Penyebab dan Cara Mengatasi This site can’t be reached di Google Chrome

Wanovy | Teknologi | 15-10-2022

Ilustrasi

PARBOABOA - Pernahkah kamu mendapatkan pesan error This site can’t be reached di Google Chrome? Padahal kondisi internet baik-baik saja.

Bahkan di browser atau aplikasi lain, internet tetap bisa bekerja normal tanpa masalah seperti yang terjadi di Chrome.

Google Chrome merupakan salah satu browser paling populer di kalangan masyarakat di seluruh dunia, baik pengguna komputer, laptop, dan smartphone.

Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat Google Chrome memiliki stabilitas dan keamanan yang tidak bisa ditandingi oleh browser mana pun.

Terlebih dengan banyaknya fitur serta layanan yang telah tersedia di Google Chrome dapat mempermudah pengguna dalam menunjang aktivitasnya selama menjelajahi internet.

Meskipun Google Chrome menawarkan beragam kelebihan, namun bukan berarti Google Chrome merupakan aplikasi browser yang sempurna.

Mengingat dalam beberapa kondisi tertentu, pengguna sering kali menemukan kendala error saat menggunakannya.

Salah satu permasalahannya adalah munculnya pesan error “This site can’t be reached” ketika mengakses halaman.

Memang pesan ini hanya terjadi pada pengguna Google Chrome saja. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga, jika pengguna aplikasi browser lainnya juga mengalami hal serupa dengan pesan yang sedikit berbeda.

Lalu bagaimanakah cara memperbaikinya? Untuk memperbaikinya, Anda bisa simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Penyebab “This site can’t be reached”

Terdapat banyak sekali faktor kemungkinan yang menyebabkan munculnya pesan error This site can’t be reached ketika membuka halaman pada Google Chrome.

Mungkin saja kendala ini ditimbulkan koneksi internet yang bermasalah, situs yang terblokir atau bisa jadi dikarenakan Google Chrome yang bermasalah. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Koneksi internet bermasalah

Permasalahan pada Google Chrome tidak selalu disebabkan oleh kegagalan aplikasinya. Bisa jadi, pesan error yang muncul pada Google Chrome tersebut disebabkan karena ISP yang sedang mengalami gangguan. Untuk memastikannya, dapat Anda hubungi provider bersangkutan.

2. Situs yang terblokir

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali situs yang di blokir oleh pihak pemerintah, provider, hingga aplikasi antivirus.

Biasanya situs yang terblokir tersebut memiliki kriteria tertentu, misalnya hanya situs yang memiliki dampak negatif bagi penggunanya atau situs ilegal. Terlepas dari itu, mungkin saja situs yang sedang Anda buka telah terblokir oleh pemerintah.

3. Google Chrome mengalami error

Ketika Google Chrome memiliki beberapa kendala error, maka tidak heran saat Anda membuka situs tidak dapat merespons. Untuk memperbaikinya, cobalah untuk menginstall ulang Google Chrome Anda.

4. File cache/sampah yang menumpuk

Banyaknya file sampah dan cache pada Google Chrome, juga dapat menimbulkan beberapa kendala setelahnya, entah mungkin tidak bisa membuka halaman web ataupun Google Chrome tidak bisa dibuka.

dll.

Cara mengatasi This site can’t be reached

Terdapat beberapa tips perbaikan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Google Chrome yang menampilkan pesan kesalahan This site can’t be reached.

Anda bisa mulai dengan membersihkan file cache atau sampah Google Chrome, melakukan reset pengaturan browser, menjalankan Network Troubleshooter, hingga install ulang Google Chrome. Berikut informasi selengkapnya:

1. Mengatur Ulang DNS Server

Cara ini dapat kita lakukan apabila ingin mengatasi kesalahan pada sebuah sebuah website apabila terdapat pesan This Site Can’t Be Reach. Berikut cara mengatur Ulang DNS Server.

  • Tampilkan program Run dengan cara klik tombol Windows + R pada keyboard. Kemudian ketikkan perintah control panel. Setelah itu klik tombol OK.
  • Setelah itu, maka kotak jendela Control Panel akan ditampilkan. Untuk mengatus DNS, maka kita harus masuk ke dlaam menu Network and Internet.
  • Didalam menu tersebut, kliklah menu Network and Sharing Center.
  • Selanjutnya pada bagian sebelah kiri, klik menu Change adapter settings.
  • Maka akan muncul berbagai macam koneksi jaringan yang ada di komputer Anda. Klik kanan pada jaringan internet yang kita gunakan saat ini. Lalu klik menu Properties.
  • Pada jendela Properties, klik pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Lalu klik menu Properties.
  • Klik menu General, lalu klik pada opsi Use the following DNS server addresses. Selanjutnya, ubahlah Preferred DNS server menjadi 8.8.8.8. Dan Alternate DNS server menjadi 8.8.4.4. Terakhir, klik tombol OK.

2. Restart DNS Client

Cara ini dapat Anda gunakan apabila pada cara yang pertama tidak berhasil. Berikut cara restart DNS Client.

  • Tampilkan program RUN dengan cara klik Windows + R pada keyboard komputer Anda. Setelah itu ketikkan perintah services.msc. Kemudian klik tombol Ok.
  • Selanjutnya pada bagian Services (Local), cari dan kliklah pengaturan DNS Client. Kemudian liat pada bagian kiti, klik tombol Restart.

3. Reset Pengaturan Google Chrome Menjadi Default

Terjadinya kesalahan pada saat melakukan browsing biasanya terletak pada pengaturan Google Chrome yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk mengatasinya, kita dapat mengembalikan peraturan Google Chrome menjadi peraturan awal atau default. Berikut cara mereset pengaturan Google Chrome menjadi default.

  • Bukalah browser Google Chrome di komputer Anda, lalu klik icon titik tiga pada posisi kanan kiri atas. Kemudian klik menu Settings.
  • Selanjutnya, scroll menu settings sampai kebawah dan Anda akan mendapati menu Advanced. Klik menu Advanced tersebut.
  • Lalu scroll lagi sampai mendapati bagian Reset and clean up. Klik menu Restore settings to their original defaults.
  • Maka akan muncul kotak reset seperti pada gambar. Klik button Reset Settings

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi This site can’t be reached pada browser Chrome. Semoga membantu!

Tag : #chrome    #browser    #teknologi    #tips    #browser error    #cookies   

Baca Juga