Cara Merawat Kaliper Rem Motor yang Harus Diketahui

Penulis : Juni | Otomotif | 29-11-2022

Kaliper rem motor (Foto: Parboaboa/Juni)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Kaliper rem merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Fungsinya sebagai mekanis atau penggerak sistem rem cakram untuk memperlambat laju kendaraan.

Oleh sebab itu, pengendara perlu melakukan perawatan pada kaliper rem untuk mendukung sistem pengereman, sehingga keselamatan dan keamanan berkendara selalu terjaga.

Lantas, bagaimana cara merawat kaliper rem sepeda motor? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Cek Jalur Masuk Minyak Rem

Pastikan tak ada minyak rem yang bocor atau merembes pada jalur minyak rem. Jika terdapat kebocoran, rem tidak akan berfungsi maksimal. Kondisi tersebut tentu akan membahayakan pengendara ataupun orang lain.

2. Kampas Rem

Sebaiknya selalu rutin memeriksa kondisi ketebalan kampas rem, jangan sampai melebihi batas aman dengan cara melihat cukup dekat ke bagian kaliper rem.

Sesuai standar pabrikan, pengendara motor direkomendasikan untuk mengganti kampas rem setiap 25.000 km atau sekali dalam setahun. Jangan sampai kampas rem yang sudah aus dipakai menjepit cakram untuk pengereman.

3. Jaga Kebersihan Kaliper

Selalu rutin menjaga kebersihan komponen-komponen yang ada pada kaliper. Anda bisa menggunakan air bertekanan sedang untuk menghilangkan debu dan kotoran pada kaliper rem.

4. Servis Berkala

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan servis berkala minimal sekali dalam sebulan. Hal ini bertujuan agar kinerja semua komponen pada roda dua termasuk kaliper dapat terpantau secara rutin.

Itulah tadi penjelasan tentang cara merawat kaliper rem motor yang harus diketahui. Lakukan servis secara berkala untuk menjamin motor dalam kondisi sehat dan prima.

Editor : -

Tag : #kaliper rem    #sepeda motor    #otomotif    #komponen motor    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga