Ilustrasi cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus

Gampang Banget, Ini Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus

Wanovy | Teknologi | 27-01-2022

PARBOABOA - Instagram memiliki banyak fitur menarik yang bisa dinikmati para penggunanya. Salah satu fitur yang memungkinkan para penggunanya bertukar pesan adalah Direct Message (DM). Namun, apakah kamu tahu ada cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus?

Seperti kita tahu, Instagram adalah salah satu platform jejaring sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Jutaan pesan, foto, dan story dikirim di Instagram setiap hari oleh jutaan pengguna.

Buat yang sering menggunakan Instagram pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata DM. DM atau Direct Message merupakan fitur chatting atau mengirim pesan yang bisa digunakan oleh user untuk berbicara atau mengirimkan pesan mau itu berupa foto, video atau stories.

Mungkin karena suatu hal kamu tidak sengaja menghapus chat DM Instagram dan langsung berusaha mencari cara untuk mengembalikan chat tersebut. Apalagi didalam DM tersebut ada hal yang penting.

Tenang, artikel kali ini akan memberitahu cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus. Simak sampai selesai ya!

Cara mengembalikan DM Instagram yang terhapus

Kalau kita membaca halaman pusat bantuan Instagram, memang diterangkan bahwa setiap pesan pada DM Instagram yang sudah dihapus tidak akan bisa diakses atau dibaca oleh penerima lagi. Padahal, ada loh beberapa cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus, tenang aja, ya. Berikut kami rangkum beberapa langkah yang bisa kamu coba.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat DM Instagram yang sudah dihapus. Kedua cara itu di antaranya adalah melalui metode mengunduh data akun Instagram dan melalui bantuan Facebook yang terhubung.

1. Melalui data Instagram

Jika kamu menghapus pesan melalui Android atau iPhone, maka pesan tersebut tak akan tersedia lagi di aplikasi, tapi masih bisa ditemukan di server. Berikut cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus melalui Instagram:

Untuk memulihkannya, kamu bisa memintanya melalui data akun Instagram terlebih dahulu. Berikut caranya, mengutip Gadgets Now:

- Akses Instagram melalui situs web dan buka akun kamu.

- Klik ikon Profile/Profil, dan lanjutkan dengan klik Settings/Pengaturan.

- Pilih opsi Security/Keamanan dan ketuk opsi Download Data/Unduh Data di dalam bagian 'Data and History'.

- Masukkan alamat surel yang terdaftar, dan klik Request Download.

- Segera setelahnya, Instagram akan mulai membuat file akun kamu yang akan dikirimkan melalui email. Sebagai informasi, data umumnya akan diunduh dalam bentuk ZIP.

Untuk melihat data, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi. Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi yang dipakai untuk membuka, membaca, dan mengedit file Json.

Perlu kamu ketahui, setiap data pengguna yang dikirimkan maupun diterima dari aplikasi biasanya tersimpan dalam bentuk file Json.

Berikut cara membuka datanya:

- Pasang aplikasi Json Genie (Editor) di Android atau Json Pro Free di iPhone.

- Buka aplikasi tersebut dan temukan folder data Instagram.

- Di dalamnya, temukan file 'messages.json'.

- Pesan-pesan lama di Instagram bisa dilihat kembali.

2. Terhubung ke Facebook

Kamu juga dapat menggunakan bantuan dari Facebook untuk mendapatkan beberapa pesan penting yang terhapus. Namun, hubungkan akun Facebook ke Instagram terlebih dahulu untuk menggunakan metode ini.

Berikut caranya:

- Akses laman Facebook lewat browser, jangan gunakan aplikasi.

- Masuk ke dalam akun Facebook yang terhubung dengan akun Instagram kamu.

- Buka Kotak Masuk atau Inbox Facebook.

- Pindahkan kursor ke panel kiri dan klik ikon Instagram Direct.

- Di sana, kamu dapat menemukan semua pesan langsung Instagram.

Bagaimana setelah membaca cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus di atas? Kamu tentu sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk mengetahui DM Instagram yang dihapus pengirim, bukan? Semoga membantu!

Tag : #tips    #Instagram    #dm    #facebook   

Baca Juga