Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (Foto: Indozone)

Krisis Pangan Mengancam, Edy Rahmayadi Minta Masyarakat Sumut Tanam Cabai di Rumah

Dimas | Daerah | 03-09-2022

PARBOABOA, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi memperkirakan bahwa selama tiga bulan kedepan, Sumut akan mengalami krisis pangan.

Hal tersebut diungkapkan Edy setelah melantik 123 Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Sumut, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (3/9).

“Prediksi saya, prediksi dari BI, prediksi dari ekonom-ekonom kita, di bulan 11, bulan 12, kita akan krisis pangan, di antaranya adalah bawang merah, cabai merah, cabai rawit,” kata Edy.

Masyarakat Sumut Diminta Tanam Cabai di Rumah

Mengantisipasi ancaman krisis pangan tersebut, Edy mengimbau kepada masyarakat untuk menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing.

Sebelum mengimbau kepada masyarakat, Edy juga telah meminta hal tersebut untuk dilakukan oleh para pegawai aparatur sipil negara (ASN) dan juga para personel TNI/Polri.

"Saya tadi pagi sudah memerintahkan kepada eselon II, para asisten, staf ahli dan juga Sekda. Seluruh ASN di rumahnya harus ada polybag-polybag minimal 10 buah, untuk menanam cabai merah dan cabai rawit," kata Edy

Tujuan penanaman itu, ucap Edy, nantinya akan sangat berguna dan dapat membantu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Oleh karena itu, Edy berharap seluruh warga Sumut bisa menanam cabai di rumah masing-masing.  

"Untuk itu, TNI/Polri juga akan saya sampaikan. ASN, semuanya saya minta lakukan ini, awasi. Dan pastikan kalian semua melakukannya dengan serius. Kalian rawat, dan tiga bulan yang akan datang pada saat orang kesusahan bahan pokok yang saya sebutkan tadi, sudah ada di rumah kalian," ucap Edy.

"Syukur-syukur rakyat juga ikut melakuan hal yang sama. Karena dengan krisis pangan ini, langsung menyulitkan kita," sebutnya.

Tag : #sumatera utara    #edy rahmayadi    #daerah    #gubernur sumut    #krisis pangan    #berita sumut   

Baca Juga