Erick Thohir dan Sandiaga Uno saat menghadiri rakernas di Jakarta. (Foto: Twitter/erickthohir)

Erick Thohir dan Sandiaga Uno akan Bantu Modal UMKM IWAPI

Maesa | Nasional | 29-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Menteri BUMN serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Hotel Sultan & Residence, Jakarta, pada Kamis (29/09/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN berjanji untuk bekerjasama dengan ribuan anggota perempuan pengusaha IWAPI dalam menciptakan lagi pelaku UMKM perempuan.

"Sebenarnya, kami dari BUMN sudah lama punya program yang sangat signifikan dan kuat, yaitu PM Mekar. Dimana permodalan kepada ibu-ibu ultra mikro di desa-desa ada pinjaman modal Rp 1 juta sampai Rp 4 juta, jumlah nasabahnya pun sudah 12.6 orang, dan kita akan dorong terus sampai 20 juta nasabah," ungkap Erick.

Erick menuturkan, bahwa kerjasama antara BUMN dengan IWAPI akan menghasilkan potensi yang luar biasa dan mampu membangkitkan ekonomi nasional.

"Ini potensi yang luar biasa, bahwa ekonomi Indonesia akan terus tumbuh 5 persen ke depan. Dan saya berharap, IWAPI-BUMN, bisa bersinergi," katanya.

Sejalan dengan Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mengatakan, para pelaku UMKM perempuan ini dapat membangkitkan ekonomi melalui digitalisasi.

"Inilah, tulang punggung 75 persen dari ekonomi kreatif kita dan memanfaatkan teknologi platform digital. Lalu, 60 persen dari usaha ibu-ibu, dibantu oleh konten-konten kreatif, dan sekarang Indonesia merangsek posisi 3 besar dunia dari ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno

Sandiaga Uno menjelaskan, ia dan pihaknya akan menggandeng ribuan anggota IWAPI agar melek digitalisasi guna memasarkan produk ekonominya.

"Kita bisa pulih kalau IWAPI bekerjasama dengan kita upskilling, reskilling dan new-skilling. Kita punya beberapa program, mulai dari Kata Kreatif, Apresiasi Kreasi Indonesia, Widuri, Wirausaha Digital dan Mandiri, nanti kita gerakan cinta dan bangga produk lokal," ungkap Sandiaga.

Rakernas yang digelar oleh IWAPI kali ini diikuti oleh 1.540 peserta pelaku UMKM yang berasal dari 34 provinsi.

Pada rapat tersebut, tersedia juga booth yang memamerkan produk UMKM anggota IWAPI. Mulai dari kuliner berbagai daerah, fashion, hingga kerajinan tangan.

Tag : #umkm    #erick thohir    #nasional    #bumn    #sandiaga uno    #iwapi    #kementerian   

Baca Juga