Cara Mengembalikan Indra Perasa (foto: istockphoto)

Indra Perasa Dan Penciuman Hilang? Kenali Penyebab dan Cara Mengembalikannya

Regina | Kesehatan | 27-08-2022

PARBOABOA – Stamina dan daya tahan tubuh harus tetap dijaga untuk selalu sehat setiap harinya. Banyak gejala penyakit yang harus diwaspadai sejak adanya covid-19, seperti hilang indra perasa dan penciuman.

Walaupun tidak terjangkit corona, kedua hal tersebut mampu membuat kita merasa was-was akan sekitar. Hal itu dikarenakan, selain mengganggu indra penciuman, gejala Covid-19 juga membuat indra perasa hilang.

Kondisi ini dikenal dengan Anosmia, yang mana hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau, disertai dengan indra perasa yang menurun.

Penyebab Anosmia

Penyebab seseorang mengalami anosmia karena adanya gangguan dalam proses penciuman. Hal tersebut berupa:

1. Gangguan Di Dinding Dalam Hidung

  • Pilek
  • Flu
  • Rhinitis nonalergi
  • Rhinitis alergi
  • Sinusitis
  • Kebiasaan merokok

2. Kerusakan Pada Otak Dan Sistem Saraf

Hal ini dipicu karena penuaan, kanker otak atau juga darah tinggi. Dengan begitu, dapat menyebabkan gangguan saraf pada hidung yang mengakibatkan seseorang tidak dapat mencium aroma yang tertentu yang ada di sekitar.

3. Infeksi virus Corona atau COVID-19

Jumlah pasien dengan kasus virus Corona atau COVID-19 rata-rata mengalami gejala anosmia, tapi itu hanya bersifat sementara. Gejala ini disertai dengan ageusia, yang mana hilangnya fungsi indra perasa. Hal itu membuat banyak orang yang mengalami tidak dapat merasakan makanan dan minuman yang ia konsumsi.

4. Kelainan Tulang Hidung

Tulang hidung yang mengalami kelainan juga ikut andil menjadi penyebab penyakit yang satu ini. Tulang septum yang tidak lurus akan menghalangi aliran udara ke dalam hidung. Akibatnya, bau yang berasal dari luar tidak sampai ke bagian hidung, sehingga saraf tidak bisa mengirimkan sinyal ke otak.

5. Pengaruh Antibiotik

Jikalau terlalu sering mengonsumsi antibiotik, akan berisiko dalam melemahkan saraf yang bekerja untuk bagian hidung, bahkan disertai dengan gangguan telinga. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya anosmia. Jadi ada baiknya waspada dengan efek samping dari penggunaan antibiotik, ya.

6. Polip Hidung

Polip hidung adalah jaringan lunak yang tumbuh di bagian dalam saluran hidung. Kondisi ini dapat menyebabkan penghambatan aliran udara,sehingga menghilangkan fungsi penciuman.

Cara Mengatasi Anosmia

1. Olahraga

Tips yang satu ini merupakan cara mengembalikan indra perasa dengan mudah. Saat indra perasa tak berfungsi dengan semestinya, akan terjadi penurunan nafsu makan. Maka dari itu, perlu olahraga yang rutin di selingi makan yang rajin.

Energi yang habis setelah melakukan olahraga akan meningkatkan nafsu makan anda kembali. Selingin untuk mengonsumsi protein, karena biasanya saat indra perasa hilang akan kesulitan untuk mendapatkan sumber protein dari makanan.

2. Membersihkan Bagian Hidung

Karena masalah pada hidung menjadi salah satu penyebab terjadinya hilang indra perasa dan penciuman, maka dari itu ada baiknya untuk membersihkan bagian hidung sebagai cara mengembalikan indra perasa dan penciuman. Gunakan larutan garam dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Coba rebus satu liter air dan biarkan hingga agak lebih dingin.
  • Campurkan satu sdt garam dan satu sdt soda kue ke dalam air tersebut.
  • Tuangkan sedikit air ke telapak tangan yang ditekuk.
  • Hirup sebagian larutan ke satu lubang hidung sekaligus dan biarkan keluar dari hidung.
  • Gunakan jari atau benda lain sebagai bahan untuk mengendus bau.

3. Konsultasi Ke Dokter

Jikalau anosmia tak kunjung pulih, konsultasikan keluhan anda ke dokter sebagai cara mengobati hilang indra perasa dan penciuman. Akan ada beberapa metode pengobatan yang akan di berikan, seperti:

  • Obat dekongestan yang disebabkan oleh hidung tersumbat.
  • Obat antibiotik akibat dari infeksi bakteri, termasuk sinusitis
  • Operasi, untuk mengatasi anosmia yang disebabkan oleh kelainan tulang hidung atau polip hidung

Demikian informasi tentang cara mengembalikan indra perasa dan penciuman yang dapat parboaboa rangkum, semoga artikel ini membantu.

Tag : #indra perasa    #indra penciuman    #kesehatan    #polip hidung    #sinusitis    #covid-19   

Baca Juga