Rafael Nadal.

Rafael Nadal Absen, Carlos Alcaraz Ditugaskan Spanyol pertahankan Piala Davis

Maraden | Olahraga | 26-11-2021

PARBOABOA – Absennya petenis peraih juara 20 kali Grand Slam, Rafael Nadal tidak serta merta menutup kesempatan Spanyol mempertahankan gelar Piala Davis. Negeri matador itu membuka kesempatan bagi pemain tenis Spanyol berusia 18 tahun, Carlos Alcaraz untuk mempertahankan piala Davis.

Piala Davis akan bergulir pekan ini dalam format baru di tiga kota Eropa yakni Innsbruck, Austria, Madrid, Spanyol dan Turin, Italia. Penyelenggara Piala Davis, Federasi Tenis Internasional (ITF) dan mitranya Kosmos Tennis mengubah format ajang tersebut agar lebih mudah dikelola mengingat kondisi pandemi yang melanda negara –negara Eropa dan Dunia.

Ajang piala Davis sudah dimulai sejak Mulai Kamis, 15 Nopember 2021 dan  acara final kompetisi tersebut akan digelar pada 5 Desember 2021 di Madrid, Spanyol. Kompetisi itu diikuti oleh enam grup yang akan mengerucut menjadi 18 orang finalis.

Juara dunia Spanyol akan berlaga di kandang sendiri dalam Grup A bersama Rusia dan Ekuador. Namun, Spanyol tidak lagi memiliki Nadal yang harus melanjutkan proses pemulihan usai mengalami cedera kaki. Sebagai gantinya, Alcaraz dianggap sebagai pemain yang paling memungkinkan mempertahankan gelar juara dunia Spanyol.

"Ini adalah mimpi yang saya miliki sejak saya masih kecil dan bisa melakukan debut. Ini akan menjadi tantangan yang sulit karena hanya satu tim yang pasti lolos di grup dan Rusia memiliki tim yang hebat, tapi saya sangat percaya pada tim Spanyol”, kata Alcaraz, Rabu (24/11).

  • Rafael Nadal Tak Ingin Paksakan Diri

Rafael Nadal harus absen di kompetisi tenis dunia usai mengalami cidera lutut. Nadal pun terpaksa mundur dari turnamen Wimbledon 2021 dan juga Olimpiade Tokyo 2020 karena ingin menjaga fisiknya agar dapat bertahan di dunia tenis lebih lama.

Nadal mengaku sebenarnya bisa saja jika ingin memaksakan dirinya untuk bertanding di dua turnamen besar tersebut. Namun jika dirinya memaksakan, bisa saja harus mengakhiri kariernya di dunia tenis lebih cepat secara permanen.

"Saya tahu ini akan menjadi proses yang rumit karena berbulan-bulan. Tetapi saya sangat antusias dan itulah yang membuat saya memiliki pilihan tahun depan," pungkasnya, Rabu (24/11/2021).

Tag : #rafael nadal    #Carlos Alcaraz    #tenis    #Piala Davis    #spanyol    #Grand Slam   

Baca Juga