Google Doodle hari ini

Ellya Khadam Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

rini | Biografi | 23-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Google Doodle hari ini menampilkan sosok Ellya Khadam yang memperingati ulang tahun ke-93. Mungkin tidak banyak yang mengenal Ellya, padahal dia adalah seorang pelopor musik dangdut di Indonesia.

Dalam tampilan Doodle hari ini terlihat sejumlah alat musik yang ditata hingga membentuk kata “Google”. Pada huruf O kedua sosok Allya memegang mike dan berpose layaknya penyanyi India.

Berikut fakta mengenai Ellya Khadam:

1. Nama Asli

Ellya Khadam lahir di Jakarta pada 23 Oktober 1928 dengan nama asli Siti Alya husnah. Ellya merupakan seorang penyanyi, dan penulis lagu di Indonesia. Nama Khadam ternyata nama suami kedua Ellya yang merupakan pria keturunan India.

2. Penggemar India

Ellya awalnya bergabung dengan Orkesta Melayu Kelana Ria pada tahun 1950, sebuah grup musik lokal yang memasukkan unsur budaya dan musik India. Dalam penampilannya Ellya sering menggunakan kain sari tradisional India dan menggunakan sindoor di dahinya.

3. Pelopor Musik Dangdut

Kepopulerannya semakin besar setelah Ellya merilis lagu “Boneka India” pada tahun 1956. Lagu inilah yang kemudian dianggap sebagai standar genre dangdut masa kini.

4. Piawai dalam Akting

Selain menjadi penyanyi dan penulis lagu, Ellya juga sibuk membintangi film hingga akhir tahun 1970. Film yang dibintanginya diantaranya: Tjita-Tjita Ajah, Ratu Rumah Tangga, Mak Tjomblang, Matahari Pagi, Di Balik Pintu Dosa, Bajingan Tengik, Dunia Belum Kiamat, Bing Slamet Setan Jalanan, dan Biang Kerok Beruntung.

5. Meninggal karena Diabetes

Pada tanggal 2 November 2009 sosok Ellya meninggal pada usianya yang ke 81 tahun, setelah berjuang melawan penyakit diabetes yang dideritanya.

Tag : biografi, ellya khadam, googe doodle, pelopor musik dangdut

Berita Terkait