Desain perpustakaan mini di rumah, foto: perpustakaanfkunswagati.com

10 Desain Perpustakaan Mini Di Dalam Rumah, Bikin Tambah Semangat Baca Buku

Wanovy | Rumah | 12-08-2022

PARBOABOA - Memiliki sudut favorit di dalam rumah adalah impian bagi setiap pemiliknya. Begitu pun dengan kamu yang hobi membaca. Yuk, hadirkan ruang perpustakaan mini di dalam rumah. 

Terlepas dari keinginan pribadi, menghadirkan ruang baca dalam rumah memerlukan ruangan tambahan.

Namun, bagi kamu yang memiliki hunian mungil sehingga ruangan yang ada pun terbatas, tak perlu khawatir.

Kamu bisa menerapkan konsep perpustakaan mini yang pastinya tidak akan memakan banyak ruang.

Sebuah desain perpustakaan mini di rumah yang tepat dapat menghadirkan rasa nyaman dan tenang agar kegiatan membaca lebih kondusif.

Yuk, langsung saja intip inspirasi desain perpustakaan mini di rumah yang nyaman dan apik di bawah ini.

1. Desain Ruang Baca di Loteng Rumah

(Sumber: realhomes)

Inspirasi desain perpustakaan mini di rumah pertama yang bisa kamu contek adalah desain ruang baca di rumah dengan memanfaatkan loteng.

Buat kamu yang memiliki area loteng atau attic room seperti di Sentosa Park Tangerang atau Wisteria Cakung, Kamu bisa mengubahnya sebagai area baca yang fungsional.

Tak peduli seberapa besar kecil ruangannya, kamu bisa tiru gambar di atas. Maksimalkan dinding yang miring dengan menempatkan lemari yang akan memuat semua koleksi buku kamu secara rapi.

Agar ruangan semakin nyaman, tambahkan sofa santai yang senada dengan warna cat dinding, karpet lembut dan coffee table.

Supaya ruangan tidak terlalu gelap, kamu bisa memasang jendela skylight serta lampu hias dan spotlight di malam hari.

2. Ubah Dinding Kosong jadi Rak Buku Mengagumkan

(Sumber: Emily-Henderson)

Ide desain perpustakaan mini di rumah selanjutnya adalah memanfaatkan dinding di ruang tamu.

Jika tidak memungkinkan membangun lemari built in, kamu bisa siasati dengan memilih rak buku yang memiliki desain ramping namun kokoh.

Selain itu, memasang rak dinding buku tersebut tidak memakan banyak ruang karena volumenya tidak terlalu besar.

Selain hemat tempat, cara ini bisa menambah nilai estetika ruang tamu dengan deretan koleksi buku yang menakjubkan.

Untuk menyempurnakan area perpustakaan yang nyaman, kamu bisa tempatkan kursi santai dan membuat meja makan sebagai area baca bersama keluarga.

3. Desain Perpustakaan Mini di Area Tangga

(Sumber: moonhoon)

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan ruang di bawah tangga, seperti mengubahnya menjadi kamar mandi, area penyimpanan hingga sebagai sudut baca atau perpustakaan kecil.

Ya, ruang bawah tangga seringkali diabaikan oleh banyak orang, padahal area ini masih memungkinkan untuk dimaksimalkan fungsinya, terutama bagi rumah di lahan terbatas.

Bagi Kamu yang sudah terlanjur membuat tangga permanen tak perlu khawatir. Kamu bisa konsultasikan untuk membuat rak baca mini maka ke desainer interior.

4. Pilih sisi tembok yang kosong

(Sumber: Pinterest)

Kalau tidak ingin menggunakan sudut ruangan, kamu bisa memanfaatkan sisi dinding yang kosong seperti desain perpustakaan mini di rumah diatas.

Untuk membuat suasana lebih nyaman untuk membaca, tambahkan standing lamp di lantai.

Posisikan di depan rak buku dan di sisi tempat duduk di mana kamu akan duduk santai dan membaca.

