Cara menghilangkan komedo (Dok: Sabumi)

Ketahui 7 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Juni | Kesehatan | 11-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Tentunya setiap orang tidak ingin memiliki banyak komedo di wajah karena akan merusak penampilan. Tak heran, banyak orang mencari tahu berbagai cara menghilangkan komedo.

Komedo merupakan benjolan kecil yang terdapat pada permukaan kulit. Perlu diketahui bahwa komedo termasuk dalam jenis jerawat ringan.

Menurut para ahli, komedo merupakan tahap pertama dari jerawat sebelum bakteri masuk ke pori-pori kulit dan menyebabkan infeksi dan peradangan. Permasalahan tersebut banyak dialami oleh remaja, dimana hormon mulai mempengaruhi tubuh dan kulit.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami? Simak penjelasan berikut ini.

1. Gunakan masker oatmeal dan madu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi, pengelupasan, dan menenangkan kulit. Kamu dapat menggunakan bahan ini untuk mengurangi iritasi dan menjaga kondisi skin barrier. Kamu dapat menambahkan madu sebagai campurannya.

Kombinasi dua bahan alami ini cukup ampuh digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, campuran oatmeal dan madu berfungsi untuk melembabkan kulit.

2. Putih telur

Cara menghilangkan komedo di hidung dapat dilakukan dengan menggunakan putih telur. Kandungan protein pada putih telur dipercaya dapat mengecilkan pori-pori sehingga kotoran tidak menumpuk dan menyebabkan munculnya komedo.

3. Campuran madu dan lemon

Cara menghilangkan komedo secara alami berikutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan campuran madu dan lemon. Campuran kedua bahan tersebut cocok untuk membersihkan komedo serta menjaga kesehatan kulit.

4. Lidah buaya

Selain untuk rambut, lidah buaya juga ternyata berkhasiat untuk membantu mengatasi permasalahan pada wajah. Lidah buaya mengandung antioksidan dan aloin yang efektif dalam membersihkan komedo.

5. Baking soda

Ternyata, pemanfaatan baking soda merupakan salah satu cara menghilangkan komedo di hidung. Diketahui bahwa baking soda mampu menormalkan ketidakseimbangan pH pada kulitmu. Selain itu, baking soda juga berperan dalam mengangkat sel kulit mati dan juga komedo di area hidung.

Dalam penggunaannya, kamu cukup mencampur baking soda dengan air hingga berbentuk creamy, kemudian oleskan pada hidung sambil memijit dengan perlahan. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

6. Perasan lemon

Lemon bisa manfaatkan sebagai cara alami menghilangkan komedo karena mengandung banyak vitamin C. Selain itu, kandungan alpha hidroksi pada lemon juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit.

7. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang diyakini dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E pada pepaya juga bermanfaat sebagai anti-oksidan yang turut membantu menutrisi serta melembabkan kulit.

Selain itu, masker dengan menggunakan pepaya juga dipercaya ampuh mengangkat kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, dan menghilangkan komedo.

Nah, itu tadi penjelasan 7 cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami yang dapat kamu praktekkan dengan mudah.

Tag : #komedo    #skincare    #kesehatan    #kecantikan    #kulit sehat   

Baca Juga