Ilustrasi

Daftar 9 Wilayah yang Mendapatkan Upgrade Jaringan 4G di Indonesia

Wanovy | Teknologi | 28-09-2021

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan segera meningkatkan (upgrade) jaringan di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) menjadi jaringan 4G.

Peningkatan jaringan ke 4G ini dilakukan dalam rangka transformasi digital pada Senin (27/9). Peningkatan jaringan menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, akan dilakukan oleh pemenang pemilihan mitra dari operator seluler.

"Proses pemilihan mitra kerja sama ya operasional atau KSO atau Bakti kominfo pada program penyediaan layanan seluler pada BTS 4G di wilayah 3T dilakukan selama sekitar 4 bulan," jelas Johnny pada konferensi pers yang ditayangkan secara virtual, Senin (27/9).

Total infrastruktur 4G yang akan dibangun adalah sejumlah 7904 BTS dan diproyeksikan akan selesai dibangun secara bertahap hingga akhir 2022. Pembangunan 7904 ini terbagi dalam 9 area paket.

"Jumlah ini Tentunya menggenapi sebanyak 9113 desa atau kelurahan yang masuk dalam kategori daerah 3T yang belum terjangkau, memiliki, atau mendapatkan sinyal 4G," kata Anang Latif, Direktur Utama BAKTI Kominfo pada kesempatan yang sama.

Berikut daftar wilayah yang akan mendapat jaringan 4G dan mitra terpilih dari Kominfo:

  1. Area 1, wilayah Sumatera dengan mitra terpilih PT XL Axiata Tbk.
  2. Area 2, wilayah Nusa Tenggara dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.
  3. Area 3, wilayah Kalimantan dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.
  4. Area 4, wilayah Sulawesi Utara dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.
  5. Area 5, wilayah Maluku dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.
  6. Area 6, wilayah Papua Barat dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.
  7. Area 7, wilayah Papua Tengah barat dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.
  8. Area 8, wilayah Papua Tengah Utara dengan Mitra terpilih telepon PT Telekomunikasi selular.
  9. Area 9, wilayah Papua Timur Selatan Utara dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular dan PT XL Axiata Tbk.

Anang mengatakan bahwa Kominfo telah meletakan batu pertama implementasi program infrastruktur BTS tersebut beberapa waktu lalu tepatnya di Desa Kelanga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 23 April 2021 lalu.

"Peristiwa ini menandai dimulainya pembangunan infrastruktur 4G secara masif di seluruh Indonesia. Sebagai langkah lanjutan dalam memastikan tersedianya layanan seluler 4G di wilayah 3T," kata Anang.

Di sisi lain, perusahaan plat merah Telkomsel menjadi yang pertama menyajikan layanan 5G di Indonesia, dan mulai memberikan layanan 5G bagi pelanggannya sejak 27 Mei 2021.

Tak lama setelah peluncuran 5G dari Telkomsel, Indosat Ooredoo mulai menyajikan layanannya di bulan berikutnya. Terhitung sejak 7 Juni 2021, Indosat Ooredoo resmi memberikan layanan 5G bagi pelanggannya.

Pada 6 Agustus 2021, XL Axiata secara resmi ikut ambil bagian dalam penyediaan layanan 5G di Indonesia, dan menjadi operator seluler ketiga yang menyediakan layanan 5G ini.

Ketiga operator seluler tersebut terus mengembangkan jangkauan jaringannya. Meskipun saat ini wilayah cakupannya belum terlalu luas dan cukup terbatas, teknologi 5G terus berkembang bersamaan dengan semakin gencarnya produsen ponsel dalam merilis ponsel dengan teknologi 5G.

Tag : #teknologi    #jaringan    #internet    #upgrade    #4g    #telekomunikasi    #3t   

Baca Juga