Memasang rak buku di sisi tembok yang kosong juga bisa sekaligus mendekorasi ruangan yang terlalu polos.

5. Pakai ruangan sempit di rumah 

(Sumber: Pinterest)

Kalau ada ruangan sempit di rumahmu seperti loteng, gudang, atau kamar tamu kecil yang tidak terpakai, kamu bisa jadikan ruangan itu menjadi perpustakaan mini!

Untuk mendapatkan desain perpustakaan mini di rumah cukup letakkan rak di setiap sisi dinding.

Jangan lupa sediakan tempat duduk yang nyaman. Pastikan juga pencahayaan di ruangan itu cukup untuk kamu membaca.

6. Buat rak yang menyatu dengan tempat duduk

(Sumber: Freshome.com)

Untuk yang ingin menciptakan suasana paling nyaman ketika membaca buku, coba, deh, desain perpustakaan mini yang satu ini.

Kosongkan bagian tengah rak bukumu dan jadikan tempat duduk untuk kamu membaca buku. Kamu tidak perlu lagi menghabiskan ruang ekstra untuk menyimpan kursi baca, karena tempat duduknya sudah menjadi bagian dari rak bukumu!

7. Pojok ruangan serba putih minimalis

(Sumber: home-designing.com)

Desain perpustakaan mini di rumah tak harus berbentuk ruang utuh. Jika kamu memiliki sudut ruangan yang tak terpakai, kamu juga bisa menyulapnya menjadi pojok baca yang nyaman.

Aplikasi warna putih pada rak buku dalam perpustakaan mini memberikan kesan apik yang cocok pada hunian berkonsep minimalis.

Tak hanya membuat ruang terasa lebih luas, buku-buku yang terpajang pun akan terlihat kontras dan menambah keindahan ruangan.

8. Tambahkan ruang duduk yang nyaman

(Sumber: cgarchitect.com)

Perpustakaan mini dalam rumah pasti tidak lengkap tanpa ruang duduk yang nyaman. Jika kamu tidak mempunyai cukup ruang untuk membangun pojok baca built-in seperti inspirasi sebelumnya, menempatkan kursi empuk seperti armchair dan stool yang empuk ini bisa menjadi solusi.

Cukup letakkan sofa atau kursi lesehan andalan berdekatan dengan rak buku di area perpustakaan mini pada hunian kamu.

Jika ingin lebih menghemat ruang, manfaatkan karpet tebal yang empuk sebagai alas duduk agar bisa membaca sambil lesehan yang nyaman.

9. Manfaatkan dinding area tangga yang kosong

Pernahkah kamu terpikir untuk memaksimalkan ruang di area tangga rumah? desain perpustakaan mini di rumah ini memanfaatkan dinding tangga rumah sebagai lokasi untuk memajang koleksi buku penghuninya.

Pastinya anti-mainstream, rak dinding yang dipasang pada dinding perpustakaan mini ini sekaligus mempercantik area tangga dan memberikan fungsi tambahan pada ruang dinding yang tadinya kosong.

10. Mezanin khusus pojok baca

(Sumber: pinterest.com)

Jika kamu miliki ruangan dengan tinggi yang cukup, kamu juga berkreasi dengan membangun lantai mezanin dan menyulapnya menjadi perpustakaan mini yang unik, menarik, dan tentunya nyaman. Kamu pun bisa menghabiskan waktu bersantai sembari membaca buku-buku milikmu.

Banyak sekali, bukan, cara wujudkan sudut perpustakaan mini di dalam keterbatasan ruang yang ada dirumahmu?

Solusi dari keterbatasan ruang adalah menata furniture beserta dekorasi dalam rumah agar tercipta perpustakaan mini yang nyaman bagi kamu, para pecinta buku.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi desain perpustakaan mini di rumah yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #perpustakaan mini    #desain perpustakaan    #model rumah    #rumah    #rumah minimalis    #dekorasi rumah   

Baca Juga