Ilustrasi Grafik Excel (Foto : CNN Indonesia)

Begini Cara Membuat Grafik di Excel!

Mei | Pendidikan | 26-09-2022

PARBOABOA - Di zaman sekarang ini, siapa sih yang tak kenal dengan Excel? Pada dasarnya, Excel atau yang lebih akrab disebut dengan Microsoft Excel merupakan program aplikasi sejenis software yang banyak digunakan oleh masyarakat, mulai dari golongan pekerja kantoran, bidang akuntansi/keuangan, hingga para pelajar.

Adapun fungsi utama program Microsoft Excel adalah untuk mengola data berbentuk angka yang jumlahnya sangat banyak.

Namun tak hanya sampai disitu saja, setelah melakukan peng-upgradetan, kini kamu juga dapat memanfaatkan Excel untuk membuat grafik.

Jadi sudah tahu belum cara membuat grafik di Excel? Jika belum tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Parboaboa akan membahasnya. Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Jenis-jenis Grafik Pada Microsoft Excel

  • Colomn, yakni sebuah grafik yang berbentuk diagram batang yang arahnya keatas, dengan pembagian kategori yakni di sepanjang sumbu horizontal dan nilai(value) di sepanjang sumbu vertikal.
  • Bar Chart, tak jauh beda dengan diagram batang pada umumnya. Hanya saja yang membedakannya adalah arahnya yang menjorok ke samping. Dalam grafik bar, kategori diatur di sepanjang sumbu vertikal dan nilai(value) diatur di sepanjang sumbu horizontal.
  • Pie chart, bentuknya menyerupai diagram lingkaran dan menunjugan data nilai dalam bentuk persetase yang sudah dibagi menjadi beberapa bagian.
  • Line atau grafik garis, bentuknya hampir sama dengan sekumpulan garis yang menampilkan data dari satu masa ke masa pada bagian sumbunya secara merata. Bisanya grafik ini dipakai untuk menampilan data seperti bulan, kuartal, atau tahun.
  • Area, yakni sebuah grafik yang banyak dimanfaatkan untuk menganalisa sekelompok datang pada satu periode ke periode berikutnya.
  • Surface, adalah grafik yang sudah memanfaatkan desain berbentuk 3D ketika kalian hendak menemukan perpaduan yang optimal diantara dua data, seperti yang terdapat pada peta topografi, warna dan pola menunjukkan area yang berada dalam kisaran nilai yang sama.

Cara Membuat grafik di Excel

1. Pilih data

Cara membuat grafik di excel yang pertama adalah dengan memilih terlebih dahulu data apa saja yang akan dimasukkan kedalam grafik nantinya, kemudian jangan lupa untuk mengimputnya kedalam tabel terleboh dahulu.

2. Pilih Insert pada menu bar

Setelah selesai memilih data, maka langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan yakni tinggal memilih insert yang terdapat pada menu bar yang letaknya berada di sebelah kiri bagian atas. Nantinya akan tampil beberapa ikon, kamu tinggal memilih ikon grafik saja. Apabila ingin melihat jenis grafik, tinggal klik “Recommended Charts”.

3. Pilih jenis grafik yang diinginkan

Cara membuah grafik yang berikutnya adalah dengan memilih jenis grafik mana yang hendak digunakan pada menu “Recommended Charts”, dan untuk melihan grafik secara lengankap tingga klik ikon “all charts” saja, yang mana nantinya akan muncul semua jenis grafik yang ada di Excel.

4. Atur posisi grafik ke dalam worksheet

Setelah berhasil menentukan jenis grafik mana yang hendak digunakan, maka selanjutnya kamu tinggal mengatur saja posisi grafik kedalam worksheet kamu.

Jika kamu merasa tabelmu terganggu, maka kamu hanya perlu mengatur posisi dan juga ukurannya. Adapun langkah yang perlu kamu lakukan adalah mengarahkan kursor ke bagian grafik, kemudian klik dan geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafik kamu bisa mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik dan menariknya.

5. Ubah judul grafik

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk membuat grafik di Excel yakni dengan mengubah nama beserta judul yang nantinya akan tertera di grafik yang sudah kamu pilih sebelumnya. Gimana? Sangat mudah, bukan?

Tag : #excel    #rumus excel    #pendidikan    #microsoft excel    #akuntansi    #keuangan    #data    #gfrafik   

Baca Juga