Cara Downgrade iOS Tanpa Kehilangan Data

Penulis : Wanovy | Teknologi | 11-10-2022

Versi iOS, foto: tomsguide.com

PARBOABOA - Beberapa pengguna iPhone membutuhkan informasi penting mengenai cara downgrade iOS.

Downgrade kadang perlu dilakukan demi mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan iPhone. Saat akan melakukan downgrade, kamu perlu memperhatikan keamanan smartphone.

Melakukan downgrade sebenarnya sama seperti mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik. Downgrade adalah salah satu keunggulan iPhone.

Smartphone Android hanya bisa diupgrade saja dan tidak bisa di downgrade. Lantas, bagaimana cara melakukan downgrade di iPhone.

Pembaruan pada sistem operasi iOS tidak melulu membuat perangkat berjalan lebih mulus, terutama untuk perangkat-perangkat yang sudah dianggap jadul.

Terlebih bagi pengguna yang lebih terbiasa dengan sistem operasi iOS versi sebelumnya, ketimbang yang baru.

Dalam hal ini sebenarnya kamu bisa men-downgrade iOS, namun risikonya kamu akan kehilangan seluruh data di iPhone.

Namun tak perlu khawatir, kamu terlebih dahulu bisa memindahkan data di iPhone ke iCloud sehingga akan menjadi data cadangan.

Jika kamu lebih menyukai menggunakan iOS sebelumnya, berikut cara yang bisa kamu ikuti agar tak kehilangan data.

Syarat downgrade iOS

Perlu diketahui, Apple sejatinya tidak memberikan akses secara bebas ke pengguna supaya bisa melakukan downgrade iOS di iPhone.

Namun, pengguna tetap dapat downgrade iOS bila sesuai dengan syarat di bawah ini:

1. iOS Beta

iOS versi Beta (iOS Beta) merupakan versi iOS yang belum sempurna. Sebelum iOS versi final terbaru dirilis ke publik, iOS Beta digelontorkan lebih dulu ke publik dalam beberapa tahap untuk diuji coba.

Fungsinya adalah untuk menyempurnakan iOS versi final yang akan dirilis. iOS Beta di iPhone dapat diturunkan pengguna ke iOS versi lama yang stabil dan tersedia saat ini. Misalnya, versi iOS 16.1 Beta dapat diturunkan diturunkan ke versi iOS 16 biasa yang stabil.

2. Signed iOS

Kedua, selain pada iOS Beta, downgrade iOS juga dapat dilakukan pada versi signed iOS (iOS yang ditandatangani atau iOS yang valid). Tiap versi iOS pada dasarnya punya semacam tanda validitas dari Apple.

Dikutip dari iMobie, tanda validitas itu akan ditambahkan dan dicadangkan secara otomatis saat proses instalasi versi iOS di iPhone lewat aplikasi iTunes.

Pengguna bisa melakukan downgrade saat masih terdapat versi signed iOS lama yang tercadangkan di iTunes.

Di sisi lain, sayangnya jangka waktu untuk downgrade iOS terbaru ke versi signed iOS lama, bisa dikatakan cukup singkat.

Pasalnya, tanda validitas pada versi iOS lama bakal dihapus Apple setelah sekitar satu minggu versi iOS terbaru dirilis.

Bila telah dihapus, data signed iOS lama yang tercadangkan di iTunes tidak dapat diakses lagi. Sehingga, pengguna tak bakal bisa melakukan downgrade iOS, dari yang terbaru ke versi signed iOS lama, lewat iTunes.

Apabila dua syarat kondisi di atas terpenuhi maka pengguna bisa melakukan downgrade iOS melalui iTunes.

Lantas, bagaimana cara downgrade iOS di iPhone? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara downgrade iOS di iPhone lewat iTunes.

Cara downgrade iOS lewat iTunes

Pastikan telah memiliki aplikasi iTunes di desktop. Umumnya, aplikasi iTunes bakal terinstal otomatis di desktop berbasis MacOS. Bila belum memiliki iTunes, silakan unduh dulu lewat tautan ini. Pastikan desktop menjalankan iTunes dengan versi yang terbaru.

Sebelum downgrade iOS, ada baiknya untuk mencadangkan dulu data iPhone di iTunes. Untuk mencadangkan data, silakan hubungkan iPhone ke iTunes di desktop. Setelah

Bila proses pencadangan telah selesai, proses restore dapat dimulai. Untuk melakukan restore, langkah awalnya adalah dengan masuk ke Recovery Mode saat iPhone terhubung dengan iTunes .

  • Cara masuk ke Recovery Mode bisa beda-beda di tiap seri iPhone. Di seri iPhone 8 dan yang lebih baru, klik berurutan tombol volume atas dan bawah, lalu tekan dan tahan tombol power hingga muncul tampilan layar seperti gambar di bawah ini.
  • Jika iPhone telah masuk ke Recovery Mode, silakan klik opsi “Restore iPhone” yang terdapat di layar aplikasi iTunes. iPhone bakal mulai memulihkan iPhone dengan versi iOS lama (stabil dan valid) yang tercadangkan.
  • Ketika proses restore berlangsung, jangan lepaskan sambungan iPhone dari iTunes di dekstop. Bila restore berhasil, iPhone bakal memuat tampilan halaman pengaturan awal perangkat.
  • Selesaikan pengaturan tersebut untuk masuk ke layar “home”. Kini, downgrade iOS di iPhone telah berhasil dilakukan.

Cara Downgrade iOS Melalui dr. Fone

dr. Fone merupakan aplikasi dekstop yang dikembangkan oleh Wondershare. Aplikasi ini bisa digunakan untuk iPhone dan Android.

Menariknya, menggunakan dr. Fone berarti Anda bisa melakukan restore iOS tanpa harus menggunakan iTunes.

Untuk melakukan downgrade iOS melalui dr. Fone, berikut langkah yang harus dilakukan.

  • Unduh dan pasang dr. Fone pada PC.
  • Back up data terlebih dulu.
  • Hubungkan iPhone dengan PC menggunakan kabel data.
  • Secara otomatis, sistem akan melakukan back up data. Pilih data yang akan dicadangkan dan pilih lokasi penyimpanannya. Kemudian, klik ‘Backup’.
  • Jika proses back up sudah selesai, buka aplikasi dr. Fone.
  • Klik ‘Start’ untuk memulainya.
  • Pastikan iPhone sudah terhubung ke PC dan klik ‘Next’.
  • Masuk dengan menggunakan m signode recovery.
  • Ikuti petunjuk yang tertera dan klik ‘Download’ pada versi iOS yang diinginkan.
  • Setelah proses selesai, centang opsi ‘Retain native data’, agar data tidak hilang dan klik ‘Fix Now’.
  • Setelah proses selesai, iPhone akan restart secara otomatis.

Demikianlah penjelasan seputar cara downgrade iOS di iPhone dan syarat yang perlu diketahui, semoga bermanfaat. 

Editor : -

Tag : #downgrade    #ios    #teknologi    #tips    #iphone    #upgrade ios   

Baca Juga