Desain dapur mungil terbuka, foto: BLKP

10 Desain Dapur Mungil Terbuka Paling Menawan dan Aesthetic

Wanovy | Rumah | 03-09-2022

PARBOABOA - Punya dapur mungil yang letaknya di luar rumah? Buat dapur jadi lebih estetik dengan mengikuti beragam desain dapur mungil terbuka yang menawan ini, yuk!

Tak semua orang bisa memiliki dapur besar yang mewah dan elegan. Meski demikian, semua orang bisa memiliki dapur estetik yang nyaman dan membuat Anda semakin betah memasak!

Untuk Anda yang sedang mencari inspirasi dapur mungil yang estetik, Anda sedang beruntung! Simak saja beragam inspirasi desain dapur mungil terbuka di sini!

1. Dapur Mungil Terbuka yang Menyatu dengan Ruang Cuci

(Sumber: @nyamansyahdu)

Selain menyatu dengan area taman belakang rumah, Anda juga menggabungkan dapur terbuka dengan area ruang cuci.

Sambil menunggu masakan matang, Anda bisa sekalian mencuci atau menjemur pakaian di halaman belakang rumah tanpa perlu bolak-balik.

2. Dapur Semi Outdoor yang Terang Namun Tetap Adem

(Sumber: instagram.com/inspirasikamarku)

Jika Anda mencari dapur semi outdoor, Anda bisa mencontek desain dapur mungil terbuka berikut ini. Dapur ini mempunyai penerangan yang bagus namun dan sejuk, dan layak jadi pilihan.

Meski seperti berada di halaman, namun terdapat sekat yang melindungi Anda dari sinar matahari. Walau demikian, area ini tetap tenang berkat dinding yang tak menutup seluruh bagian dan terasa menyejukkan.

3. Dapur Putih Mungil dengan Atap Transparan

(Sumber: @rumahcantikmenawan)

Meski memiliki lahan terbatas, namun desain dapur mungil terbuka ini memiliki atap transparan untuk mengatur sirkulasi udara.

Tak hanya itu, penggunaan warna putih pada interior dapur ini juga membuat ruangan jadi terkesan luas dan terang.

Anda bisa menyatukan area dapur ini, dengan ruang makan minimalis sehingga lebih praktis dan terintegrasi.

4. Atur Dengan Kitchen Set

(Sumber: idea.grid.id)

Jika Anda ingin menampilkan desain dapur mungil terbuka minimalis, Anda dapat menambahkan kitchen set.

Anda dapat memilih jenis kitchen set yang sederhana berwarna netral atau sesuai warna ruangan. Jangan lupa menambahkan kabinet dan lemari gantung yang membuat ruangan dapur tertata rapi.

Desain simpel ini sangat cocok bagi Anda yang hobi masak dan senang berlama-lama di dapur.

5. Semakin Nyaman Dengan Nuansa Tradisional

(Sumber: Lia Stevanatto)

Punya dapur dengan nuansa tradisional ala pedesaan juga menjadi salah satu pilihan desain dapur mungil terbuka yang unik.

Anda dapat menambahkan meja cor dari semen. Tambahkan sisi dinding menggunakan semen dipadu kayu pada sisi lain, seperti dibagian atap. Tambahkan lampu model antik yang menambah kekhasan sisi tradisionalnya.

Walau menggunakan peralatan modern, namun berada di dapur dengan nuansa tradisional akan berhasil membawa Anda menikmati momen saat berada di rumah pedesaan.

6. Dapur Sekaligus Tempat Makan

(Sumber: thespruce.com)

Desain dapur mungil terbuka tetap bisa dibuat menyatu dengan tempat makan. Konsep space-saving ini menyerupai kedai makan atau mini bar.

Dapurnya berbentuk huruf L. Kursi makan diletakkan di luar area dapur. Penataan dapur dibuat se-efisien mungkin.

Bagian atas dinding dilengkapi rak penyimpanan. Dinding luar dilapisi dengan batu alam yang menghadirkan kesan kokoh dan sejuk.

Kerennya, desain dapur mungil terbuka ini memiliki jendela besar yang dibuka dengan cara dilipat. Sifatnya praktis dan aman saat Anda meninggalkannya di malam hari.

7. Mungil Tapi Pemandangannya Luas

(Sumber: nanawall.net)

Desain dapur mungil terbuka juga dapat diterapkan di bagian dalam rumah. Syaratnya, dapur ini harus berada di dekat teras rumah atau halaman belakang.

Buatlah pintu kaca berukuran besar yang mudah dibuka-tutup. Jika memungkinkan, gunakan warna yang sama untuk pelapis lantai dapur dan area outdoor.

Rasanya seperti memiliki dapur besar dengan pemandangan yang luas. Untuk furnitur dalam desain dapur mungil terbuka ini, pilih yang berwarna putih supaya ada efek ilusi ruang yang lebih lapang.

Lalu, manfaatkan kabinet dapur built-in yang memenuhi bidang dinding untuk area penyimpanan.

8. Desain Dapur Terbuka Beratap Kaca

(Sumber: Progressive Design Build)

Areanya sih di luar ruangan, tapi bukan berarti dapur Anda benar-benar berada di ruang terbuka.

Desain dapur mungil terbuka dengan atap kaca ini cocok untuk Anda yang masih “malu-malu” untuk mencoba konsep dapur terbuka.

Alih-alih membuka seluruh ruangan, Anda bisa menata dapur di teras belakang dengan ikut menempatkan meja makan dan juga kursi santai.

Percantik lantai dapur dengan ubin bebatuan agar nuansa outdoor lebih terasa. Tak perlu khawatir dengan hujan jika sudah ada atap kaca, bukan?

9. Desain Dapur Mungil Terbuka dengan Material Bebatuan Alami

(Sumber: Style Motivation)

Desain dapur mungil terbuka seperti ini pas untuk Anda yang ingin memiliki halaman belakang yang luas dengan tidak memangkas ruang tengah. Karena itu, tempatkan saja dapur dengan menghadap taman belakang.

Jika Anda tinggal di daerah yang bersuhu dingin dan cenderung lembap, Anda bisa menggunakan kabinet dapur yang terbuat dari semen ketimbang kayu. Material ini lebih cocok untuk dapur terbuka, karena tahan kelembapan dan air.

Balut kabinet dapur Anda dengan keramik bernuansa bebatuan atau bisa juga dengan bebatuan alami. Desain kabinet yang memanjang dan tak ribet juga cocok untuk konsep rumah minimalis.

10. Dapur Terbuka di Luar Ruangan

(Sumber: House Beautiful)

Pada beberapa rumah, ada dapur bersih dan dapur kotor. Kalau Anda tidak mau ada pemisahan seperti itu, buatlah desain dapur mungil terbuka dengan menggabungkan semua fungsi dapur dan kegiatan makan di luar ruangan.

Ya, seluruh peralatan makan pun juga akan berada di luar ruangan. Selain membuat area ruangan dalam menjadi bersih dan bebas minyak, pemindahan dapur ini juga membuat Anda lebih menghemat listrik untuk pencahayaan.

Karena semua kegiatan ada di luar ruangan, pastikan saja Anda sudah menggunakan material bebas rayap dan punya atap yang cukup lebar agar terlindung dari hujan.

Nah, itulah tadi beberapa desain dapur mungil terbuka yang menawan dan bisa Anda aplikasikan di hunianmu. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #dapur mungil terbuka    #dapur outdoor    #rumah    #model rumah    #desain dapur    #dapur minimalis   

Baca Juga