Garis polisi terpasang di toko emas Sinar Mas di ITC BSD Serpong Tanggerang Selatan Jumat (16/09/2022) (Foto: suara.com/Wivy)

Empat Tersangka Maling Toko Emas di ITC BSD Serpong, Spesialis Pencurian Toko Emas

Adinda Dewi | Hukum | 30-09-2022

Empat tersangka perampokan di Toko Emas ITC BSD Serpong berhasil diamankan kepolisian di tiga lokasi yakni di Bogor, Jawa Barat; Grobogan, Jateng; dan Benda, Kabupaten Tangerang, pada Kamis (29/09/2022).

Diketahui keempat tersangka perampokan tersebut berinisial, SU (37), TH (37), MK (33), dan H (34). Dari empat orang itu, satu di antaranya merupakan seorang pecatan TNI. Hengki menjelaskan peran dari pecatan anggota TNI ini yakni menyediakan senjata api untuk merampok. Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti senjata api yang dibawa saat merampok toko emas tersebut.

"Iya benar (satu pecatan TNI) berinisial MK," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Hengki Haryadi saat dihubungi wartawan, Jumat (30/9/2022).

Sedangkan ketiga tersangka lainnya berperan sebagai eksekutor, pengawas lokasi, penyedia senjata hingga yang menyimpan senjata.

” Semuanya spesialis (pencurian) toko emas," katanya.

Tim Gabungan Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Satreskrim Polres Tangerang Selatan telah mengamankan keempat tersangka tersebut di Mapolda Metro Jaya untuk penyelidikan lebih lanjut.

Seperti di beritakan sebelumnya, aksi perampokan di toko emas ITC Serpong ini terjadi pada Jum’at (16/9/2022).

Dari hasil rekaman CCTV di lokasi, sebelum beraksi pelaku sudah beberapa kali berlalu-lalang di kawasan pertokoan untuk mengintai target. Kemudian pelaku yang sudah menutupi wajahnya dengan masker hitam masuk ke toko dan menodongkan senjata. Pelaku kemudian melepas tembakan satu kali ke udara, kemudian memecahkan etalase dan menggasak sejumlah perhiasan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan pelaku membawa kabur emas seberat 600 gr yang mengakibatkan kerugian ditafsir hingga Rp375 juta.

"Untuk kerugian ditaksir sekitar Rp 375 juta atau 600 gram," jelas Kombes Zulpan dalam keterangan kepada wartawan.

Tag : #perampokan    #tangerang selatan    #hukum    #kriminal    #toko emas    #maling   

Baca Juga