Ilustrasi

Cara Membuat Dua Layar di HP Samsung dengan Mudah

Wanovy | Teknologi | 04-08-2022

PARBOABOA - Cara membuat dua layar di HP Samsung berikut bisa menjadi panduan bagi kamu untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu layar sekaligus.

Melalui fitur ini, pengguna bisa mengoperasikan dua aplikasi dalam satu waktu tanpa harus keluar atau berhenti dari salah satunya.

Fitur 2 layar atau biasa disebut Split Screen di ponsel merek Samsung sebenarnya sudah ada sejak seri Galaxy Note 2 generasi awal dirilis.

Dengan melakukan segala pembaruan, fitur Split Screen bisa dinikmati hingga sekarang di ponsel Samsung dengan sistem antarmuka terbaru, One UI.

Fitur split screen atau multi-tasking memang terasa mudah. Pasalnya, kamu bisa menggunakan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Misalnya, ketika kamu sedang membaca artikel atau membuka media sosial, kamu bisa sambil membuka video baik dari YouTube atau pun galeri kamu secara bersamaan di HP Samsung.

Ada pula fitur yang disebut dengan Picture-in-Picture (PiP) yang memungkinkan kamu untuk menggunakan aplikasi atau memutar video di jendela kecil saat menggunakan sisa layar untuk aplikasi lan.

Perlu diketahui, Picture-in-Picture diperkenalkan dengan Android 8 dan mungkin tidak tersedia pada model atau sistem operasi yang lebih lama.

Simbol Multi Window juga akan muncul saat membuka jendela recent/open apps. Pada model lama, simbol tersebut dapat segera mengubah aplikasi menjadi jendela yang lebih kecil, kemudian dapat diubah ukurannya.

Lalu, sudah tahukah kamu bagaimana langkah-langkah menggunakan fitur 2 layar atau Split Screen di HP Samsung? Simak panduannya berikut ini.

Cara Belah Layar Samsung dengan Fitur Split Screen

1. Aktifkan beberapa aplikasi yang kamu ingin gunakan

2. Tekan tombol Recent di bagian bawah layar dengan ikon tiga garis

3. Nantinya akan muncul Recent Apps atau aplikasi yang telah dibuka

4. Selanjutnya, tekan ikon aplikasi yang ingin dipilih

5. Kemudian akan muncul beberapa opsi menu, pilih Open in Split Screen View

6. Selanjutnya layar akan terbagi dua dan kamu diminta untuk memilih aplikasi lainnya

7. Setelah aplikasi kedua dipilih, maka setiap aplikasi akan memenuhi setengah layar

Setelah dua aplikasi muncul di layar, maka kamu dapat langsung melakukan aktivitas multitasking dengan dua aplikasi tersebut. Hal ini tentunya akan lebih efektif dibandingkan kamu harus membuka satu per satu aplikasi.

Sayangnya tidak semua aplikasi mendukung fitur Split Screen. Misalnya seperti Instagram akan langsung memunculkan notifikasi App does not support Split Screen atau aplikasi tidak mendukung Belah Layar ketika dipilih.

Sementara biasanya aplikasi yang telah mendukung fitur ini akan memunculkan menu Open in Split Screen View untuk dipilih di halaman Recent Apps.

Bagi saya sendiri, fitur Split Screen terasa berguna ketika sedang melakukan multitasking seperti melihat bahan dan menulis artikel secara bersamaan.

Bahkan terkadang saya pun menonton video menarik dari YouTube dan didiskusikan dengan teman melalui aplikasi WhatsApp.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat dua layar di HP Samsung yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #split screen    #samsung    #tips    #teknologi    #layar belah   

Baca Juga