Ilustrasi pengisian cairan coolant pada radiator (Dok: otomotif.kompas.com)

Penting! Inilah Cara Merawat Radiator Mobil

Dimas | Otomotif | 17-06-2022

PARBOABOA - Radiator merupakan salah satu komponen pada mobil yang wajib diperhatikan oleh para pemilik mobil. Sebab, jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan mobil tidak dapat digunakan secara maksimal

Radiator memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga suhu mesin mobil tetap stabil. Fungsi utama dari radiator sendiri adalah sebagai sistem pendingin pada mesin mobil. Sistem ini didukung oleh tiga komponen, diantaranya cairan pendingin, minyak pelumas dan udara.

Ketiga komponen tersebut saling terkait satu sama lain dan elemen yang paling menentukan bagi efisiensi kinerja mobil.

Mengingat besarnya peranan dari radiator, tentu para pemilik mobil wajib melakukan perawatan pada komponen yang satu ini. Berikut ini Parboaboa telah merangkum cara merawat radiator yang bisa Anda lakukan secara rutin.

Cara Merawat Radiator Mobil

1. Cek Secara Rutin Volume Air Radiator

Hal pertama yang bisa Anda dilakukan adalah sering mengecek kondisi air radiator. Tak sedikit para pemilik mobil yang lalai mengecek volume airnya, sehingga kemampuan untuk menyerap suhu panas jadi menurun.

Apabila jumlah air radiator berkurang, hal itu akan membuat suhu panas dari mesin terus meningkat. Selain itu, muncul proses vakum karena adanya tekanan yang disalurkan ke tabung cadangan air radiator.

Kondisi tersebut akan sangat berbahaya, jadi sebaiknya cek kembali apakah volume dari air radiator sudah sesuai dengan indikatornya.

2. Rutin Bersihkan Tangki Radiator

Agar terhindar dari dari korosi, Anda sebaiknya rutin membersihkan tangki radiator minimal 2 minggu sekali. Selain itu, bagian lain dari radiator seperti penutup, pompa oli, klem selang, serta kipas pendingin juga penting untuk dibersihkan.

Dengan membersihkan tangki radiator secara rutin, temperatur mobil Anda juga akan bisa terjaga dengan baik dan terhindar dari masalah yang umumnya terjadi, seperti overheat.

3. Gunakan Radiator Coolant

Cara merawat radiator mobil supaya tetap awet selanjutnya yaitu menggunakan radiator coolant. Alat ini berguna menjaga temperatur mesin mobil tetap stabil.

Ganti cairan radiator dengan radiator coolant yang memang dikhususkan untuk mesin mobil serta mampu mengangkat karat maupun kotoran menumpuk dalam tangki radiator.

4. Tutup Rapat Radiator

Pastikan bahwa tangki radiator tertutup dengan rapat, sehingga cairan radiator coolant tidak mengalami kebocoran saat menahan temperatur mesin mobil.

Selain itu, pentingnya tutupan tangki radiator rapat ini untuk menjaga atau mengontrol tekanan temperatur dalam sistem pendingin mobil sehingga tetap stabil.

5. Hindari Pemakaian Air Keran

Terakhir, anda dapat merawat radiator mobil dengan menghindari pemakaian air keran pada radiator mobil Anda. Seperti yang kita ketahui, Air keran memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan terjadinya korosi pada tangki radiator mobil.

Dan perlu diketahui, air radiator tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin, namun juga sebagai pencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Maka dari itu, hindari pemakaian air keran.

Nah, Itulah seputar informasi mengenai cara merawat radiator mobil. Anda bisa melakukan hal-hal di atas secara rutin agar radiator dapat bekerja secara maksimal. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #radiator mobil    #otomotif    #radiator coolant    #komponen mobil   

Baca Juga