infus. Suntikan rtPA ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi dari aliran darah menuju otak. Biasanya, dokter akan menyuntik dalam waktu 3-4,5 jam setelah gejala stroke pertama muncul.

2. Mengatasi Dengan Obat

Salah satu cara untuk mengobati stroke yaitu dengan mengkonsumsi obat. Biasanya obat stroke didapatkan sesuai dengan resep dokter terlebih dahulu. Maka dari itu, ada baiknya kita periksa tentang keluhan tentang penyakit yang dialami.

Adapun salah satu contoh seperti obat Citicoline. Fungsi dari obat ini yaitu untuk menjaga kerusakan otak serta membantu terjadinya pembentukan membran sel di otak. Obat ini biasanya menjadi obat yang direkomendasikan untuk penderita stroke.

3. Statin

Dokter akan memberikan obat golongan statin, yaitu atorvastatin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol yang tinggi.

4. Terapi Stroke

Ada beberapa jenis terapi stroke yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Beberapa terapi yang bisa dilakukan seperti terapi fisik, terapi bicara dan bahasa, okupasi, dan juga rekreasi serta terapi psikologi.

Tak hanya itu, ada berbagai terapi alternatif seperti akupuntur yang cocok untuk mengurangi rasa sakit serta kelumpuhan. Bisa juga dengan pijat yang mana merupakan terapi yang sangat umum digunakanan oleh penderita stroke.

Nah, itu dia  ciri atau gejala, penyebab serta cara mengobati penyakit stroke yang hinggap di tubuh kita yang bisa parboaboa rangkum. Ada baiknya kita rajin berolahraga dan juga menjaga pola makan agar kita tetap bisa hidup sehat dan bugar serta terhindar dari beberapa penyakit ya. Semoga artikel ini membantu.

Tag : #gejala stroke    #penyakit    #kesehatan    #terapi stroke   

Baca Juga