Ilustrasi jok mobil (Dok: otoklix.com)

Simak! Begini Cara Membedakan Jok Mobil Berbahan Kulit Asli dengan Sintetis

Dimas | Otomotif | 06-07-2022

PARBOABOA – Memodifikasi interior mobil kesayangan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengganti cover jok berbahan kulit asli ataupun sintetis.

Namun sebelum menggantinya, para pemilik mobil tentunya harus memiliki pengetahuan terlebih dahulu terkait karakteristik jok. Pasalnya, kedua jenis jok memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Selain itu, pengetahuan tersebut juga berguna untuk meminimalisir potensi kecurangan dari bengkel saat melakukan pergantian.

Cara Membedakan Jok Kulit Asli dengan Sintetis

Ahmad selaku pemilik Emirate Car Interior mengungkapkan, cara membedakan jok kulit asli dengan sintetis tidaklah sulit.

“Kulit asli dan kulit sintetis pasti memiliki perbedaan. Ada beberapa hal yang sangat mudah diamati dan dibedakan jika kita sedikit jeli.” tutur Ahmad melalui keterangan tertulis, Rabu (6/7).

Ahmad mengatakan, hal pertama yang bisa dilakukan untuk membedakan jok kulit asli dengan sintetis adalah dari aroma atau wangi yang dikeluarkan. Kulit asli memiliki wangi yang lebih amis. Sedangkan bahan sintetis, akan mengeluarkan aroma karet atau bahan campuran lainnya.

Kemudian, tekstur kulit asli juga lebih kasar dengan pori-pori yang besar, jika dibandingkan dengan kulit sintetis saat dirasakan langsung. Itulah mengapa, ujar Ahmad, jok kulit asli memiliki grip yang lebih baik ketika diduduki dan akan lebih cepat dalam menyerap keringat.

Di sisi lain, Hardy selaku pemilik rumah modifikasi juga mengungkapkan bahwa cara membedakan jok kulit asli dengan sintetis sangatlah mudah. Jok kulit asli jika ditekan akan terdapat keriput pada jok, sedangkan sintetis tidak akan ada kerutan sama sekali.

Cara selanjutnya, dikatakan Hardy, adalah dengan membakar bahan jok yang akan dipasang. Kulit sintetis jika dibakar umumnya akan menyala dan merambat dengan cepat. Sementara kulit asli tidak mudah menyala walau dibakar. Kalaupun terbakar api akan lebih cepat mati dan mengeluarkan aroma seperti bau kulit terbakar.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara membedakan jok berbahan kulit asli dengan sintetis. Jika ingin memodifikasi jok mobil kesayangan Anda, silahkan coba cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Semoga membantu!

Tag : #mobil    #jok mobil    #otomotif    #jok kulit    #jok sintetis    #modifikasi mobil   

Baca Juga