Ilustrasi radang tenggorokan (Foto: travelpharm.com)

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat

Andre | Kesehatan | 12-08-2022

PARBOABOA - Terdapat beberapa cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Pada beberapa kasus, radang tenggorokan dapat diobati dengan tindakan sederhana seperti istirahat dan pengobatan rumahan.

Seperti dilansir dari Healthline, berdasarkan bagian tenggorokan yang sakit, radang tenggorokan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu faringitis, laringitis, dan tonsilitis.

Radang tenggorokan atau faringitis adalah rasa gatal, nyeri, tidak nyaman, atau kering pada tenggorokan. Kondisi ini terjadi karena infeksi bakteri dan infeksi virus yang mudah menyebar dari udara.

Meskipun bukan penyakit serius, namun radang tenggorokan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar pada tengorokan hingga sakit saat menelan minuman dan makanan.

Secara umum, penyakit ini bisa menyerang siapa pun dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat yang bisa Anda lakukan, mulai dari bantuan obat hingga dengan bahan alami. Berikut penjelasannya!

Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Alami

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan, Anda bisa memilih untuk mengonsumsi obat radang tenggorokan yang alami atau biasa disebut pengobatan rumahan.

Jika radang tenggorokan yang Anda alami tidak tergolong parah, Anda bisa mencoba cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat alami berikut ini:

1. Perbanyak asupan cairan dan istirahat

Meski terdengar sepele, meminum air putih merupakan obat alami mengatasi radang tenggorokan yang bisa Anda coba sebagai perawatan rumahan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, memperbanyak konsumsi air putih dapat mencegah dehidrasi dan tenggorokan kering serta mengencerkan dahak.

Radang tenggorokan sering disertai dengan gejala pilek, sehingga mengonsumsi air hangat dapat membantu melegakan hidung dari sumbatan, dan Anda dapat bernapas lebih lega.

Tak hanya itu, Anda juga memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk mempercepat pemulihan. Faktanya, tidur cukup dapat membantu tubuh melawan infeksi dan mengatasi peradangan. Maka dari itu, jauhkan diri Anda dari rutinitas kantor yang padat dan beristirahatlah hingga gejalanya mereda.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat dan alami.

Langkahnya cukup mudah, cukup berkumur dengan campuran ½ sendok teh garam dengan 250 ml air hangat. Berkumurlah sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Obat alami radang tenggorokan ini aman dilakukan oleh orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 6 tahun.

3. Madu

Mengutip jurnal Aktivitas Antibakteri Madu Terhadap Pertumbuhan Streptococcus pyogenes oleh Evi Puspita Sari, madu mengandung zat yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

Tak hanya rasanya yang manis, obat radang tenggorokan ini juga aman dikonsumsi Si Kecil. Agar radang tenggorokan cepat hilang, Anda bisa meminum dua sendok madu dan segelas air hangat sebelum tidur.

4. Air lemon

Dikutip dari pennmedicine, lemon sangat bagus untuk dikonsumi karena dapat membantu memecahkan lendir dan meredakan rasa sakit pada tenggorokan.

Terlebih, lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan infeksi pada tenggorokan.

Caranya juga mudah untuk dilakukan. Campurkan satu sendok teh air lemon ke dalam segelas air hangat dan minum untuk pemulihan yang lebih cepat.

5. Teh Herbal

Cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat dan alami berikutnya yaitu dengan meminum teh herbal. Ada banyak jenis teh yang mengandung antikonsidan yang bagus untuk  meredakan peradangan pada tenggorokan.

Contohnya seperti teh hijau dan teh cengkeh. Keduanya mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi untuk melawan infeksi sekaligus memberikan kelegaan setelah dikonsumsi.

Selain itu, ada teh raspberry, chamomile, dan peppermint juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menghilangkan rasa sakit serta mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Mengobati Radang Tenggorokan secara Medis

Jika penangangan sakit tenggorokan secara mandiri tidak membuat kondisi membaik dalam waktu yang lama, salah satu cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat adalah mengonsumsi obat-obatan.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda sudah memeriksa diri atau berkonsultasi ke dokter maupun tenaga profesional kesehatan terkait masalah yang Anda alami.

Pemberian obat tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena dokter memerlukan informasi mengenai penyebab radang tenggorokan sehingga menyesuaikan dengan jenis obat yang akan diberi.

Hal ini dilakukan agar pengobatan bekerja secara optimal dan Anda bisa pulih lebih cepat. Setelah penyebab radang tenggorokan sudah dipastikan, dokter mungkin akan meresepkan beberapa jenis obat, seperti:

  • Antibiotik: obat radang tenggorokan yang satu ini berlaku untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Adapun beberapa contoh obat antibiotic yang diresepkan dokter seperti amoxicillin, cefixime, cefadroxil, azithromycin, dan penisilin.
  • Obat Antiinflamasi Nonstreoid (OAINS): obat ini bermanfaat untuk meredakan gejala demam yang disebabkan oleh radang tenggorokan. Beberapa pilihan obat golongan OAINS yang mungkin diresepkan oleh dokter seperti paracetamol, ibuprofen, dan diclofenac.
  • Benzocaine: obat ini diberikan untuk mengatasi sakit tenggorokan dan kesulitan menelan akibat peradangan tenggorokan. Obat ini tersedia dalam bentuk gel, salep, bubuk, dan obat kumur.
  • Kortikosteroid: obat ini biasanya diresepkan dokter jika radang tenggorokan disebabkan oleh alergi atau iritasi berat. Beberapa jenis obat yang termasuk ke dalam kelompok kortikosteroid adalah prednison dan prednisolone.

Catatan

Setelah memahami cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat di atas, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang harus dihindari agar tidak memperparah peradangan atupun mencegah terjadinya infeksi. Mulai dari makanan yang sulit ditelan, berhenti merokok, dan menjauhi paparan debu atau polusi.

Jika sakit tenggorokan tak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi dengan profesional medis untuk memperoleh solusi terbaik.

Referensi:

  • Jurnal Insan Cendekia Volume 7 No 1 Maret 2020, Aktivitas Antibakteri Madu Terhadap Pertumbuhan Streptococcus pyogenes - Evi Puspita Sari
  • Healthline (2019), What Are the Best Teas for Soothing a Sore Throat?
  • National Health Service United Kingdom (2021), Sore Throat
  • Cochranelibrary (2020), Non‐steroidal anti‐inflammatory drugs (NSAIDs) for acute sore throat
  • British Medical Association (2017), Corticosteroids for treatment of sore throat: systematic review and meta-analysis of randomised trials
Tag : #tenggorokan    #peradangan    #kesehatan    #radang tenggorokan    #obat radang tenggorokan    #mengobati radang tenggorokan dengan cep   

Baca Juga