Ilustrasi, BukaReview

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

Wanovy | Teknologi | 18-08-2022

PARBOABOA - Baterai awet tentunya menjadi idaman setiap pengguna smartphone. Banyak cara yang bisa dilakukan demi menjaga baterai smartphone mencapai umur yang panjang.

Kita pastinya hampir setiap waktu tidak bisa lepas dari perangkat ini. Mulai dari urusan pekerjaan, bermain media sosial, streaming, bermain game, hingga untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Sebagai pengguna smartphone, pastinya Anda pernah mengalami ponsel Anda menjadi boros dan cepat habis.

Padahal sebelumnya kondisi baterai irit. Hal ini dapat berlaku untuk semua merk smartphone seperti Xiaomi, Samsung, hingga iPhone.

Tetapi sebelum membahas mengenai cara agar baterai smartphone Anda tetap awet, pastikan Anda sudah mengetahui apa saja penyebab baterai smartphone Anda cepat habis meski tidak digunakan.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Pastinya Anda akan merasa jengkel saat Anda mempunyai smartphone berkapasitas baterai besar, tetapi ternyata boros dan cepat habis.

Nah, berikut penyebab baterai HP cepat habis padahal tidak digunakan yang Anda harus tahu:

1. Sinyal Buruk

Penyebab baterai cepat habis pertama yaitu karena sinyal buruk. Kondisi ini membuat smartphone Anda terus bekerja keras mencari pemancar sinyal terdekat. Bila memang Anda berada di daerah yang susah sinyal, sebaiknya Anda mematikan mobile data.

2. Akses GPS di Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang meminta izin pengguna smartphone untuk mengaktifkan lokasi saat mulai menggunakannya. Misalnya seperti Google Map hingga aplikasi ojek online. Ini membuat baterai smartphone Anda bekerja keras untuk memancarkan sinyal lokasi Anda berada.

3. Fitur Sinkronisasi Menyala

Fitur ini sebenarnya boros baterai dan kuota. Walaupun sebenarnya fitur ini penting karena data Anda akan otomatis terbackup dengan menguploadnya ke Google Drive.

4. Banyak Notifikasi

Banyak yang tidak sadar bahwa sebenarnya banyaknya notifikasi yang menumpuk dalam smartphone bisa menjadi alasan kenapa baterai Handphone Anda cepat habis.

5. Baterai Rusak

Alasan terakhir tentunya dikarenakan kondisi baterai itu sendiri yang telah mengalami kerusakan. Baterai smartphone modern sekarang banyak yang memakai baterai tanam.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

Setelah mengetahui penyebab baterai cepat habis, berikut beberapa cara mengatasi baterai HP yang boros:

1.Menggunakan Charger Original 

Cara agar baterai HP awet sebaiknya setiap Charger yang digunakan adalah charger original, karena charger original sudah dirancang sesuai dengan kapasitas daya HP yang digunakan.

Charger yang tidak sesuai akan menyebabkan HP Sobat Pintar akan cepat rusak apabila dayanya terlalu besar atau kekecilan.

2.Mengisi Baterai 30% – 80%

Mengisi daya pada HP sesuai kebutuhan,  mengisi daya jangan sampai 100 persen supaya baterai smartphone dapat bertahan lama. Baterai lithium ion (Li-on) kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi.

Lapisan Lithium baterai terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai menjadi tidak stabil.

Disarankan mengisi daya smartphone antara 30% – 80% persen agar voltase tetap rendah sehingga baterai smartphone akan lebih awet.

3.Menghindari Baterai sampai habis 0%

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah pengisian baterai saat 0% bisa membuat daya baterai cepat rusak.

Sebabnya tegangan akan menjadi semakin bertambah sehingga baterai jadi tertekan. Baterai ponsel bisa bekerja baik dari kapasitas 30%-80%.

Jadi bisa mengisi baterai saat pada kondisi dibawah 30% dan maksimal 80% supaya tegangan tidak tinggi.

4. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi pada HP kadang bisa terinstal sendiri secara otomatis dan kadang Sobat Pintar tidak sadar sudah menginstalnya, sebaiknya secara rutin setiap minggu atau setiap bulan mengecek aplikasi yang terinstal dan aplikasi yang jarang digunakan supaya tidak membebani penggunaan baterai.

5. Mengatur Power saving mode

Pada aplikasi android menyediakan penghemat daya tahan baterai dengan cara menggunakan fitur power saving mode.

Mode ini akan membantu smartphone membatasi penyerapan energy battery, mulai dari kecerahan layar, wifi, koneksi mobile, sampai lokasi. Dengan menggunakan power saving maka baterai akan bisa diatur dengan baik.

6.Mematikan fitur smart stay dan Gunakan background Gelap

Fitur smart Stay ini jarang diketahui oleh para pengguna HP Android pada umumnya, fitur ini juga menyerap baterai dengan cepat, karena layar smartphone terus menyala sehingga menguras baterai HP sedikit demi sedikit. Sebaiknya menggunakan mode background gelap untuk menjaga supaya panel AMOLED pada layar. 

7. Jangan Menggunakan live wallpaper, Fitur Motion and Gestures

Untuk menghemat baterai HP bisa mengatur beberapa cara dengan menggunakan fitur yang membuat proses akses lebih singkat dan cepat dengan menghindari livewallpaper, fitur motions and gestures, karena fitur – fitur ini akan menyerap baterai lebih banyak.

Demikianlah infromasi mengenai penyebab dan cara mengatasi baterai HP yang cepat habis. Semoga bermanfaat!

Tag : #baterai hp    #charger    #tips    #teknologi    #gadget    #battery saver   

Baca Juga