Bacaan Doa Keluar Rumah, Lengkap Dengan Artinya

Penulis : Mei | Pendidikan | 21-10-2022

Ilustrasi Keluar Rumah (Foto : Bincang Syariah)

PARBOABOA - Sedari kecil, kita selaku umat Muslim pasti sudah diajarkan untuk membiasakan diri agar membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas apa pun itu, benarkan?

Segala aktivitas sehari-hari, mulai dari makan, tidur, bangun tidur, minum, hingga keluar rumah pun dianjurkan bagi kita untuk membaca doa agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dan diberikan ridho-Nya.

Nah, berbicara mengenai aktivitas diluar rumah, pastilah terdapat begitu banyak ancaman dan mara bahaya yang mungkin saja sudah menanti kita. Itulah mengapa kita sangat dianjurkan supaya membaca doa keluar rumah agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Lantas, sudah tahu belum bacaan doa keluar rumah berserta artinya? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Parboaboa akan membahas mengenai doa keluar rumah latin. Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Bacaan Doa Keluar Rumah Dan Artinya

Doa keluar rumah yang pertama:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Doa keluar rumah yang kedua:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau dibodohi”.

Selaku umat muslim, perlu kalian ketahui bahwa bacaan doa di atas bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dan berharap semoga dijauhkan dengan segala bentuk marabahaya.

Tata Cara Doa Keluar Rumah

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa keutamaan dari bacaan doa keluar rumah semata-mata hanyalah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT ketika sedang berada di luar rumah.

Sebenarnya tak hanya ketika hendak meninggalkan rumah saja, kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika memasuki rumah yang baru atau rumah yang sudah lama dibiarkan dalam kondisi yang tak berpenghuni.

Nah, berikut ini tata cara pelaksanaan doa keluar rumah.

  • Dalam keadaan suci
  • Dianjurkan menghadap kiblat
  • Mengangkat kedua tangannya dengan telapak tangan terbuka di depan dada, tepatnya di pertengahan dada.
  • Memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah
  • Membaca doa-doa
  • Keluar dari rumah mendahulukan kaki kanan

Editor : -

Tag : #pendidikan islam    #doa pendek    #pendidikan    #islam    #umat muslim    #doa keluar rumah   

Baca Juga