Ilustrasi

Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Bermasalah Atau Putus-putus

Wanovy | Teknologi | 23-11-2022

PARBOABOA - Ada beberapa sebab mengapa sambungan panggilan telepon atau video di WhatsApp tidak lancar bahkan sering terputus. Penyebabnya bisa dari sisi aplikasi, jaringan dan juga hardware Ponsel yang digunakan.

Memakai aplikasi WhatsApp untuk menelepon seseorang, kini semakin sering digunakan oleh para penggunanya, lho.

Alasannya beragam. Mungkin karena pemakaian kuota internet sekarang lebih murah daripada pulsa.

Well, terlepas dari itu semua, beberapa saat lalu saya tidak sengaja menemui sebuah masalah berkaitan dengan fitur telepon WhatsApp ini.

Saya yakin, masalah ini pernah, atau bahkan mungkin sering dialami oleh para pengguna Whatsapp lainnya, yakni tidak ada suara saat menelpon.

Cara mengatasi telepon WhatsApp putus-putus sebenarnya mudah. Melansir Pusat Bantuan WhatsApp, biasanya hal ini terjadi paling sering karena ada gangguan sinyal atau koneksi internet.

Berikut cara mengatasi panggilan WhatsApp bermasalah tersebut.

1. Pastikan Bahwa Konektivitas Jaringan Internet Stabil

Untuk dapat melakukan panggilan langsung ke teman atau pengguna lain, pastikan bahwa paket data atau koneksi internet yang Anda gunakan stabil atau tidak putus-putus.

Internet yang tidak stabil terkadang akan menyebabkan panggilan telepon dari WhatsApp akan mudah terganggu atau putus-putus.

Untuk memastikan koneksi internet Anda berjalan normal, silahkan untuk mencoba browsing atau buka aplikasi Youtube dari ponsel Anda, jika tidak ada masalah maka dipastikan panggilan telepon akan berjalan normal.

Beberapa masalah dari jaringan atau koneksi internet yang digunakan membuat panggilan telepon di WhatsApp menjadi bermasalah.

Misalnya, Android sudah tersambung ke internet namun internet yang digunakan tidak bisa digunakan, paket data ON tapi jaringan internet dari operator lambat atau internetnya tidak stabil serta sinyal jaringan internet yang digunakan sangat lemah sehingga panggilan telepon di WhatsApp tidak bisa dilakukan.

2. Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp

Jika panggilan telepon bermasalah seperti tidak ada suaranya atau penerima tidak mendengar suara, maka bisa jadi masalahnya terjadi pada perizinan aplikasi.  

Karena sekarang ini ponsel sangat mengharuskan pengguna memberikan atau melakukan perizinan dahulu dari setiap aplikasi yang mau digunakan.

Untuk memberikan aplikasi WhatsApp dapat melakukan dan menerima panggilan, sebaiknya periksa dan berikan izin aplikasi WhatsApp agar dapat berfungsi secara normal seperti berikut.

Caranya: Silahkan buka menu Pengaturan >> Aplikasi & Notifikasi >> Pilih WhatsApp >> Izin >>  dan pastikan semuanya mulai dari kamera, kontak, lokasi, mikrofon, penyimpanan, ponsel dan sms aktif.

3. Ubah jaringan

WhatsApp merekomendasikan Anda untuk mengubah jaringan internet ketika mengalami panggilan putus-putus. Misalnya, jika semula menggunakan jaringan WiFi, cobalah ganti ke data seluler atau sebaliknya.

Sebab, bisa saja jaringan internet yang semula digunakan tidak dikonfigurasi dengan benar untuk user datagram protocol (UDP), sehingga menghalangi panggilan WhatsApp Anda.

4. Matikan mode penghemat baterai

Masalah pada panggilan WhatsApp juga bisa terjadi karena pengguna mengaktifkan mode penghemat baterai dan koneksi bluetooth telepon secara bersamaan.

Jika mode penghemat baterai aktif atau bluetooth terhubung, coba untuk menonaktifkannya. Pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan mikrofon, earphone, atau kamera telepon.

5. Hapus cache

Cache yang menumpuk bisa membuat kinerja aplikasi WhatsApp jadi lambat karena terlalu banyak data sementara yang tersimpan.

Hal ini juga bisa membuat aktivitas Anda di WhatsApp jadi terganggu, seperti telepon yang putus-putus karena kebanyakan data.

Maka dari itu, penting untuk pengguna melakukan hapus cache. Bahkan, hal ini baik dilakukan secara berkala agar kinerja aplikasi WhatsApp Anda lebih cepat dan bebas kendala-kendala.

6. Update WhatsApp

Cara lain juga bisa dengan memperbaharui (update) aplikasi WhatsApp yang terpasang di hp Anda ke versi terbaru.

Pasalnya, versi terbaru bisa mendukung beban aktivitas yang mungkin lebih berat, sehingga risiko kendala jadi lebih minim muncul.

7. Instal ulang

Jika update belum bisa menyelesaikan masalah telepon putus-putus, cobalah untuk uninstall aplikasi WhatsApp di hp Anda. Kemudian, instal ulang.

Cara mengatasi telepon Whatsapp putus-putus ini akan memberi penyegaran terhadap versi aplikasi yang Anda gunakan.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi telepon WhatsApp bermasalah atau terputus-putus. Selamat mencoba!

Tag : #whatsapp    #telepon whatsapp    #teknologi    #tips    #apps    #jaringan    #internet   

Baca Juga