Ilustrasi

Pecahkan Rekor! Elon Musk Akan Luncurkan Roket SpaceX Tiap Minggu Tahun Ini

Wanovy | Teknologi | 29-01-2022

PARBOABOA - Orang terkaya dunia, Elon Musk bersama perusahaan kedirgantaraannya, SpaceX berhasil memecahkan rekor peluncuran orbital tahunannya sendiri tahun lalu.

Kini mereka pun berusaha untuk meningkatkan kecepatan lebih lanjut pada tahun 2022 untuk meluncur satu kali setiap minggu.

Selama pertemuan komite pengawasan badan utama NASA pada hari Kamis, anggota panel Sandra Magnus mengungkapkan bahwa perusahaan swasta tersebut menargetkan manifes peluncuran 52 yang ambisius untuk tahun 2022.

"NASA dan SpaceX harus waspada selama 2022 agar mereka tidak menjadi korban dari kesuksesan mereka," menurut Sandy Magnus, mantan astronot NASA dan anggota panel, dalam pertemuan tersebut dikutip Jumat (28/1).

"Ada manifes 52-peluncuran yang ambisius untuk SpaceX sepanjang tahun. Dan itu luar biasa," sambungnya.

Jika berhasil, itu akan menjadi rekor peluncuran terbanyak yang pernah dilakukan perusahaan dalam satu tahun. Rekor sebelumnya atau sepanjang 2021 sebanyak 31 peluncuran.

Secara konteks, SpaceX mewakili sekitar seperlima dari peluncuran roket orbital yang sukses di dunia tahun lalu dengan perusahaan secara kasar mengimbangi China.

Perusahaan sudah pada kecepatan rata-rata mingguan untuk memulai tahun ini, dengan tiga peluncuran Falcon 9 yang sukses sejauh ini dan dua lagi diharapkan sebelum akhir bulan.

Selain peluncuran Falcon 9, SpaceX juga memiliki beberapa roket Falcon Heavy yang dijadwalkan lepas landas pada 2022.

Sayangnya, Magnus tidak merinci apakah 52 peluncuran terjadwal SpaceX termasuk penerbangan uji roket prototipe Starship-nya. Baik ASAP maupun SpaceX tidak menanggapi permintaan klarifikasi dari CNBC.

Bagian penting dari kecepatan peluncuran cepat SpaceX adalah kemampuannya untuk digunakan kembali sebagian kendaraan Falcon 9 dan Falcon Heavy dengan mendaratkan pendorong roketnya dan memulihkan setiap setengah dari nosecone setelah diluncurkan.

Untuk diketahui, SpaceX sendiri merupakan mitra utama NASA dalam penerbangan antariksa manusia. Perusahaan ini bertanggung jawab mengangkut astronaut dan kargo NASA ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional menggunakan pesawat ruang angkasa.

Namun, SpaceX juga memiliki banyak pelanggan di luar NASA. Secara berkala mereka telah meluncurkan satelit untuk perusahaan lain, pelanggan internasional, dan Departemen Pertahanan. Tetapi sebagian besar peluncuran SpaceX untuk tahun ini adalah untuk kebutuhan SpaceX.

Perusahaan juga disebut sedang membangun konstelasi satelit besar yang disebut Starlink yang memerlukan peluncuran ribuan pesawat ruang angkasa ke orbit rendah hingga menengah Bumi untuk menyediakan akses internet broadband ke seluruh dunia.

Kendati begitu jadwal penerbangan angkasa luar selalu dapat berubah, jadi tidak ada jaminan bahwa SpaceX akan memenuhi 52 peluncuran tahun ini.

Tag : #elon musk    #spacex    #nasa    #roket   

Baca Juga