Warna dari asap knalpot dinilai mampu mendeteksi kerusakan pada mesin mobil (dok:msn.com)

Warna Asap Knalpot Ternyata Bisa Deteksi Kerusakan pada Mesin Mobil

Dimas | Otomotif | 09-05-2022

PARBOABOA, Jakarta - Knalpot merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus diperhatikan. Sebab, knalpot pada mobil berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa hasil pembakaran.

Selain berfungsi sebagai saluran pembuangan, ternyata knalpot bisa dijadikan sebagai pendeteksi kerusakan pada mesin mobil. Hal tersebut bisa dilihat dari warna asap yang dikeluarkan knalpot dari hasil pembakaran pada mesin mobil.

Jika mesin mobil dalam keadaan sehat, asap knalpot biasanya tidak mengeluarkan warna, namun jika asap knalpot sudah berwarna, sudah bisa dipastikan mesin pada mobil sedang mengalami masalah.

Berikut cara mendeteksi kerusakan pada mesin mobil berdasarkan warna asap yang dikeluarkan oleh knalpot.

1. Asap Berwarna Putih

Seringkali kita temui knalpot mobil mengeluarkan asap putih saat sedang dikendarai. Biasanya, asap putih yang dikeluarkan juga ada yang tipis dan ada juga yang tebal.

Untuk asap putih yang tipis, itu menandakan terdapat masalah pada bagian kondensasi kanal knalpot pada mobil. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah yang muncul tersebut sebab kerusakan tidak terlalu serius.

Sementara itu, jika asap putih yang dikeluarkan tebal dan pekat, hal itu bisa menandakan adanya masalah pada sistem pembakaran mobil Anda. Penyebabnya sendiri bisa karena oli mobil merembes masuk ke ruang pembakaran mobil.

2. Asap Berwarna Kebiruan

Jika knalpot mobil Anda mengeluarkan asap yang berwarna kebiruan, maka artinya adalah oli yang dibakar di dalam mesin mobil jumlahnya sedikit. Penyebabnya, bisa jadi karena ada masalah pada bagian head gasket antara silinder head dengan blown gasket.

Tidak hanya itu, ring piston yang sudah aus juga dinilai sebagai salah satu penyebab oli mobil merembes yang memunculkan asap kebiruan pada knalpot mobil.

3. Asap Berwarna Abu-Abu

Knalpot mobil juga kerap mengeluarkan asap dengan warna abu-abu. Melansir dari laman liputan6.com, asap abu-abu yang dikeluarkan ini bisa menjadi pertanda jika katup PCV (Positive Crankcase Ventilation) pada mobil macet.

Adapun penyebabnya adalah karena ruang pembakaran oli mengalami kebocoran dan terjadi masalah pada bagian turbo mobil.

Di samping itu, pada mobil matic, asap berwarna abu-abu ini juga bisa mengindikasikan bahwa terjadi kerusakan pada bagian oli transmisi. Di mana, oli merembes keluar akibat pengisannya yang berlebih.

4. Asap Berwarna Hitam

Jika asap mobil berwarna hitam, biasanya disebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna, hal itu membuat adanya sisa pembakaran keluar melalui knalpot. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi untuk melihat kebocoran kompresi, nyala api busi yang kecil, karburator bermasalah, atau filter udara kotor.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara mendeteksi kerusakan mesin mobil melalui warna asap knalpot. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #knalpot    #otomotif    #asap knalpot    #mesin mobil    #kerusakan mobil   

Baca Juga