Data MyPertamina Bocor, Bjorka: Selanjutnya PeduliLindungi

Penulis : Maesa | Nasional | 10-11-2022

Bjorka sebar 44 juta data pelanggan MyPertamina (Foto: Tangkapan layar di BreachForums)

PARBOABOA, Jakarta – Setelah sempat menghilang, kini hacker Bjorka menargetkan pembocoran data (data leak) milik aplikasi PeduliLindungi setelah sebelumnya mengklaim telah membocorkan data milik MyPertamina.

“Next target: PeduliLindungi,” tulis Bjorka di kanal Telegram Bjorkanism pada Kamis (10/11/2022). 

Sebelum pengumumannya ini, beberapa waktu yang lalu, Bjorka memang telah menerima request dari warganet untuk membocorkan data PeduliLindungi. Tetapi belum diketahui apakah hacker yang mengaku tinggal di Polandia itu akan membuktikan ucapannya atau tidak. 

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia saat ini sedang berusaha untuk mengungkap identitas Bjorka setelah dirinya membuat kegaduhan masyarakat tanah air karena sejumlah aksi peretasan dan doxing pejabat. 

Ditengah pencarian identitasnya, Bjorka mendadak hilang beberapa pekan belakangan., 

Namun, namanya kembali menjadi trending topik di Twitter usai menjual 44 juta data pengguna MyPertamina di BreachForums pada hari ini. Bjorka membanderol data tersebut seharga USD25.000 atau sekitar Rp392 juta.

Pembocoran data itu berupa nama, email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor telepon, alamat, DOB, gender, pendapatan (Daily, Monthly, Yearly), dan lainnya.

Terkait hal tersebut, PT Pertamina (Persero) buka suara lewat Sekretaris Perusahaan Patra Niaga Irto Ginting. Ia mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan investigasi soal keamanan data pengguna aplikasinya.

"Kami sedang melakukan investigasi bersama untuk memastikan keamanan data dan informasi terkait MyPertamina," ujar Irto Ginting Kamis (10/11/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Editor : -

Tag : #bjorka    #pedulilindungi    #nasional    #mypertamina    #hacker bjorka    #pt pertamina    #vaksinasi   

Baca Juga