Fungsi-kabel-cross (Foto : Serba Chanel)

Fungsi Kabel Cross Beserta Urutan Warnanya

Faulan | Teknologi | 25-08-2022

PARBOABOA - Kabel cross adalah salah satu kabel Unishield Twisted Pair (UTP) yang biasa terdapat pada jaringan LAN. Fungsi kabel cross ini adalah untuk menyediakan konektivitas antara koneksi perangkat komputer dan jaringan.

Kabel UTP adalah jenis kabel jaringan dengan inti dari bahan konduktor yaitu tembaga. Setiap inti sudah dilapisi dengan bahan plastik dan saling terbungkus untuk melindungi kabel dari kerusakan fisik. Fungsi kabel UTP sama dengan kabel STP (Shielded Twisted Pair) yaitu mengirimkan data dari sumber ke alat penerima. Kabel UTP dan STP memungkinkan transmisi fisik gelombang elektromagnetik dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Agar dapat berfungsi dengan baik, urutan warna kabel cross harus benar dan sesuai dengan urutannya.

LAN sendiri merupakan singkatan dari Local Area Network, yang bertindak sebagai jaringan komputer dalam area terbatas. Jaringan ini dapat menghubungkan komputer di lokasi kecil seperti rumah, sekolah, gedung perkantoran, dan universitas. Ada dua jenis kabel yang sering digunakan yaitu kabel cross dan straight.

Kabel cross dapat digunakan untuk membentuk jaringan dan terhubung ke perangkat jaringan lain. Sebenarnya kabel cross ini memiliki fungsi dan susunan tersendiri, sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan antar jaringan.

Pengertian Kabel Cross

Kabel cross atau bisa juga disebut kabel crossover adalah kabel yang mempunyai susunan kabel cross berbeda antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya. Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat ke suatu jaringan secara perr-to-peer atau point-to-point.

Kabel crossover digunakan untuk menghubungkan dua perangkat elektronik sejenis. Misalnya, komputer dengan komputer dan laptop dengan laptop.

Fungsi Kabel Cross

Mengutip dari Manajemen Jaringan Komputer oleh Adimas Ketut Nalendra, berikut beberapa fungsi kabel cross adalah:

1. Penghubung 2 komputer

2. Penghubung 2 buah swithc

3. Penghubung 2 buah hub

4. Penghubung switch dengan hub

5. Penghubung komputer dengan router

Kabel UTP ini terdiri dari empat pasang kabel yang masing-masing dipilin. Kabel cross biasanya terdiri dari delapan warna. Urutan warna kabel cross atau urutan kabel cross yang benar adalah yang dimulai dari kabel berwarna  Putih orange, Orange, Putih hijau, Biru, Putih biru, Hijau, Putih coklat, coklat. Itu merupakan warna susunan kabel cross yang benar dan tepat.

Kelebihan Fungsi kabel cross pada jaringan adalah pada saat membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabel cross, saat pengiriaman data, proses pengiriman data dapat lebih stabil dan tidak terpengaruh oleh cuaca.

Perbedaan Kabel Cross dan Straight

Selain kabel crossover, ada juga kabel straight yang merupakan jenis kabel UTP. Kabel straigh adalah sistem pengkabelan di mana urutan warna konektor menyatu atau sama dengan konektor lain yang sejenis.

Perbedaan fungsi kabel Cross dan Straight :

1. Warna Ujung Konektor

Perbedaan warna pada ujung konektor merupakan perbedaan mendasar antara kedua jenis kabel tersebut.

Untuk kabel straight, ujung konektor yang satu dengan ujung konektor lainnya memiliki skema warna yang sama. Sedangkan kabel crossover memiliki pengaturan warna yang berbeda di kedua ujung konektor.

2. Fungsi

Kabel straight adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda. Diatas sudah disebutkan fungsi kabel cross, Kabel crossover memiliki fungsi sebagai koneksi antara dua perangkat yang sama.

Jika kedua colokan berbeda warna, itu adalah kabel crossover. Jika warnanya sama, maka dapat dipastikan itu adalah kabel straight.

Cara lain untuk mengetahui perbedaan antara kabel cross dan straight adalah dengan memeriksa jenis perangkat yang terhubung. Jika perangkat berupa router atau server host dan terhubung ke switch dan hub dan kabel yang digunakan adalah kabel straight. Kabel crossover digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan tipe yang sama atau sejenis.

Tag : #kabel cross    #fungsi kabel cross    #kabel cross dan kabel straight    #urutan warna kabel cross   

Baca Juga