Gejala mobil matic bermasalah (Foto: carmudi.co.id)

Jangan Disepelekan, Berikut 5 Gejala Mobil Matic Bermasalah

Juni | Otomotif | 14-11-2022

PARBOABOA – Mobil matic memang menjadi pilihan favorit untuk digunakan di daerah perkotaan. Transmisi otomatis membuat pengendara merasa sangat nyaman karena tidak perlu repot-repot menginjak pedal kopling.

Namun, kamu juga harus mengetahui potensi masalah yang bisa terjadi pada transmisi tanpa pedal kopling ini. Lantas, apa saja tanda-tanda yang dimaksud? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Akselerasi Lambat

Pernahkah Anda menginjak pedal gas hingga suara mesin terdengar menderu, namun mobil melaju seperti biasa tanpa adanya peningkatan kecepatan? Jika terjadi demikian, bisa jadi ada masalah di bagian transmisi.

Penyebabnya bisa jadi karena drive plat kopling mobil sudah sangat tipis, atau bisa juga karena kinerja body valve mulai melemah.

2. Suara Mendengung

Suara mendengung bisa jadi pertanda adanya masalah pada mesin, terlebih lagi jika dibarengi dengan bunyi mirip ketukan benda tumpul yang saling beradu. Suara tersebut biasanya timbul akibat adanya transmisi yang saling berbenturan.

3. Mobil Terasa Bergetar

Jika mobil matic terasa bergetar, kamu bisa melakukan pengecekan transmisi secara mendalam. Bisa jadi kondisi kampas kopling mulai aus sehingga membuat permukaannya tidak merata sehingga mobil terasa bergetar saat sedang berjalan.

4. Bau Terbakar

Gejala berikutnya yang perlu di waspadainya adalah munculnya bau terbakar. Kondisi tersebut bisa terjadi karena transmisi mengalami overheating. Untuk itu, segera berikan pelumas untuk memuluskan pergerakan komponen transmisi dan menjaga suhunya tetap stabil.

5. Cairan Transmisi Berubah Warna

Kebocoran cairan transmisi juga menjadi salah satu pertanda adanya masalah pada mobil matic. Cairan transmisi umumnya bersih dan berwarna merah terang. Jika warnanya sudah terlihat gelap, sebaiknya segera lakukan penggantian guna menghindari terjadinya permasalahan lainnya.

Itulah tadi penjelasan tentang gejala yang bisa dikenali ketika mobil matic mengalami masalah. Untuk menghindarinya, lakukan servis secara rutin sesuai dengan waktu yang ditentukan agar kondisi mobil matic tetap sehat dan prima.

Tag : #mobil matic    #transmisi otomatis    #otomotif    #komponen mobil    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga