Cara uninstal aplikasi di laptop, foto: Telset.id

5 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10

Wanovy | Teknologi | 21-06-2022

PARBOABOA - Sebagaian orang mungkin belum memahami bagaimana cara uninstall aplikasi di Windows 10. Untuk itu, simak artikel ini sampai selesai ya!

Sama seperti smartphone, aplikasi yang tidak penting pada laptop jika terlalu banyak akan menyebabkan performa laptop tidak stabil.

Secara umum, menguninstall aplikasi yang tidak penting pada laptop harus dilakukan secara berkala karena komputer atau laptop memiliki batas penyimpanan yang terbatas.

Belum lagi aplikasi-aplikasi yang ada pada laptop akan terus meminta untuk diperbaharui setiap beberapa bulan atau setahun sekali. Pembaruan ini akan menyita beberapa ruang penyimpanan di laptop anda.

Melakukan uninstall aplikasi yang tidak perlu juga akan memberikan beberapa manfaat, seperti menambah ruang pada HDD (Hard Drive Disk), serta meningkatkan performa komputer dan keamanannya.

Mengapa harus uninstall aplikasi?

Sebelum melangkah ke cara uninstall aplikasi di laptop windows 10, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dari menguninstall aplikasi di laptop.

Perlu Anda ketahui, sistem operasi yang digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia tidak hanya Windows saja.

Contohnya seperti OS Linux, yang memungkinkan penggunanya untuk merasakan sebuah sistem operasi yang multitasking serta tidak terlalu banyak memakan ruang penyimpanan.

Tetapi karena sistem OS Windows yang lebih populer, perangkat lunak itu jadi tidak begitu dilirik oleh pemakai komputer.

Berbicara tentang ruang penyimpanan, umumnya dalam sebuah sistem operasi kapasitas hardisk akan dibagi menjadi dua bagian.

Pertama local disk (c:), yang berfungsi untuk menyimpan folder utama aplikasi. Kemudian yang kedua adalah local disk (d:), fungsinya menyimpan file yang jenis apapun.

Ruang penyimpanan tersebut akan penuh jika Anda terlalu banyak memasang aplikasi. Selain membuat kinerja laptop jadi lambat, penggunaan software yang terlalu berlebihan akan membuat laptop Anda mudah rusak.

Salah satu solusinya, Anda harus menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Berikut keuntungan yang Anda peroleh jika uninstall aplikasi di laptop:

- Kinerja laptop akan stabil dan jadi lebih baik dari sebelumnya. Ruang penyimpanan jadi semakin besar. Artinya, Anda dapat menyimpan banyak file penting.

- Keamanan laptop Anda jadi lebih terjamin. Sebab, biasanya beberapa aplikasi yang sembarangan dipasang memiliki risiko untuk membocorkan data Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting di laptop Anda. Sehingga performa laptop Anda jadi semakin cepat.

Cara uninstall aplikasi di Windows 10

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Parboaboa.com jelaskan mengenai cara uninstall aplikasi di Windows 10.

1. Melalui Menu Start

Cara pertama adalah cara uninstall aplikasi di Windows 10 yang paling mudah, namun terkadang cara ini tidak bisa dilakukan pada aplikasi-aplikasi tertentu.

- Buka menu 'Start' dan cari aplikasi yang ingin Anda hapus, Anda bisa cari secara manual atau lewat search bar.

- Kemudian, jika sudah ditemukan aplikasi tersebut, klik kanan pada aplikasi dan pilih tombol 'Uninstall'.

- Ikuti petunjuk yang muncul di layar PC, apabila diminta untuk restart perangkat, lakukanlah.

2. Menu 'Settings'

Cara uninstall aplikasi di Windows 10 selanjutnya adalah lewat menu 'Settings' yang bisa Anda buka dari 'Start'. Simak tutorialnya:

- Buka 'Settings' lewat menu 'Start', lalu klik 'Apps'.

- Pada bagian kiri, pilih 'Apps & features'.

- Klik aplikasi yang ingin dicopot, kemudian klik tombol 'Uninstall'.

- Ikuti petunjuk yang muncul. Jika Anda diminta untuk melakukan restart PC, lakukanlah untuk menyelesaikan proses penghapusan aplikasi.

3. Control Panel

Meskipun Windows 10 sudah memberikan menu 'Settings' namun sistem operasi ini masih menyediakan 'Control Panel' seperti di Windows 7.

Anda bisa hapus aplikasi lewat 'Control Panel' dengan cara:

- Buka 'Control Panel' dengan cara mencarinya lewat kolom pencarian di menu 'Start' dan buka 'Control Panel'.

- Pilih 'Program and Features' dan Anda akan melihat aplikasi yang terpasang di PC tersebut.

- Cari aplikasi yang ingin dihapus, klik kanan pada aplikasi tersebut dan tekan 'Uninstall'.

- Ikuti petunjuk yang muncul. Jika Anda diminta untuk melakukan restart PC, lakukanlah dan tunggu hingga Anda masuk ke desktop lagi.

4. Tools Uninstaller dari Aplikasi

Beberapa aplikasi akan dilengkapi dengan tools uninstaller untuk memudahkan pengguna menghapus aplikasi tersebut apabila sudah tidak dipakai lagi.

- Buka menu 'Start' dan cari aplikasi yang ingin dihapus, kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut.

- Kemudian, pilih 'Lainnya' dan klik 'Buka lokasi file'.

- Anda akan diarahkan ke lokasi folder tempat aplikasi tersebut dipasang. Cari file uninstaller dan klik dua kali pada file tersebut.

- Ikuti petunjuk yang muncul di layar hingga proses selesai, mungkin Anda juga akan diminta untuk -restart perangkat.

5. Safe Mode

Apabila cukup sulit dihapus, maka uninstall aplikasi bisa lewat Safe Mode. Ikuti cara uninstall aplikasi di Windows 10 di bawah ini:

- Masuk ke 'Pengaturan' melalui menu 'Start', lalu pilih 'Update & Security'.

- Pada bagian kiri, pilih 'Recovery' dan klik tombol 'Restart now' di bawah 'Advanced startup'.

- Ketika PC menyala setelah di-restart, pilih 'Troubleshoot', lalu tekan 'Advanced Options'.

- Selanjutnya, klik 'Startup Settings' dan klik 'Restart'.

- Tekan tombol 'F4' atau 'F5' di papan tik untuk masuk ke Safe Mode.

- Setelah berhasil masuk ke Safe Mode (ditandai adanya tulisan Safe Mode di ujung-ujung desktop), hapus aplikasi dengan metode yang sudah dibagikan di atas.

- Restart kembali PC untuk kembali ke mode utama.

Nah, itulah tadi 5 cara uninstall aplikasi di PC Windows 10 yang bisa Anda ikuti. Semoga membantu!

Tag : #aplikasi windows    #windows10    #tips    #teknologi    #windows10   

Baca Juga