Ilustrasi penderita hidung tersumbat (Dok: sehatq.com)

Anda Mengalami Hidung Tersumbat? Begini Cara Meredakannya!

Dimas | Kesehatan | 18-06-2022

PARBOABOA - Hidung tersumbat merupakan salah satu kondisi umum yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Pasalnya, Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang menjadi kesulitan bernafas, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala yang sangat menganggu.

Seperti yang kita ketahui, banyak faktor penyebab yang dapat membuat seseorang mengalami hidung tersumbat. Kondisi ini bisa muncul ketika jaringan di dalam hidung mengalami gangguan.

Penyebab Hidung Tersumbat

Gangguan pada hidung bisa saja disebabkan oleh iritasi karena menghirup polusi udara. Selain itu ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi pemicu hidung tersumbat, di antaranya:

1. Alergi

Ketika penderita alergi terpapar oleh zat-zat penyebab alergi (alergen), maka tubuh akan bereaksi. Berbagai hal bisa terjadi akibat reaksi alergi. Pada rinitis alergi, gangguan akan terjadi pada sistem pernapasan, di mana produksi lendir dalam rongga hidung dapat meningkat. Hal inilah yang menimbulkan reaksi bersin-bersin atau pilek, serta ada pula kemungkinan hidung menjadi tersumbat.

2. Sinusitis Akut

Sinusitis akut biasanya berkembang karena batuk pilek. Kondisi ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Namun, pada saat sinusitis terjadi, jaringan di dalam hidung meradang dan membengkak sehingga rongga hidung menyempit. Produksi lendir juga dapat meningkat. Hal-hal itulah yang menyebabkan hidung tersumbat.

3. Batuk Pilek

Keluhan batuk-batuk dan pilek kerap terjadi karena adanya benda asing seperti kotoran, infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran napas bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan. Pada saat pilek, hidung Anda mungkin tersumbat. Pilek biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

4. Flu

Flu atau influenza terjadi karena virus menyerang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini juga memungkinkan hidung tersumbat. Sebenarnya flu juga bisa sembuh sendiri, tapi jika terjadi komplikasi, komplikasi itulah yang dapat membahayakan.

Cara Meredakan Hidung Tersumbat

1. Konsumsi vitamin C

Melansir dari Everyday Health, vitamin C terbukti dapat dikonsumsi untuk meredakan hidung tersumbat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mempersingkat durasi pilek dan mengurangi keparahan gejala. Jika Anda sedang mengalami gangguan pernapasan karena pilek, lebih banyak mengkonsumsi vitamin C dapat membantu Anda mengatasi gejala dan merasa lebih sehat.

Makanan yang menjadi sumber vitamin C, bisa didapatkan dari sejumlah buah sitrus, seperti  jeruk, lemon, jeruk bali, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen.

2. Perbanyak Minum Air

Mengutip dari Pharmeasy, air yang kita minum dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Cairan mendorong lendir keluar dari hidung, sehingga mengurangi tekanan di sinus Anda. Sehingga, disarankan untuk mengkonsumsi air minum lebih banuak ketika hidung tersumbat.

Air tersebut dapat beragam, seperti air putih, teh herbal, atau jus tanpa pemanis tambahan (minuman sehat).

Sementara Kementerian Kesehatan, menganjurkan kita minum air setidaknya sebanyak 8 gelas ukuran 230 ml atau total 2 liter setiap hari. Selain dari minuman, cairan juga bisa kita dapat dari makan buah dan sayur, seperti bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air.

3. Menghirup Uap Hangat

Anda bisa mengatasi hidung tersumbat bahkan dengan segelas air panas. Cukup masak air panas sampai mendidih dan taruhlah pada wadah yang aman. Taruhlah wajahmu di hadapan wadah air panas tersebut, lalu secara perlahan hiruplah uang hangatnya.

Uap tersebut akan membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung mampet. Untuk hasil lebih efektif, Anda bisa menambahkan bawang putih yang sudah memarkan ke wadah air panas tersebut. Uap hangat yang sudah bercampur dengan zat bawang putih terkenal efektif membunuh bakteri maupun jamur yang bisa menjadi pemicu kondisi hidung tersumbat yang Anda alami.

4. Mengoleskan Minyak Eucalyptus

Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di area hidung. Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab.

Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga Anda dapat bernapas lebih lega.

5. Minum Madu

Mengutip Pharmeasy, madu adalah sumber yang kaya nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Selain itu, madu memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan berbagai infeksi bakteri pada tubuh.

Madu dapat menenangkan saluran hidung, tenggorokan yang teriritasi dan membersihkan akumulasi lendir yang berlebihan. Membuat madu menjadi minuman dapat menjadi cara meredakan hidung tersumbat dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara membuat minuman madu cukup dengan 2 sendok makan madu ditambahkan dalam secangkir air hangat. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam susu atau teh untuk meredakan gejala hidung tersumbat Anda.

Nah, demikianlah seputar tips yang bisa Parboaboa berikan untuk meredakan hidung tersumbat. Apabila Anda mengalami kondisi ini, coba lakukan hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Semoga membantu!

Tag : #hidung tersumbat    #gangguan kesehatan    #kesehatan    #alergi    #batuk    #flu    #sinusitis akut   

Baca Juga