Cara meluruskan rambut secara alami (Dok: Republik SEO)

Wajib Tahu! Ini Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Juni | Kesehatan | 09-05-2022

PARBOABOA. Pematangsiantar - Tren rambut lurus memang selalu digandrungi mayoritas kaum hawa, terutama bagi mereka yang berambut keriting atau gelombang. Tak heran, banyak wanita yang mencari tahu cara meluruskan rambut secara alami.

Biasanya, mereka yang berambut keriting sering meluruskan rambut dengan metode smoothing atau rebonding. Namun, proses ini harus dibarengi dengan perawatan ekstra agar rambut tidak rusak

Lalu, sebenarnya bagaimana cara meluruskan rambut secara alami?

Jika anda ingin meluruskan rambut, tidak ada salahnya untuk mencoba memakai bahan alami dalam proses perawatan.

Dilansir dari berbagai sumber yang telah Parboaboa himpun, berikut cara meluruskan rambut yang bergelombang secara alami.

1. Susu dan Madu

Kandungan protein pada susu bermanfaat dalam menambah kekuatan rambut. Susu juga mengandung lemak yang dapat membantu menghaluskan serta melembutkan rambut. Disamping itu, madu berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat menambah kilau pada rambut.

Untuk penggunaannya, kamu dapat mencampurkan satu sendok madu dengan susu lalu dimasukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, kamu dapat menyemprot rambut dengan larutan tersebut setelah keramas. Lalu, biarkan selama dua menit agar meresap ke dalam rambut dan bilas lah menggunakan air biasa.

2. Pisang

Cara meluruskan rambut keriting secara alami yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan pisang. Vitamin B dan potassium yang terdapat pada buah pisang dapat dipakai untuk menutrisi kulit kepala.

Untuk penggunaannya, buah pisang terlebih dahulu dihaluskan dan dicampur dengan minyak zaitun. Campuran tersebut kemudian dioleskan pada rambut. Sebaiknya gunakan campuran pisang dan minyak zaitun secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Santan Kelapa

Cara meluruskan rambut yang bergelombang secara alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan santan kelapa. Santan kelapa sangat bermanfaat untuk menutrisi dan melembutkan rambut. Kandungan gizi pada santan kelapa dapat menyeimbangkan kondisi serta menyehatkan kulit kepala.

Santan kelapa dapat dicampur dengan jeruk lemon atau perasan jeruk nipis, kemudian dimasukkan ke dalam pendingin. Tunggu sesaat sampai larutan berubah menjadi agak mengental, kemudian oleskan ke bagian kulit kepala dan rambut. Diamkan beberapa saat, lalu pijat kulit kepala secara lembut. Setelah itu, tunggu selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Lidah Buaya

Cara melurusakan rambut secara alami dengan lidah buaya telah dilakukan sejak dulu. Diketahui bahwa, tanaman lidah buaya memiliki khasiat yang baik untuk rambut. Bagian daging lidah buaya, yang mirip seperti gel dapat dioleskan pada rambut keriting atau ikal yang ingin diluruskan. Cara meluruskan rambut secara alami dengan lidah buaya ini bisa jadi solusi terbaik jika ingin membuat rambut keriting jadi lurus.

Nah, itulah ulasan tentang cara meluruskan rambut secara alami. Penggunaan bahan-bahan alami tersebut dapat dicoba dirumah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tag : #rambut    #perawatan rambut    #kesehatan    #rambut lurus    #rambut bergelombang    #lurus alami   

Baca Juga