Busi Mobil (Foto: suzuki.co.id)

Ciri-Ciri Busi Mobil Sudah Aus dan Perlu Diganti

Juni | Otomotif | 27-09-2022

PARBOABOA – Busi merupakan salah satu komponen utama dalam mobil yang memiliki masa kadaluarsa. Busi yang sudah kadaluarsa sebaiknya diganti dengan yang baru guna mencegah kerusakan pada mobil.

Umumnya, usia maksimal sebuah busi bisa bertahan saat kendaraan menempuh perjalanan 45.000 kilometer. Selain itu, penggantian busi juga dapat dilakukan dengan mengetahui ciri-ciri lainnya. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Mobil Terasa Aneh Saat Dikendarai

Salah satu pertanda busi sudah aus adalah akselerasi mobil yang terhambat, bahkan sangat terasa saat mobil sedang digunakan. Selain itu, mobil juga terkadang mengalami lonjakan di bagian mesin saat sedang berjalan.

Bahan bakar yang biasanya irit juga akan berubah menjadi lebih boros. Anda perlu membersihkan bagian busi agar kondisi mobil kembali normal. Selain itu, akselerasi mobil juga akan terasa lebih berat saat mobil membawa banyak muatan.

Penyebab utamanya adalah karena bahan bakar yang digunakan sudah tercampur dengan oli. Bahan tambahan yang digunakan juga terkadang kurang pas sehingga berimbas pada mobil.

2. Mobil Sulit Dihidupkan

Busi mobil memiliki pengaruh penting terhadap performa kendaraan. Saat mobil kadang sulit dinyalakan, bisa jadi dipengaruhi oleh busi yang sudah usang. Kendala lain yang juga mungkin dialami adalah, mobil menjadi tidak stabil saat berada di RPM rendah.

Getaran pada mesin mobil akan terasa tidak nyaman dan aneh. Hal seperti ini sudah menjadi pertanda umum bahwa Anda harus segera melakukan penggantian busi dengan yang baru.

3. Mobil Tidak Peka atau Kurang Responsif

Mobil yang mendadak tidak peka dan kurang responsif bisa jadi disebabkan oleh bagian busi yang sudah aus dan perlu diganti. Dalam hal ini, tarikan pada mobil biasanya akan lebih berat dan tidak responsif.

4. Warna Busi Lebih Gelap

Busi yang tidak diganti dalam waktu lama akan menyebabkan pembakaran yang kurang sempurna sehingga menyisakan jelaga atau warna hitam pekat di bagian elektroda dan ujung insulator pada busi.

Selain merubah warna busi menjadi lebih pekat, asap mobil juga lebih hitam dari biasanya. Kondisi tersebut juga juga membuat mobil sulit dinyalakan.

5. Performa Mesin Turun Drastis

Saat busi tidak dalam kondisi baik, performa mesin juga akan turun drastis. Tak hanya itu, mesin mobil akan semakin memburuk seiring dengan bertambah buruknya busi.

Selain itu, kondisi dan performa mesin juga menjadi sangat berkurang. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera ganti busi sebelum membuat kondisi mobil semakin parah.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri busi mobil yang sudah aus dan perlu diganti dengan yang baru. Lakukan pengecekan busi secara rutin untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi prima.

Tag : #busi    #mobil    #otomotif    #komponen mobil    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga