Ilustrasi cara jualan di Shopee

Mudah! Ini Cara Membuat Toko dan Jualan di Shopee Bagi Pemula

Wanovy | Teknologi | 22-01-2022

PARBOABOA - Sekarang ini banyak e-commerce untuk jual beli, salah satunya Shopee. Pengguna bisa menjual produk dengan membuka toko di Shopee. Cara jualan di Shopee juga cukup mudah bisa dilakukan di Smartphone.

Marketplace yang memiliki ciri khas warna oranye ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Itu artinya orang yang menggunakan akun Shopee sangatlah banyak, sehingga peluang cuannya juga besar.

Salah satu cara promosi yang paling menarik dari Shopee yaitu menggandeng penyanyi dari dalam dan luar negeri untuk mengadakan konser. Konser tersebut disiarkan di stasiun televisi nasional.

Tak heran jika saat ini masyarakat Indonesia lebih akrab dan senang berbelanja di marketplace yang satu ini. Bahkan banyak juga yang menjadi seller Shopee sebagai usaha sampingan.

Ketenaran Shopee sebaiknya kamu manfaatkan untuk mendatangkan keuntungan pribadi. Di bawah ini terdapat panduan cara jualan di Shopee yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk berbisnis.

Karena itu, tentunya dengan berjualan di Shopee kamu memiliki kesempatan untuk menjangkau banyak pembeli yang merupakan pengguna aktif di platform marketplace tersebut.

Untuk kamu yang ingin berjualan atau menjadi seller di Shopee, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Selengkapnya, simak cara jualan di Shopee bagi pemula berikut ini.

Cara jualan di Shopee bagi pemula lewat smartphone

Sebelum berjualan, terlebih dahulu kamu harus mendaftarkan tokomu di Shopee. Berikut caranya:

1. Bukan aplikasi Shopee di ponselmu, klik ke profil, tekan "Pilih Saya" kemudian klik "Daftar".

2. Masukkan nomor hp, kemudian verifikasi nomor hp dan email. Verifikasi wajib dilakukan supaya pembeli bisa menemukan produk yang diunggah penjual.

3. Ubah nama pengguna/username akun Shopee. Selain itu kamu juga bisa melihat video pendek di akun Shopee untuk proses pendaftaran.

4. Setelah selesai mengubah nama toko, lengkap data profil

5. Kemudian unggah foto produk, atribut, deskripsi, dan jasa kirim produk. Pakai jasa kirim produk yang tersedia di daerah penjual.

6. Pastikan barang yang dijual tidak berbahaya atau dilarang oleh Shopee. Biasanya, akan muncul pemberitahuan produk yang diseleksi oleh Shopee.

7. Buat toko Shopee semenarik mungkin. Pengguna bisa mengubah logo, banner, dan nama toko yang menarik untuk diunggah.

Tips Jualan di Shopee agar laris

Setelah paham cara jualan di Shopee di smartphone, penting juga untukmu memahami tips jualan di Shopee agar laris. Berikut beberapa tips jualan di Shopee agar laris dengan cepat:

1. Berikan harga yang kompetitif

Sebelum berjualan, pastikan harga produk yang kamu tawarkan sudah kompetitif dan bisa bersaing dengan produk lainnya.

2. Perbanyak variasi produk

Tips jualan di Shoppee agar laris yang berikutnya adalah memperbanyak variasi produk berupa ukuran yang lengkap dan tawarkan berbagai macam warna. Semakin banyak variasi produk, maka akan lebih banyak kesempatan bagi para Pembeli untuk membeli produk di toko kamu.

3. Naikkan Produk

Selalu gunakan fitur Naikkan Produk di Shopee. Fitur ini bisa diaktifkan hingga 5 produk setiap 4 jam sekali. Semakin sering menggunakan fitur ini, produk kamu semakin sering dilihat oleh Pembeli. Produk kamu juga memiliki kemungkinan besar untuk muncul di hasil pencarian teratas. Namun, fitur ini tidak dapat digunakan apabila jumlah produk yang dinaikkan sudah mencapai batas maksimal atau apabila produk masih dalam proses pemeriksaan oleh Shopee.

4. Buat Voucher Toko

Dengan memberikan promosi menarik juga merupakan salah satu tips jualan di Shopee agar laris. Untuk meningkatkan keinginan pembeli belanja produk di toko, kamu bisa mengaktifkannya melalui fitur Voucher Toko Saya di Seller Centre bagian Promosi Saya. Setelah Buat Voucher Baru, pilih jenis voucher, dan isi semua informasi di kolom Informasi Voucher, klik Simpan.

5. Sebarkan di media sosial

Kamu juga bisa melakukan promosi melalui messaging apps seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lain-lain. Berikan deskripsi lengkap tentang produk yang kamu jual, seperti bahan, ukuran, harga, dan nilai tersendiri dari produk tersebut.

6. Daftar Gratis Ongkir di Shopee

Tips jualan di Shopee agar laris selanjutnya ialah dengan mendaftarkan toko kamu di program Gratis Ongkir melalui aplikasi atau situs Shopee pada halaman Gratis Ongkir. Proses pendaftaran Gratis Ongkir Shopee memerlukan waktu maksimal dua hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap (tidak dihitung hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional).

Cara Jualan di Shopee tanpa stok barang (Dropshipper)

Ingin jualan online khususnya di Shopee tanpa stok barang? Tenang, jaman sekarang semua bisa dilakukan. Ikuti saja langkah-langkah dibawah ini ya.

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang tentunya dicari oleh banyak orang. Karena dengan tanpa stok barang modal yang kita butuhkan relatif sedikit, lebih praktis dan kita tinggal mempromosikan saja di Shopee.

Berikut beberapa cara yang harus kamu ikuti cara jualan di Shopee tanpa stok barang:

1. Jenis produk yang akan dijual

Sebelum memutuskan untuk berjualan, tahap paling penting adalah mencari produk yang akan kamu jual. Ada banyak jenis produk yang ada di Shopee, maka dari itu kamu harus berfikir secara matang, produk apa yang harus dijual dan dapat menguntungkan. Kamu juga bisa memilih produk sesuai dengan segmen pasar atau sesuai kesukaan.

2. Mencari supplier untuk produk

Setelah menentukan barang yang akan dijual, selanjutnya mencari supplier. Sebisa mungkin cari supplier dengan harga paling murah dan kualitas bagus. Karena nantinya kamu akan menaikkan sedikit harga untuk mendapatkan keuntungan.

Setelah mendapatkan supplier terpercaya, bolehlah kamu untuk menjual di Shopee dan daftar sebagai vendor. Namun perlu diketahui bahwa seorang dropshiper, untuk alamat vendor jangan masukkan alamat sendiri, tapi gunakan daerah supplier. Karena akan berpengaruh pada biaya ongkos kirim.

3. Membuat Akun Shopee

Setelah menemukan produk yang akan dijual dan supplier yang terbaik, langkah selanjutnya membuat akun Shopee. Sudah punya akun shopee? Kalau belum punya akun, kamu bisa mengikuti cara yang sudah saya tulis di atas.

4. Aktifkan fitur gratis ongkir

Supaya menarik pelanggan, kamu juga bisa mengaktikan fitur gratis ongkir. Pelanggan juga akan memikirkan harga ongkir pada barang mereka, meskipun ada ketentuan supaya bisa gratis ongkir. Ketentuan ini juga memiliki efek yang sangat besar, bisa jadi pelanggan kamu akan membeli barang dengan jumlah yang lebih banyak sesuai ketentuan yang berlaku.

5. Sesuaikan Data Supplier

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa semua data di isi sesuai dengan akun supplier dengan nama toko dan logo yang berbeda. Termasuk data alamat, saran saya harus sesuai dengan supplier kamu, supaya ongkir yang dibayar sesuai, berbeda dengan menggunakan alamat kita sendiri.

6. Masukkan data BANK

Cara jualan di Shopee selanjutnya ialah masukkan data bank seperti BRI, BCA, MANDIRI dll. Hal ini berfungsi untuk mencairkan uang, ketika barang sudah sampai ke tangan pembeli.

7. Unggah Foto dan Deskripsi

Supaya lebih mudah mengunggah foto dan deskripsi, kamu bisa meniru milik supplier dan ini tidak masalah untuk di tiru. Mengingat ada banyak sekali produk yang sama di toko, apa lagi di Shopee.

Demikianlah informasi seputar cara jualan di Shopee hingga tips jualan di Shopee agar cepat laris yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #shopee    #marketplace    #bisnis online   

Baca Juga