Ilustrasi Membunyikan Klakson (Foto: carmudi.co.id)

5 Etika Menggunakan Klakson yang Wajib Diketahui

Juni | Otomotif | 21-09-2022

PARBOABOA – Klakson merupakan peranti wajib yang ada pada setiap kendaraan bermotor. Fungsinya adalah sebagai alat berkomunikasi antara pengguna jalan lainnya, baik itu pengemudi ataupun  pejalan kaki.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah, suara klakson setiap kendaraan harus terdengar dalam jarak 60 meter dengan besaran bunyi minimal 83 desibel (dB) dan maksimal 118 dB.

 Tahukah kamu, penggunaan klakson ternyata ada etikanya. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Tidak Membunyikan Klakson Ditengah Kemacetan

Berkendara di jalan macet memang terasa sangat menyebalkan. Kondisi tersebut acap kali membuat pengemudi membunyikan klakson secara terus menerus. Ini tentu bukan solusi yang tepat untuk menghadapi jalan macet, karena akan mengganggu pengguna jalan lain.

Oleh karena itu, usahakan untuk tetap sabar dan tenang setiap menghadapi jalanan macet. Perlu diingat, tak ada satu pun pengguna kendaraan yang suka diklakson saat berada di jalan macet.

2. Tidak Membunyikan Klakson Berkali-kali

Membunyikan klakson sebaiknya cukup hanya sekali atau maksimal dua kali. Karena jika dilakukan berkali-kali, bisa menyebabkan polusi suara dan memicu kegaduhan dengan pengendara lainnya.

Membunyikan klakson sekali, dinilai sebagai sebuah sapaan ke pengguna jalan lain. Jika dibunyikan dua kali, dapat diartikan sebagai panggilan atau ucapan terimakasih usai menyalip kendaraan lain.

3. Tidak Membunyikan Klakson Saat Lampu Hijau.

Saat lampu hijau baru menyala, banyak pengguna kendaraan yang membunyikan klakson secara berkali-kali agar kendaraan yang ada di depan lekas maju. Meski tidak ada aturannya secara tertulis, namun hal itu tentu akan membuat pengendara lain merasa jengkel.

4. Tidak Membunyikan Klakson di Malam Hari

Membunyikan klakson di malam hari tentu tidak etis dilakukan karena akan sangat mengganggu dan menimbulkan kebisingan. Jika ingin memberi tanda ke pengendara lain untuk menyalip, sebaiknya gunakan lampu dim agar lebih sopan.

5. Tidak Membunyikan Klakson di Sekitar Rumah Sakit

Sebaiknya jangan membunyikan klakson di sekitar rumah sakit. Sebab, suara klakson yang berisik akan sangat mengganggu pasien rumah sakit. Terlebih lagi, jika ada pasien penyakit jantung yang tentunya akan sangat terganggu bahkan dapat membahayakan keselamatannya.

Itulah tadi lima etika menggunakan klakson saat berkendara yang perlu diketahui. Bagaimana, apakah kamu sebagai pengendara sudah menerapkannya?

Tag : #klakson    #etika berkendara    #otomotif    #peraturan    #lalu lintas    #pengemudi kendaraan   

Baca Juga