Ilustrasi suspensi pada mobil (dok:harapanrakyat.com)

Berikut Cara Tepat Merawat Suspensi Mobil

Dimas | Otomotif | 29-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Demi menciptakan rasa nyaman saat menggunakan mobil, tentunya Anda harus selalu merawat seluruh komponen pada mobil. Salah satu komponen pada mobil yang memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan berkendara adalah suspensi.

Seperti yang kita ketahui, suspensi pada mobil merupakan komponen penting yang berfungsi meredam berbagai getaran yang dihasilkan dari permukaan jalan saat mobil sedang dikendarai.

Bisa Anda bayangkan, jika sistem suspensi pada mobil tidak berfungsi dengan baik, maka kenyamanan saat berkendara akan sangat terganggu. Bahkan, hal tersebut dinilai bisa memicu terjadinya kecelakaan akibat hilangnya konsentrasi pengemudi yang disebabkan oleh getaran berlebih pada mobil.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat suspensi pada mobil.

Cara Tepat Merawat Suspensi Mobil

1. Cek tekanan angin pada ban

Cara merawat suspensi mobil yang pertama adalah selalu cek tekanan angin pada ban mobil sesuai rekomendasi pabrik. Tekanan angin pada ban, ternyata bisa berpengaruh pada suspensi mobil. Sebab, tekanan angin ban yang sesuai standar pabrik dapat membantu meringankan kerja suspensi.

Ban mobil sendiri berfungsi sebagai peredam getaran pertama sebelum di salurkan kepada suspensi.

2. Jangan membawa beban berlebih

Setiap jenis mobil tentunya memiliki standar kapasitas untuk mengangkut beban saat berkendara. Maka dari itu, Anda bisa usahakan untuk selalu mengikuti standar ketentuan daya angkut dan jangan sampai melebihi batas yang telah di tentukan.

Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh pada kerusakan dan masalah kebocoran pada sistem suspensi.

3. Hindari jalan berlubang

Kondisi jalan yang berlubang dinilai menjadi salah satu penyebab kerusakan pada suspensi mobil. Namun, jika Anda harus melewati jalanan berlubang, Anda bisa mengurangi kecepatan saat hendak melewati jalan tersebut.

Sebab, jika Anda menghantam lubang dengan kecepatan tinggi, maka hal itu akan sangat berisiko terhadap rusaknya suspensi mobil. Bahkan, hal itu juga dapat membuat ban pada mobil pecah.

4. Parkirkan mobil di tempat yang rata

Saat hendak memarkirkan mobil, sebaiknya Anda mencari tempat yang rata. Hal itu sangat penting dilakukan guna merawat suspensi pada mobil tetap awet.

Pasalnya, jika tempat parkir tidak rata, salah satu suspensi pada mobil akan mendapatkan tekanan yang berlebih. Apabila kondisi tersebut berlanjung dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan beberapa kerusakan pada suspensi, seperti besi rangka menjadi tidak sejajar, pegas daun akan melemah, shockbreaker bocor, serta karet yang ada pada per mudah pecah.

5. Ganti pelumas suspensi secara rutin

Untuk merawat suspensi agar tetap awet, Anda bisa mengganti pelumas (grease/gemuk) secara rutin. Namun, jangan lupa untuk tetap menyesuaikan pelumas dengan jenis dan tipe suspensi yang ada pada mobil. Sebab, beberapa jenis suspensi pada mobil tidak menyediakan penggantian pelumas (grease/gemuk).

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara tepat merawat suspensi pada mobil. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #suspensi mobil    #otomotif    #fungsi suspensi    #merawat suspensi   

Baca Juga