Ilustrasi

6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10

Wanovy | Teknologi | 09-08-2022

PARBOABOA - Mempercepat Windows 10 perlu dilakukan lantaran seiring berjalannya waktu, kinerja laptop atau PC kerap dirasa menurun.

Mengutip Techradar.com, itu terjadi karena terjadi 'kerusakan' baik itu soal software maupun hardware-nya.

Akan tetapi, penurunan performa itu tak langsung mengarah pada kerusakan dua elemen tersebut. Artinya, bisa jadi karena OS-nya yang bermasalah.

Microsoft sebagai dikutip dari situs web resminya, memberikan solusi untuk mengembalikan performa Windows 10 di laptop atau PC sekaligus tindakan perawatan agar terhindar dari kerusakan.

Nah, berikut beberapa cara mempercepat kinerja laptop Windows 10 yang bisa Anda coba:

1. Mengurangi Efek Visual

Seperti yang kita tahu kalau sistem operasi Windows terkenal akan dengan visualnya yang keren. Transisi yang dihadirkan pada saat membuka dan menutup tab begitu memanjakan mata.

Sayangnya, dibalik itu semua visual efek dapat menjadikan kinerja Windows 10 laptop Anda semakin berat.

Oleh karena bagi kalian yang menggunakan perangkat laptop atau komputer dengan spesifikasi rendah hingga standar, sebaiknya mematikan fitur ini.

Dengan menonaktifkan fitur ini, dijamin performa Windows 10 akan semakin cepat. Hanya tampilan Windows tidak akan se-smooth sebelumnya.

- Buka Control Panel terlebih dahulu.

- Ubah View By menjadi Small Icons. Lalu pilih menu System.

- Jika sudah masuk di halaman System. Pilih Advanced system settings.

- Nantinya akan dibawah ke halaman System Properties.

- Pada tab Advanced, silahkan klik Settings.

- Kemudian akan tampil jendela baru. Pilih Adjust for best performance. Lalu klik Apply dan OK. Selesai.

2. Matikan Transparency

Secara bawaan Windows 10 akan mengaktifkan fitur transparency effects, sehingga menampilkan efek transparan di beberapa bagian seperti setting, taskbar sampai dengan start menu. Sehingga membuat penampilannya terlihat lebih menarik.

Hanya saja fitur ini, tidak berbeda jauh dengan fitur visual efek yang membuat kinerja Windows 10 pada perangkat Anda semakin berat, karena memakan banyak resource.

Ini terutama untuk laptop atau komputer yang spesifikasinya rendah dan standar. Berikut cara mempercepat laptop Window 10 dengan menonaktifkan fitur ini:

- Buka Pengaturan di Windows 10.

- Buka Personalization dan pilih Colors.

- Di bagian Transparency effects, klik toggle menjadi Off. Selesai.

3. Matikan Startup Apps

Startup Apps merupakan sebuah program yang secara otomatis dijalankan pada saat perangkat sedang melakukan booting. Oleh karena itu, dapat dipastikan jika kinerja Windows 10 akan semakin melambat.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menonaktifkan program Startup Apps yang tidak butuhkan. Untuk langkah-langkahnya, ada di bawah ini:

- Pertama buka Pengaturan di Windows 10 terlebih dahulu.

- Jika sudah terbuka, klik Apps dan pilih Startup.

- Kemudian klik Toggle lainnya sampai berubah menjadi off untuk menghapus program yang dipilih dari Startup. Selesai.

- Supaya tidak terjadi kendala ketika system Windows. Anda harus mematikan program yang dengan keterangan Not measured atau Low impact, No impact.

4. Hapus Aplikasi

Pada saat pertama memakai Windows 10, mungkin Anda hanya bisa melihat beberapa aplikasi saja.

Namun setelah selang beberapa saat, akan ada tambahan aplikasi. Terkadang aplikasi yang Anda install hanya dibutuhkan beberapa saat.

Perlu Anda tahu, jika aplikasi tersebut dapat menjadikan kinerja Windows 10 lambat. Pasalnya hardisk sudah semakin penuh.

Untuk itulah Anda harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai supaya performanya kembali cepat. Berikut cara mempercepat laptop Windows 10 dengan mudah:

- Pertama buka Control Panel terlebih dahulu.

- Kemudian ubah View By menjadi Small icons. Lalu pilih Program and Features.

- Cari program yang tidak dipakai. Jika sudah klik kanan lalu pilih Uninstall. Selesai.

5. Hapus Temporary File

Masih berkaitan dengan ruang penyimpan atau disk Windows. Jadi kalau disk Anda menyimpan file Windows yang sudah penuh, maka bisa membuat kinerjanya akan semakin melambat, bahkan dapat membuat perangkat menjadi lemot.

Pada Windows sendiri terkadang ada file tidak terpakai yang sebenarnya dapat Anda hapus.

Untuknya Microsoft telah menyediakan fitur khusus untuk menghapus file tersebut yakni bernama Disk Cleanup.

Dengan Anda menghapus file tersebut maka bisa melonggarkan ruang penyimpanan, sehingga kinerja Windows 10 kembali bisa meningkat dan lancar. Berikut caranya:

- Buka pencarian pada Windows, kemudian ketikkan Disk Cleanup.

- Nantinya akan muncul gambar, silahkan pilih C lalu klik Ok.

- Setelah tampil jendela, pilih Cleanup file system.

- Kemudian pilih C lalu tunggu prosesnya.

- Pada halaman berikutnya, centang semua pilihan lalu klik Ok.

- Setelah proses tersebut, Anda akan kembali melihat jendela. Silahkan klik Delete files dan tunggu prosesnya sampai selesai.

6. Optimasi hard disk

Selain dibersihkan, blok-blok memori di penyimpanan juga tentu saja perlu dioptimasi (optimize) atau ditata ulang (defragment) supaya bisa membaca dan menyimpan file dengan mulus.

Proses ini dapat dilakukan melalui fitur "Defragment and Optimize Drives". Untuk mengoptimasi hard disk, Anda bisa mengetikkan keyword "defragment" di menu Start dan klik Enter.

Lalu, pilih hard disk mana yang akan dioptimasi dan klik tombol "Optimize". Tunggu sampai proses defragmentation selesai. Sama seperti disk cleanup, Anda bisa melakukan proses ini secara berkala.

Batasi program ketika komputer booting Ketika komputer dinyalakan (booting), Windows 10 sejatinya akan menjalankan sejumlah aplikasi secara otomatis.

Deretan aplikasi tersebut bisa berupa program bawaan dari OS itu sendiri, atau aplikasi yang dipasang oleh masing-masing pengguna.

Jika aplikasi yang berjalan secara otomatis itu jumlahnya banyak, maka proses booting akan memakan waktu.

Anda bisa menonaktifkan beragam aplikasi tersebut lewat fitur "Task Manager" yang bisa diakses dengan melakukan klik kanan pada taskbar.

Kemudian, pilih tab "Startup", pilih program yang sekiranya tidak begitu penting, klik kanan pada program tersebut, dan pilih menu "Disable".

Demikianlah informasi mengenai cara mempercepat Windows 10 yang bisa Anda coba terapkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #windows 10    #kinerja laptop    #tips    #teknologi    #laptop    #booting   

Baca Juga