Dukung KTT G20 Bali, Bus listrik Damri layani 3 rute di Nusa Dua

Penulis : Apri Siagian | Nasional | 12-11-2022

Bus listrik untuk transportasi KTT G20 ( Foto : Nyoman Hendra Wibowo/Antara Foto)

PARBOABOA, Jakarta – Damri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Industri Kereta Api (INKA) mulai mengoperasionalkan tiga rute bus listrik menuju Nusa Dua, Badung, selama kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Tiga rute bus Damri di Nusa Dua tersebut terbagi menjadi tiga kode, yakni ND-1, ND-2, dan ND-3.

Adapun rute dengan bus kode ND-1 yaitu melayani rute Lapangan Lagoon-Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC)-Bali Collection-Mulia Resort-Apurva Kempinsky.

Kemudian, bus dengan kode ND-2 melayani rute Nusa Dua Beach Hotel-Sofitel and Resort-BNDCC-The Westin Hotel-Hotel The Laguna-Hotel Mulia Bali-Bali Collection-Hotel Grand Hyatt-Ayodya Resort Bali-Hotel Merusaka-Apurva Kempinsky.

Sedangkan bus berkode ND-3 melayani rute Bali Collection-Hotel St.Regis-Mulia Resort-Hotel Hilton-The Apurva Kempinsky-Hotel Ritzz Carlton-Samabe Bali Suites and Villas.

Terkait fasilitas yang dibuat untuk satu bus listrik Damri bisa mengangkut 24 penumpang yang terdiri dari 19 tempat duduk dan 5 berdiri.

“Satu bus listrik bisa mengangkut 24 penumpang, untuk 19 tempat duduk dan 5 berdiri. Masyarakat umum boleh naik, tidak ada syarat khusus,” kata Staf Teknik moda bus listrik Damri Revan kepada wartawan di Bali pada Sabtu (12/11/2022)

Revan menjelaskan, bus listrik Damri beroperasi mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB, namun hal itu juga bergantung dengan kondisi dinamis penyelenggaraan KTT G20.

Sementara itu, Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri, mengatakan Damri akan mengoperasikan  24 bus listrik untuk memberikan kemudahan para delegasi G20, peserta G20, maupun masyarakat umum.

Selain itu, sejumlah persiapan dalam pengoperasian bus listrik tersebut telah dilakukan.

"Melalui persiapan yang matang dan pengecekan secara berkala, semoga pengoperasian armada ini mampu menunjang kelancaran agenda KTT G20," kata Akhmad dalam keterangan resmi, Kamis (10/11/2022) lalu.

Editor : -

Tag : #ktt g20    #damri    #nasional    #bus listrik    #Kemenhub    #INKA    #Akhmad Zulfikri    #Revan   

Baca Juga