Ilustarasi sariawan (dok shutterstock)

Cara Mudah untuk Mengatasi Sariawan

Rini | Kesehatan | 26-01-2022

PARBOABOA - Sariawan adalah peradangan yang terjadi di dalam dalam mulut yang menimbulkan rasa perih. Meski sariawan bukan penyakit berbahaya, namun penyakit ini cukup mengganggu saat makan, minum, bahkan saat berbicara.

Sariawan merupakan ganguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Meski hanya dibiarkan, sariawan ini akan hilang dengan sendirinya, namun karena menyebabkan rasa perih, para penderitanya yang tidak sabaran pasti akan langsung mencari obat yang dapat menyembuhkan sariawan ini.

Kali ini Parboaboa akan membahas secara lengkap mengenai penyebab sariawan dan cara mengatasinya.

Penyebab sariawan

Sampai saat ini penyebab sariawan belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor pemicu munculnya sariawan. Dilansir dari laman hellosehat Kemenkes ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sariawan yaitu:

1. Cedera, seperti karena tergigit atau kesalahan dalam menyikat gigi

2. Infeksi jamur, virus, atau bakteri di mulut atau di bagian tubuh lain

3. Kekurangan vitamin B12 dan zat besi

4. Kondisi tertentu, seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, dan faktor genetik

5. Baru pasang kawat gigi

6. Kulit kering

7. Alergi makanan

8. Gangguan sistem kekebalan tubuh.

Obat Sariawan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sariawan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Namun jika kamu sudah sangat tidak nyaman dengan gangguan tersebut ada beberapa obat tradisonal yang dapat menyembuhkan sariawan yaitu:

1. Berkumur larutan garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara mengobati sariawan yang sudah dipercaya di Indonesia sejak lama. Larutan garam bisa membatasi pertumbuhan bakteri dalam mulut dengan menyerap kelembapan, mengembalikan keseimbangan pH, dan mengurangi peradangan.

Untuk membuatnya cukup mudah, hanya menggunakan setengah sendok garam dicampur dengan air hangat. Setelahnya kumur larutan tersebut selama 15 hingga 30 menit, lalu keluarkan. Cara ini dapat diulangi hingga 3 atau 4 kali sehari.

2. Es batu

Cara selanjutnya juga dapat dengan mudah dilakukan yaitu dengan meletakkan potonga es batu di dalam mulut dan biarkan meleleh di dalam mulut. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit. Es batu dapat juga dibungkus di dalam handuk kecil dan digunakan untuk mengkompres sariawan.

3. Madu

Seperti diketahui madu sangat baik untuk kesehatan termasuk untuk penyembuhan sariawan. Mengoleskan madu pada luka atau mengonsumsinya langsung bisa menjadi penawar luka. Sebab, madu asli memiliki sifat antibakteri untuk mengobati sariawan. Madu juga bisa menjaga kelembapan area mulut, sehingga sariawan tidak semakin buruk.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi salah satu pilihan obat alami untuk sariawan. Rutin mengoleskan minyak kelapa pada area yang terluka disebut bisa membantu mengurangi pembengkakan dan membuat mulut menjadi lebih nyaman. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat alami anti inflamasi yang bisa membantu meredakan nyeri akibat luka sariawan.

5. Konsumsi Buah

Sariawan bisa muncul karena kekurangan asupan vitamin C dan kurang minum air putih. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin ini, salah satunya buah jeruk. Buah yang satu ini terkenal memiliki rasa yang sedikit asam namun menyegarkan. Tak hanya mengatasi sariawan, konsumsi buah jeruk secara teratur juga bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan memberi beragam manfaat sehat.

Itu dia beberapa cara tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. Namun jika sariawan tak kunjung sembuh, pastikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter agar dapat segera ditangani dengan baik.

Tag : #gaya hidup sehat    #sariawan    #kesehatan   

Baca Juga