Cara menghapus aplikasi di Macbook, foto: SitusiPhone.com

Cara Menghapus Aplikasi di Macbook Dengan Mudah

Wanovy | Teknologi | 29-08-2022

PARBOABOA - Macbook merupakan laptop yang buatan raksasa teknologi asal Amerika Setikat, Apple. Macbook sendiri sudah menjadi adalan banyak orang.

Dikutip dari buku Panduan Praktis Menggunakan Mac 0S X 10.4 Tiger untuk Pemula karya Dirgayuza Setiawan (2008:9), Macbook atau portable Macintos merupakan sebuah perangkat jinjing atau biasa disebut sebagai laptop yang pertama kali rilis pada tahun 2006.

Macbook sendiri hadir dalam dua macam, mulai dari Macbook Air untuk laptop yang ringan dan mudah dibawa serta Macbook Pro yang ditujukan untuk kalangan profesional.

Macbook Pro sendiri hadir dalam beberapa varian, mulai dari varian 13 inci yang memiliki performa sedikit lebih baik dibandingkan dengan Macbook Air, varian 14 inci untuk performa dan kestabilan yang tinggi, serta varian 16 inci dengan layar yang lega dan bisa digunakan untuk bekerja keras dalam rentang waktu yang lama.

Namun dengan diperkenalkan Apple Silicon membuat perangkat Macbook semakin terkenal karena kecepatan dan daya tahan baterai.

Akibatnya adalah banyak pengguna baru yang menggunakan perangkat yang satu ini. Salah satu permasalah yang dihadapi orang yang baru menggunakan Macbook adalah menghapus aplikasi.

Nah, dalam artikel ini Parboaboa.com akan membagikan cara menghapus aplikasi di Macbook. Yuk, simak panduannya!

1. Lewat Finder

Cara menghapus aplikasi di Macbook paling mudah dan cepat adalah menghapus aplikasi di komputer Mac lewat Finder atau aplikasi file manager bawaan di komputer Mac.

  • Kamu tinggal buka Finder lalu akses folder Application di akun yang sedang digunakan.
  • Setelah itu cari aplikasi yang ingin dihapus dan tekan Command + Delete. Proses ini akan menghapus atau melempar aplikasi ke Trash.
  • Lanjutkan proses ini dengan klik kanan ikon Trash di Dock lalu pilih Empty Trash.

2. Hapus Lewat Launchpad

Cara menghapus aplikasi di Macbook kedua adalah lewat Launchpad.

Bagi kamu yang belum tahu, Launchpad adalah cara cepat akses daftar aplikasi di Mac lewat tampilan utama.

  • Kamu bisa akses Launchpad lewat shortcut F4 di keyboard atau gunakan gesture di trackpad MacBook jika sudah diatur sebelumnya.
  • Dari mode Launchpad, silakan cari aplikasi yang ingi dihapus lalu tekan tahan di bagian aplikasi tersebut dan lanjutkan dengan klik tanda X.
  • Berikan persetujuan untuk menghapus aplikasi yaitu dengan menekan tombol Delete di tampilan layar.

3. Hapus dengan Uninstaller Bawaan

Pada beberapa aplikasi dengan ukuran besar atau melekat dengan banyak bagian di sistem operasi komputer, biasanya pengembang aplikasi akan memberikan cara Uninstaller berupa tombol cepat yang bisa diakses ketika ingin menghapus aplikasi.

Biasanya aplikasi untuk melakukan Uninstaller diletakkan dalam folder yang sama pada bagian Application secara standar pengaturan bawaan.

Contohnya adalah paket aplikasi dari Adobe, biasanya dilengkapi dengan file Uninstall yang ada di folder Adobe + nama aplikasi di folder Application.

Ketika file Uninstall ini dibuka, otomatis aplikasi Creative Cloud akan ditampilkan dan persetujuan untuk proses menghapus atau uninstal aplikasi akan segera dijalankan.

4. Hapus dengan Aplikasi Tambahan

Kembali pada cara pertama dan kedua yang sudah kita bahas, cara menghapus aplikasi di Macbook tersebut memang paling cepat dan singkat dibandingkan cara lainnya.

Namun ternyata menghapus aplikasi dengan cara tersebut masih meninggalkan dokumen pendukung yang ada di beberapa folder sistem operasi macOS.

Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan agar hasilnya lebih bersis dan tentunya tetap mudah.

Contoh dari aplikasi tersebut adalah AppCleaner atau CleanMyMac X.

  • Untuk AppCleaner, kamu tinggal unduh aplikasi ini kemudian buka. Di tampilan utama AppCleaner, tinggal drag and drop saja aplikasi yang ingin kamu hapus dari Finder.
  • Tunggu proses pemindaian selesai dan tekan tombol Remove di App Cleaner.
  • Lalu untuk CleanMyMac X, silakan masuk ke sidebar Uninstaller kemudian cari aplikasi yang ingin kamu hapus.
  • CleanMyMac X akan menampilkan daftar folder di sistem operasi macOS yang berhubungan dengan aplikasi tersebut. Terakhir tekan tombol Remove untuk menghapus semuanya secara mudah dan cepat.

Demikianlah informasi mengenai cara menghapus aplikasi di Macbook yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #macbook    #apple    #tips    #teknologi    #laptop    #imac    #macOS   

Baca Juga