Ilustrasi cara download status WA orang lain tanpa aplikasi tambahan di Android dan iPhone

Cara Download Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Aplikasi Tambahan di Android dan iPhone

Wanovy | Teknologi | 12-01-2022

PARBOABOA - Cara download status WA orang lain tanpa aplikasi tambahan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selengkapnya akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, WhatsApp merupakan aplikasi chatting atau pesan instan yang cukup populer saat ini. Fitur yang lengkap membuat WhatsApp menjadi salah satu layanan bertukar pesan yang memiliki pengguna sangat banyak di dunia.

Salah satu fitur yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna adalah status WhatsApp. Cara kerjanya mirip seperti instagram story, yaitu dapat membagikan aktivitas dalam bentuk teks, gambar, atau video.

Terkadang, kita sering melihat status keren yang diupload teman di WhatsApp. Tak jarang, rasa ingin untuk mendownload status tersebut seketika muncul. Namun, ada saatnya kita sungkan untuk memintanya untuk mengirim.

Jadi, dengan men-download status WhatsApp, maka foto atau video yang dijadikan status tersebut akan tersimpan di HP selamanya. Sehingga, kita bisa melihat status tersebut kapan pun kita mau.

Cara download status WA orang lain bisa dengan mudah dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Cukup menggunakan bawaan dari ponsel Android Anda. Cocok untuk Anda yang menginginkan menyimpan konten dari status WhatsApp.

Namun perlu diketahui, ada yang harus dilakukan sebelum melakukan cara download status WA orang lain tanpa aplikasi ini. Yakni lebih dulu harus melihat atau menonton status WhatsApp yang dipostingkan.

Sebagai informasi, setiap status WA yang Anda tonton atau yang dipostingkan akan tersimpan secara temporari dalam penyimpanan ponsel Android Anda.

Hanya saja tempat penyimpanan temporari dari konten yang ditampilkan status WhatsApp tersebut tidak ditampilkan secara gamblang. Pasalnya, aplikasi chat ini menyembunyikan lokasinya dari pengguna.

Nah, berikut ini cara download status WA orang lain tanpa aplikasi tambahan:

Cara download status WA orang lain tanpa aplikasi tambahan di Android

1. Buka aplikasi WhatsApp dan lihat/tonton status orang lain di kontak Anda.

2. Keluar dari aplikasi WA, kemudian masuk ke “File Manager” atau Files yang ada di daftar menu smartphone Android Anda.

3. Setelah itu ketik ikon titik tiga (biasanya ada di bagian pojok kanan atas) atau klik “Me” (untuk smartphone tertentu).

4. Lalu, klik “Settings” atau Pengaturan. Perlu dicatat, beberapa tipe smartphone memiliki sedikit langkah yang berbeda untuk menemukan fitur Settings tersebut.

5. Kemudian aktifkan “Show hidden file” atau “Dislay hidden directories and files” untuk menampilkan file dan folder yang tersembunyi.

6. Selanjutnya, masuk ke “Internal Storage”. Tahap berikutnya, klik folder WhatsApp > Media > Statuses.

7. Nantinya, di folder Statuses akan muncul seluruh konten dari status orang lain di kontak WA Anda yang sudah dilihat sebelumnya.

8. Tekan yang lama pada konten yang diinginkan dan klik “Copy” atau Salin.

9. Terakhir, “Paste” konten tersebut ke salah satu folder di Internal Storage di smartphone Anda. Di folder “Download” misalnya.

10. Selesai, kini status WA orang lain sudah tersimpan di galeri smartphone Anda.

Cara download status WA di iPhone

Tak hanya untuk pengguna Android, pengguna iPhone juga bisa mengunduh story WA. Ada aplikasi yang dinamakan Status Saver For WhatsApp Save yang ada di App Store.

Tapi kekurangannya, aplikasi tersebut berbayar alias tidak gratis. Namun dalam aplikasi tersebut, ada masa percobaannya selama tiga hari.

Berikut ini cara download status WA di iPhone:

1. Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Status Saver For WhatsApp Save melalui App Store.

2. Buka aplikasinya, dan masuk ke menu “Status Saver”.

3. Anda akan mendapatkan QR code seperti saat menggunakan WhatsApp Web.

4. Proses pemindaian ini membutuhkan dua perangkat, jika Anda hanya mempunyai 1, bisa pinjam ke teman terlebih dahulu.

5. Pilih Share QR Link to any Devide to Scan”, “lalu pilih aplikasi chat favorit teman-teman untuk mengirim ke pernagkat kedua, contohnya dikirim menggunakan WhatsApp ke kontak yang aktif di perangkat kedua

6. Buka link yang terkirim hingga muncul QR code yang siap dipindai (scan).

7. Buka WhatsApp di iOS, masuk ke menu “Settings”, pilih “WhatsApp Web/Desktop”.

8. Pindai QR Code yang ada di perangkat kedua.

9. Jika berhasil, akun akan terdeteksi masuk ke Mac OS melalui WhatsApp web.

10. Kembali ke aplikasi Status Saver For WhatsApp Save dan pilih tombol “Refresh Statuses” untuk menampilkan semua status dari kontak.

11. Jika ingin mengirim atau menyimpan, buka salah satu status dan pilih tombol share yang muncul.

12. Kemudian pilih “save image” untuk menyimpan status ke galeri.

Nah, Itu dia cara download status WA orang lain tanpa aplikasi tambahan yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba!

Tag : #tips    #aplikasi    #whatsapp    #status wa    #download story   

Baca Juga