Ilustrasi cara membersihkan layar laptop dengan baik dan benar

Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Baik dan Benar

Wanovy | Teknologi | 11-01-2022

Selain membersihkan keyboard laptop, layar juga merupakan salah satu bagian dari laptop yang harus rajin dibersihkan.

Tapi, berbeda dengan keyboard laptop yang lebih mudah dibersihkan, membersihkan layar laptop pada dasarnya sedikit lebih tricky dan juga harus berhati-hati. Salah sedikit, hal tersebut bisa menyebabkan korsleting.

Layar laptop menjadi komponen hardware utama yang berpotensi miliki masalah serius. Mulai dari layar yang berdebu, berminyak, bahkan bisa jadi berjamur.

Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut menimpa laptop kesayangan Anda bukan? Maka dari itu, mulailah lebih perhatian pada laptop yang Anda miliki.

Di artikel ini, Anda akan diberi tahu tata cara membersihkan layar laptop dengan baik dan benar. Penasaran bagaimana? Yuk, simak informasi dibawah ini.

Cara membersihkan layar laptop

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara membersihkan layar laptop dengan baik dan benar.

1. Matikan Layar Monitor

Pertama-tama, jika Anda melihat noda atau kotoran di layar monitor, matikan laptop atau komputer terlebih dahulu. Membersihkan layar dalam keadaan hidup bisa berisiko rusak atau korsleting.

2. Usap Layar Menggunakan Kain Microfiber

Jika masalah yang dialami adalah layar laptop yang berdebu, cukup lakukan hal sederhana ini. Kain microfiber adalah kain sintetis yang terbuat dari material jenis polyester dan polyamide. Sehingga kain ini akan berfungsi dengan baik karena teksturnya sangat lembut.

Jangan asal mengelap! Bersihkan debu di layar dengan perlahan dan tidak menekannya. Karena jika terlalu ditekan, bisa menyebabkan pixel layar laptop rusak.

3. Gunakan kain lembut

Selain memperhatikan tekanan dalam mengelap kaca, pastikan juga Anda menggunakan kain yang berbahan lembut untuk membersihkan layar tersebut untuk menghindari bekas goresan dari bahan kain tersebut yang terlalu kasar.

Menggunakan kain mikrofiber dan kain berbahan katun adalah jenis kain yang sangat direkomendasikan untuk menjadi pembersih layar laptop.

4. Gunakan air sudah disaring atau suling

Cara membersihkan layar laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air yang sudah disaring atau suling saat membersihkan layar laptop LED dan LCD.

Air suling adalah air yang telah bebas dari kontaminasi bahan kimia yang membuat layar rusak. Untuk layar yang sudah dilapisi kaca, Anda bisa mencampurkan air suling dengan larutan alkohol 70 persen

5. Biarkan layar kering secara alami

Menggunakan hairdryer memang bisa membuat layar laptopmu menjadi cepat kering. Namun, menggunakan hairdryer atau pembantu pengering lainnya dapat menyebabkan kerusakan komponen internal akibat suhu panas terhadap laptop tersebut. Jadi, lebih baik bersabarlah menunggu layar tersebut kering secara alami

Perlu dicatat, cara membersihkan layar laptop diatas juga bisa Anda terapkan di laptop touchscreen.

Untuk menjaga kebersihan laptop Anda juga bisa membersihkan layar laptop secara berkala. Misalnya saja dengan menjadwalkannya setiap satu minggu sekali mungkin setiap hari Senin untuk mengawali minggu baru.

Demikianlah cara membersihkan layar laptop dengan baik dan benar yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #laptop    #layar laptop   

Baca Juga