Cara mematikan iPhone XR, foto: How to Geek

Cara Mematikan HP iPhone XR Tanpa Tombol Power

Wanovy | Teknologi | 29-07-2022

PARBOABOA - Cara mematikan iPhone XR merupakan salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui agar dapat mengoperasikan iPhone XR dengan baik.

Penggunaan smartphone sebagai alat komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat lumrah kita jumpai di berbagai lapisan masyarakat.

Hal ini dikarenakan smartphone telah dilengkapi berbagai fitur pendukung yang bermanfaat untuk berbagai kebutuhan, mulai dari komunikasi hingga hiburan.

Meski iPhone XR sudah tertinggal dari generasi penerusnya, tetap saja iPhone ini masih diminati dan banyak pengguna yang tetap setiap menggunakan iPhone XR.

Berikut ini adalah cara mematikan iPhone XR tanpa tombol power dan lainnya.

Cara Mematikan iPhone XR secara Mudah

Cara untuk mematikan iPhone XR cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan ataupun kondisi ponsel tersebut.

Berbeda dengan seri iPhone sebelumnya, tipe iPhone XR ini tidak memiliki tombol khusus untuk mematikan smartphone.

Maka dari itu, banyak pengguna iPhone XR yang masih belum terbiasa untuk mematikan smartphone ini.

Solusinya, kamu dapat menggunakan beberapa cara mematikan iPhone XR error berikut ini:

1. Tombol Kombinasi

Cara mematikan iPhone Xr pertama yang bisa dilakukan yang didesain tanpa home button cukuplah mudah.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan tombol samping yang terdapat di samping kanan dan kiri iPhone XR. Caranya yaitu dengan menekan tombol On/Off dan tombol volume baik naik atau turun.

Pada saat menekan tombol On/Off dan tombol naik atau turun ini harus dilakukan secara bersamaan hingga penggeser daya mati muncul.

Jika penggeser daya tersebut sudah muncul maka langkah selanjutnya adalah dengan menggeser tombol ke arah kanan.

2. Shut Down

Cara mematikan iPhone Xr yang kedua adalah dengan memanfaatkan penggunaan tombol shut down.

Shut down ini bisa ditemukan dengan membuka menu pengaturan atau setting yang terdapat pada iPhone XR.

Setelah itu, bisa langsung pilih menu general dan scroll hingga bagian bawah untuk menemukan shut down.

Jika menu shut down sudah ditemukan maka langkah selanjutnya adalah geser tombol shut down ke arah kanan dan tunggu beberapa saat maka iPhone XR akan mati dengan sendirinya.

3. Assistive Touch

Cara mematikan iPhone Xr lain yang bisa dimanfaatkan untuk mematikan iPhone XR adalah dengan memanfaatkan penggunaan Assistive Touch.

Untuk bisa menggunakan cara ini langkah yang harus dilakukan adalah membuka menu pengaturan dan memilih menu accessibility. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan memilih menu assistive touch untuk mengaktifkannya.

Jika menu assistive touch sudah aktif maka dapat dilanjutkan dengan melakukan pengaturan terhadap menu yang bisa muncul di tombol assistive touch.

Menu yang harus dimasukan adalah device. Menu ini dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mematikan iPhone XR secara mudah dan praktis.

Langkah yang harus dilakukan adalah kembali ke halaman awal tekan tombol assistive touch berwarna hitam yang muncul di layar.

Setelah itu, pilih menu device dan lanjutkan dengan memilih menu more. Dalam tahap ini kamu akan mendapatkan pilihan restart atau shut down.

Karena tujuan awal untuk mematikan ponsel, jadi langsung pilih menu shut down dan lakukan cara yang sama dengan sebelumnya yaitu menggeser tombol dengan lambang shut down ke arah kanan.

Cara mematikan iPhone Xr ini bisa diterapkan baik pada iPhone yang sedang mengalami frozen ataupun pada iPhone XR yang nggak mengalami masalah apapun.

4. Forced Shut Down

Cara mematikan iPhone XR ini dapat diterapkan pada iPhone XR yang mengalami kondisi blank atau frozen.

Cara yang bisa dilakukan adalah menekan tombol volume naik dan melepaskannya secara cepat lalu dilanjutkan dengan menekan tombol turun dan melepaskannya secara cepat.

Selanjutnya tekan tombol samping atau yang dikenal dengan tombol on/off  dan menahannya selama kurang lebih 5 hingga 10 detik.

Lakukan cara ini hingga muncul tombol penggeser daya hilang atau hingga iPhone XR benar-benar mati. Jika layar sudah tidak lagi menyala, kamu bisa melepas semua tombol secara perlahan.

Cara forced shutdown pada iPhone XR ini disarankan untuk digunakan jika kondisi iPhone XR sudah benar-benar nggak bisa dimatikan dengan beberapa cara sebelumnya yang telah disebutkan.

Jadi pastikan menggunakan cara ini sebagai pilihan terakhir untuk mematikan iPhone XR yang mengalami masalah atau frozen.

Nah, itulah tadi beberapa cara mematikan iPhone Xr tanpa tombol power yang bisa kamu coba terapkan. Semoga membantu!

Tag : #iphone xr    #apple    #tips    #teknologi    #iphone    #restart iphone    #ios   

Baca Juga