Ilustrasi filter bahan bakar mobil (Dok: hyundai.com)

Kenali Fungsi Filter Bahan Bakar pada Mobil dan Cara Membersihkannya

Dimas | Otomotif | 25-06-2022

PARBOABOA – Fuel filter atau filter bahan bakar merupakan salah satu komponen pada mobil yang wajib diperhatikan secara rutin. Sebab, komponen ini memiliki peran besar dalam menjaga performa mesin mobil.

Filter bahan bakar terdiri dari dua komponen, yakni case pelindung dan elemen penyaringan. Pada sebuah mobil, elemen penyaringan yang umum digunakan adalah filter berbahan dasar kertas yang dilipat-lipat. Hal ini bertujuan agar keseluruhan penampang filter menjadi lebih luas.

Fungsi Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar mobil diketahui memiliki 4 fungsi utama, di antaranya:

1. Menyaring kotoran

Salah satu fungsi utama dari filter bensin pada mobil adalah untuk menyaring berbagai kotoran yang terdapat di dalam bahan bakar. Jika tidak ada proses penyaringan, mobil akan mengalami berbagai permasalahan.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu membersihkan saringan kotoran secara rutin agar kebersihan saringan tetap terjaga dan terawat dengan baik.

2. Menurunkan kecepatan Aliran Bahan Bakar

Filter bahan bakar pada mobil juga berfungsi sebagai alat yang bisa menurunkan aliran kecepatan bahan bakar. Filter bahan bakar akan membantu mobil untuk melaju dengan stabil di berbagai kondisi jalanan.

Di samping itu, fungsi ini juga membantu berbagai komponen dan partikel berbahaya tidak akan masuk atau tersalurkan ke ruang pembakaran. Karena, jika komponen atau partikel lain masuk ke ruang pembakaran, maka akan menimbulkan endapan di bagian bawah.

3. Menyaring Elemen Air dalam Bahan Bakar

Filter bensin juga berfungsi untuk menyaring berbagai elemen air yang biasanya terdapat di bahan bakar. Bukan tidak mungkin bahan bakar bisa bercampur dengan air dan penyebab pencampurannya sangatlah bervariasi.

Keberadaan air yang tidak tersaring, tentu akan menghambat performa mobil. Dengan adanya filter bahan bakar, maka risiko pencampuran bahan bakar dengan elemen lain bisa dihindarkan dan tentunya membuat performa mobil tetap stabil.

4. Mencegah Saringan Bahan Dari Penyumbatan

Jika saringan bahan bakar mengalami penyumbatan, tentu tahanan dalam aliran bahan bakar akan semakin bertambah. Jika hal ini terjadi, bisa mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke karburator mobil lebih banyak dan berdampak pada penggunaan bahan bakar yang semakin boros.

Ketika mesin mobil melakukan perputaran yang tinggi, mesin mobil akan membutuhkan kiriman bahan bakar dalam jumlah yang besar. Apabila terjadi penyumbatan, tentu hal ini akan membuat tenaga mesin semakin menurun karena kurangnya pasokan bahan bakar.

Pasokan bahan bakar yang ada akan disalurkan dari tangki bahan bakar karena adanya penyumbatan di bagian saringan bahan bakar. Apabila Anda sering kehabisan bahan bakar di area mesin, maka akan berdampak pada saringan bahan bakar mobil yang menjadi tersumbat.

Tanda-Tanda Kerusakan Filter Bahan Bakar

Komponen yang satu ini memang diketahui rentan dengan kerusakan. Bahkan, kerusakan pada komponen ini dapat merembet ke bagian komponen lain. Untuk itu, Anda tentu wajib mengetahui tanda-tanda kerusakan dari filter bahan bakar.

Berikut ini adalah tanda-tanda kerusakan pada filter bahan bakar, di antaranya:

  • Saat mobil dalam keadaan diam, putaran mesin tidak normal, terutama jika Anda menaikkan RPM.
  • Tarikan mobil menjadi tidak bertenaga.
  • Mobil susah untuk dihidupkan.
  • Bahan bakar lebih cepat habis.

Cara Membersihkan Filter Bahan Bakar

Mengingat besarnya peranan dari filter bahan bakar, Anda tentu harus merawat komponen yang satu ini. Perawatan utama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin.

Adapun cara membersihkan Filter bahan bakar yang benar, yaitu:

1. Cari Letak Saringan Bahan Bakar

Sebelum anda masuk dalam proses pembersihan saringan bahan bakar, pastikan Anda sudah mengetahui dulu letak saringan bahan bakarnya. Letak saringan bahan bakar di setiap mobil biasanya berbeda-beda, tergantung dari jenis mobilnya.

Saringan bahan bakar akan mengalir menuju ke karburator atau sistem injeksi. Apabila sudah benar, maka anda bisa mengurutkan kembali untuk bisa mencapai filter mobil Anda. Dengan mengetahui letaknya, maka Anda bisa melakukan proses selanjutnya.

2. Pastikan Tidak Ada Bensin Yang Terkena Semprot

Untuk melakukan perawatan filter bensin mobil, maka anda bisa mencoba untuk membuka klem yang berada di saluran bahan bakar dan biasanya berada pada jarak 4 inci di bagian keluar serta masuknya selang.

Klem juga harus dikencangkan dengan menggunakan obeng jenis datar kepala. Kemudian Anda bisa menutup selang dengan memakai klem dan hal ini akan memastikan tidak adanya bensin yang terkena semprot alias aman.

3. Siapkan Wadah di Bawah Filter

Bagi Anda yang ingin membersihkan filter bahan bakar, maka bisa dilakukan dengan cara menyiapkan wadah dan diletakkan di bawah filter bensin. Lalu anda bisa membuka bagian tutup klem, kemudian lampirkan filter untuk selang.

Ketika melakukan buka tutup klem tersebut, anda bisa tarik bagian selang pada filter dan biarkan bensin keluar. Apabila Anda melepaskan semua selang, maka biarkanlah semua bensin yang tersisa di dalamnya keluar dengan lancar.

4. Mulai Bersihkan Filter Bensin

Anda bisa masuk ke tahapan pembersihan filter pada bensin mobil. Silahkan pegang bagian filter bahan bakar dan masukkan selang ke bagian dalamnya. Selanjutnya tinggal semprotkan filter bahan bakar dengan memakai cairan khusus.

Silahkan anda pasangkan nozzle pada bagian semprotan dan masukkan ke ujung lainnya yang menuju ke dalam filter serta semprotan. Biarkanlah semua datang dan keluar dari dalam botol tersebut, lalu anda tinggal mengulangi langkah ini dari kedua ujung botol.

5. Menyadap Permukaan Filter

Cara ini cukup dengan melakukan penekanan pada bagian filter atau Anda juga bisa memakai obeng dengan melakukan penekanan pada bagian pegangannya. Pastikan bahwa Anda bisa menyadap semua bulatan pada permukaan filter bensin mobil dengan baik.

7. Pasang Kembali

Apabila sudah yakin jika filter bahan bakar bersih, maka Anda bisa memasang kembali filter bahan bakar ke posisi yang awal atau semula. Pastikan melakukan pemasangan dengan tepat, agar filter bahan bakar atau bensin bisa bekerja secara optimal.

Demikianlah seputar informasi mengenai fungsi dari filter bahan bakar yang bisa Parboaboa sajikan. Jika Anda ingin menjaga performa mobil tetap baik, maka lakukanlah perawatan pada komponen yang satu ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #flter bahan bakar    #otomotif    #fuel filter   

Baca Juga