Doa Bercermin Dalam Islam, Lengkap Dengan Artinya

Mei | Pendidikan | 19-10-2022

Ilustrasi Doa Bercermin (Foto : Kumparan)

PARBOABOA - Sebagai umat Muslim, kita memang dianjurkan untuk mengamalkan doa sebelum melakukan aktivitas apapun itu agar senantiasa mendapat perlindungan serta ridho dari Allah SWT.

Dari banyaknya kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, aktivitas bercermin pasti tak akan pernah luput dari perhatian, mengingat cermin merupakan pantulan diri yang dapat membantu kita untuk menilai keadaan diri sendiri.

Bercermin memanglah penting, karna islam sendiri mengajarkan kita untuk mengenaikan pakaian bersih dan juga layak.

Mengenakan pakain yang bersih dan juga layak juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas segala kebaikan yang telah dilimpahkannya kepada kita.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an, dimana Allah SWT berfirman :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (QS At-Tin: 4)

Lantas, sudah tahu belum bacaan doa bercermin? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa bercermin dan artinya.

Doa Bercermin dalam Islam

1. Bacaan Doa Bercermin

Sama halnya dengan doa sebelum makan, doa bercermin ini juga perlu dilafalkan saat ingin melakukannya. Berikut doa bercermin latin:

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Alloohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqi

Artinya: "Ya Allah, sebagaimana Engkau baguskan tubuhku, maka baguskanlah akhlakku."

Semoga dengan membaca doa ini ketika bercermin akan membuat kamu untuk selalu bersyukur kepada Allah atas apa yang diberikan kepada tubuh kamu, baik kelebihan maupun kekurangan.

2. Doa agar Wajah Bercahaya

Doa bercermin satu ini juga tak kalah penting untuk diingat. Berikut adalah bacaan doa agar wajah kita selalu berseri-seri dan bercahaya sepanjang hari:

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Robbana at-mimlana nuurona waghfirlana innaka ala kulli syai’in qadir

Artinya: "Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Qs.At-Tahrim: 8).

Semoga dengan membaca doa ini dapat menambah kecantikan kamu, baik dari luar maupun dalam diri. Tak hanya itu, ini juga merupakan doa agar senantiasa memiliki hati dan akhlak juga rupawan.

3. Doa Kemuliaan Rupawan

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَاوَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Arabnlatin: Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa'addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja'alanii minal muslimin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, maka Dia membaguskan dan menjadikan aku termasuk orang-orang Islam." (HR Ibnu as-Sani).

4. Doa Merias Diri

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ بِالۡحَقِّ وَ صَوَّرَکُمۡ فَاَحۡسَنَ صُوَرَکُمۡ ۚ وَ اِلَیۡہِ الۡمَصِیۡرُ

Khalaqas-samāwāti wal-arḍa bil-ḥaqqi wa ṣawwarakum fa aḥsana ṣuwarakum, wa ilaihil-maṣīr

Artinya: “Dia menciptakan langit dan bumi dengan hak. Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah SWT. Kembali(mu).”  (QS At-Taghaabun: 3)

Tag : #pendidikan islam    #doa islam    #pendidikan    #umat muslim    #muslim    #islam   

Baca Juga