Tak Hanya Sekadar Variasi, Berikut Fungsi Spoiler Mobil yang Jarang Diketahui

Penulis : Juni | Otomotif | 03-09-2022

Spoiler Mobil (Foto: rakyatku.com)

PARBOABOA – Banyak pemilik mobil yang menganggap fungsi spoiler hanya sebatas aksesoris untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih keren. Padahal, komponen mobil yang satu ini memiliki fungsi yang cukup penting.

Spoiler merupakan salah satu komponen yang dapat mempengaruhi aerodinamika pada mobil dan berfungsi menambah tekanan ke bawah (downforce) pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi.

Spoiler sering ditemukan menempel pada mobil sedan, hatchback, dan minibus. Selain membuat kendaraan menjadi lebih aerodinamis, terdapat beberapa fungsi spoiler yang juga cukup penting. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Menambah Tekanan Bawah

Spoiler pada mobil memiliki peranan penting untuk menambah tekanan bawah atau disebut dengan downforce. Saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka akan timbul gaya angkat yang kurang maksimal.

Gaya angkat yang timbul akan membuat mobil terasa melayang dan kurang stabil. Dalam hal ini, spoiler berperan sebagai kontrol dan pengendali mobil tersebut.

2. Meningkatkan Pengendalian Mobil

Saat melaju kencang, tanpa disadari akan memicu terpaan angin yang lebih kencang pada sisi-sisi mobil. Angin yang kencang dapat membuat gaya angkat mobil semakin tinggi sehingga bodi kendaraan menjadi limbung.

Dengan pemasangan spoiler di bagian atap atau belakang mobil, maka gaya angkat dapat dikendalikan. Sehingga, mobil akan tetap terkontrol dan stabil ketika melaju dengan cepat.

3. Menangkis Partikel Debu dan Kotoran

Jenis mobil hatchback kerap mengalami turbulensi udara di bagian belakang sehingga tak jarang mengakibatkan debu berkumpul disekitar mobil. Dengan adanya spoiler yang terpasang di bagian belakang mobil, maka turbulensi dapat dikurangi.

Dengan demikian, kotoran pada kaca bagian belakang akan berkurang. Tak hanya itu, debu dan air hujan juga tidak akan mudah menempel karena spoiler mobil yang menghadang turbulensi udara.

Itulah beberapa fungsi spoiler pada mobil yang jarang diketahui. Agar fungsi spoiler lebih maksimal, pastikan Anda telah melakukan pemasangan dengan tepat dan harus seimbang. Karena jika hanya dipasang di satu titik, mobil akan melaju dengan arah tak menentu saat dipacu dengan kecepatang tinggi.

Editor : -

Tag : #spoiler    #mobil    #otomotif    #modifikasi    #komponen mobil    #tips   

Baca Juga