Ilustrasi mobil yang dicat ulang.

Beli Mobil Seken? Ini Cara Mendeteksi Bodi Pernah Dicat Ulang

Maraden | Otomotif | 13-11-2021

PARBOABOA – Menjelang akhir tahun, banyak orang yang ingin membeli mobil sebagai alat transportasi saat liburan panjang nanti. Namun bagi sebagian kalangan, membeli mobil bekas adalah alterntif yang menjadi pilihan. Namun seringkali calon pembeli kesulitan membedakan mobil bekas dengan kondisi cat asli atau sudah pernah dilakukan pengecatan ulang atau repaint.

Alasan sebagian orang memutuskan untuk mengecat kembali mobilnya diantaranya untuk menghilangkan bekas baret, penyok atau bekas tabrakan. Segaian orang juga mengecat ulang mobilnya hanya karena merasa bosan dengan warna lama.

Saat mobil yang telah dicat ulang dijual kembali, banyak penjual yang tidak langsung memeberitahukan kepada calon pembeli mengenai kondisi mobil yang sudah dicat ulang. Itu makanya calon pembeli mobil bekas harus cerdas dalam membedakan mobil dengan cat origial atau sudah di repaint.

Agar tidak salah membeli mobil bekas, calon pembeli harus bisa memperhatikan semua bagian mobil tersebut secara cermat, termasuk bagian catnya. Berikut cara membedakan mobil cat original dengan yang sudah cat ulang.

1. Lihat Usia mobilnya

Dengan melihat umur mobil tersebut dapat mengetahui kondisi cat yang wajar pada mobil. Mobil yang sudah berumur biasanya catnya tidak akan sekinclong mobil baru. Jika cat mobil terlihat sangat kinclong namun usia mobil sudah termasuk tua, artinya kita patut curiga. Karena bisa jadi itu telah dicat ulang.

2. Perhatikan tekstur Cat

Jika diperhatikan secara seksama tekstur cat mobil ori terlihat seperti kulit jeruk yang teksturnya lebih teratur dan terlihat kencang mengkilap, meskipun ada bagian yang  kusam akibat tertutup jamur atau bercak water spot.

Ini jelas sangat berbeda bila mobil sudah pernah repair ulang dimana cat cenderung lebih pucat dan bila dilihat dari dekat secara teliti ada partikel debu kecil yang menempel pada permukaan clear coat. Pada mobil hasil repaint, tekstur kulit jeruknya cenderung lebih kasar bahkan terlihat besar besar meski sudah dipoles sekalipun.

3. Pantulan pada bodi mobil

Cat mobil yang asli pastinya lebih kuat dibanding dengan pengecetan ulang. Meskipun hasil akhir dari cat ulang terlihat sama, tetapi cat mobil ulang pasti akan lebih cepat sekali pudar terutama jika terkena sinar matahari. Perbedaan yang paling signifikan pada cat pada mobil yang di repaint dapat terlihat saat kita bercermin pada bodi mobil. Jika cat original maka bayangan akan terlihat lebih jelas seperti pantulan cermin, tetap jika sudah repaint pasti bayangan kita akan blur.

4. Bagian cat di dalam dan di luar

Kita harus fokus dan benar-benar memperhatikan cat mobil kamu untuk bagian dalam dan bagian luar. Cara ini dapat membedakan mobil sudah pernah di cat ulang atau masih menggunakan cat orisinal. Karena pasti terdapat warna cat yang belang dan biasanya di bagian pilar mobil bagian dalam, dan jika berbeda dengan bagian luar, maka bisa disimpulkan mobil kamu sudah pernah melakukan pengecatan ulang.

5. Terdapat Garis pembatas Caat

Pada mobil yang pernah dicat ulang terkadang masih terlihat sambungan cat yang jelas terlihat bila diperhatikan dari sisi samping. Meski sudah disamarkan dengan proses amplas dan kompon akan tetap terlihat bila kita jeli mengamatinya.

Untuk lebih mudah kita bisa lihat apakah ada beberapa komponen atau park yang terkena percikan cat, misal pada handle pintu atau lis kaca atau lampu. Beberapa perbedaan tersebut dapat telrihat dengan baik saat siang hari di tempat teduh dalam ruang terbuka. Kita cukup mengamati dari sisi samping dengan jarak yang dekat, bila diliat dari depan berhadapan akan sulit terlihat. Sesekali kita amati dari jarak agak jauh paling tidak 3-5 meter untuk melihat belang tidaknya cat.

Tag : cat ulang mobil, membedakan mobil repaint, tips memilih mobil bekas, otomotif

Berita Terkait