Ilustrasi Kaca Berembun (Foto: hsrwheel.com)

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat hujan

Juni | Otomotif | 03-10-2022

PARBOABOA – Kondisi kaca mobil yang berembun menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi para pengendara. meski banyak yang menganggap sepele, namun embun ini sebenarnya cukup membahayakan.

Karena berkurangnya jarak pandang pengemudi, embun juga dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Tak hanya itu saja, embun yang terlalu lama menempel akan menyebabkan timbulnya kerak air di permukaan kaca.

Lantas, bagaimana cara mencegah kaca mobil berembun saat hujan? Simak ualsan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Nyalakan AC

Air Conditioner (AC) memang berfungsi untuk menyesuaikan suhu udara dalam kabin. Dengan menyalakan AC, embun-embun pada kaca depan mobil akan hilang. Tak hanya itu,  hembusan nafas yang lembab juga akan didinginkan oleh udara dari AC.

2. Aktifkan Defogger

Keberadaan defogger di musim hujan akan sangat membantu untuk menghilangkan embun, sehingga visibilitas pengemudi saat melihat ke belakang tidak akan terganggu.

Ventilasi defogger biasanya berada pada kedua sisi paling ujung dashboard. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan menekan tombol bergambar tiga panah melengkung pada dashbaord.

3. Sedia Sampo Sebelum Hujan

Meski terdengar unik, namun penggunaan sampo ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Cairan sampo memiliki unsur kimia dengan kadar pH yang dikhususkan untuk mengeringkan uap air.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda cukup mengoleskan sampo di kaca mobil bagian dalam tanpa harus dicampur dengan air. Kemudian, bersihkan kaca dengan lap sintetis (chamois) yang sedikit lembab.

4. Resirkulasi Udara dalam Mobil

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil secara otomatis akan memasukkan udara dari luar dan menghembuskan udara dari dalam mobil tanpa mengubah temperatur.

Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun pada kaca. Fungsi resirkulasi udara ini tidak perlu digunakan dalam jangka waktu yasng lama. Saat embun telah menghilang, Anda bisa menonaktifkan kembali fitur ini.

5. Membuka jendela

Cara mengatasi kaca mobil berembun yang paling mudah dan cepat adalah dengan membuka kaca mobil. Anda dapat membuka kaca beberapa saat sampai embun di kaca depan menghilang, lalu tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil kembali terasa.

Itulah tadi lima tips untuk mengatasi embun yang timbul pada kaca mobil ketika berkendara saat hujan. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Tag : #kaca mobil    #komponen mobil    #otomotif    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga