Cara cek kecepatan WiFi, foto: Indozone

Cara Cek Kecepatan Internet WiFi di HP dan Laptop

Wanovy | Teknologi | 20-06-2022

PARBOABOA - Jika internet Anda lambat, cobalah untuk cek kecepatan WiFi lewat situs atau aplikasi khusus. Untuk mengecek kecepatan internet bisa dilakukan lewat HP atau PC. Berikut penjelasan lengkapnya.

Internet yang cepat menjadi idaman banyak orang saat ini, sebab internet dibutuhkan untuk beberapa aktivitas sehari-hari seperti belajar dan bekerja.

Untuk mengetahui kecepatan internet, ada beberapa cara untuk cek kecepatan internet yang bisa dipraktikkan dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara cek kecepatan internet WiFi?

Langkahnya sebenarnya sangat simple. Kalian bahkan dapat melakukan cara mengecek Mbps internet tanpa aplikasi. Artinya, bisa melalui situs online yang menyediakan cara cek kecepatan WiFi atau internet.

Lewat situs web, pengguna bisa cek kecepatan WiFi, berdasar ukuran kecepatan unduh dan unggah dalam satuan Mbps (Megabit per second), serta ukuran latensi atau waktu yang dibutuhkan untuk transmisi data internet dalam satuan Ms (Milisecond).

Pengin tahu penjelasan lebih lanjutnya? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Cara cek kecepatan WiFi di HP dan laptop

Bagi yang ingin cek kecepatan WiFi, berikut Parboaboa rangkumkan situs apa saja untuk cara cek kecepatan WiFi yang bisa diakses lewat browser di laptop atau handphone (HP).

1. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla merupakan salah satu situs untuk mengecek kecepatan internet yang cukup terkenal.

Speedtest yang pertama kali rilis pada 2006 ini dapat menguji performa internet untuk seluler maupun WiFi.

Layanan speedtest juga sudah tersedia di browser atau dapat diunduh ke berbagai platform seperti iOS, Android, macOS, Apple TV hngga Windows.

Cara menggunakan speedtest, Anda tinggal akses link https://www.speedtest.net/ atau buka aplikasinya melalui ponsel, kemudian klik 'GO' yang berada di bagian tengah layar.

Setelah itu tunggu beberapa saat, sampai seluruh rekapan hasil kecepatan internet selesai dicek. Bahkan, result speedtest Anda bisa bagikan ke berbagai jejaring media sosial. Beberapa istilah yang digunakan pada situs speedtest adalah:

- PING adalah waktu respons dari koneksi internet ketika mengirim permintaan, di mana PING ini diukur menggunakan satuan milidetik. Apabila nilai PING pada hasil cek kecepatan internet Anda rendah, itu berarti koneksi internetnya sangat baik, begitu pun sebaliknya.

- Download speed merupakan istilah untuk menentukan kecepatan koneksi yang digunakan ketika mengunduh file atau data.

- Angka pada download speed menunjukkan seberapa lama perangkat Anda menerima file tersebut dan satuan yang digunakannya yaitu megabits per second (Mbps).

- Upload speed yaitu untuk mengetahui kecepatan koneksi internet dalam mengirim file ke perangkat. Misalnya membagikan foto ke media sosial atau kirim pesan.

- Indikator yang digunakan untuk mengukur upload speed masih sama seperti download speed dengan satuan megabits per second (Mbps).

2. Fast.com

Fast.com merupakan salah satu cara cek kecepatan WiFi Indihome dan provider lain yang dikembangkan oleh perusahaan Netflix.

Cara cek kecepatan WiFi lewat Fast.com bisa diakses dengan mengunjungi laman ini https://fast.com melalui browser di laptop dan HP.

 Saat laman terbuka, pengguna tak perlu mengetuk opsi apapun untuk cek kecepatan WiFi. Situs bakal memulai pemeriksaan secara otomatis. Hasil pemeriksaan kecepatan WiFi bakal muncul setelahnya

Hasil kecepatan internet akan ditampilkan tepat di bagian tengah layar, beserta tulisan angka besar dengan satuan megabits per second (Mbps).

Masuk ke situs Fast.com ini pengguna tidak dibebankan biaya tertentu alias gratis dan sudah tersedia untuk berbagai negara.

Bahkan, Fast.com dapat diakses oleh berbagai jenis perangkat seperti desktop, smartphone, tablet, hingga smart TV asalkan tersedia browser.

3. Meter.net

Cara cek kecepatan WiFi di laptop ataupun HP selanjutnya yakni melalui situs website Meter.net, sehingga Anda tidak perlu repot mengunduh dan menambah kapasitas penyimpanan (storage) seperti aplikasi.

Kelengkapan dari layanan Meter.net ini hampir serupa seperti speedtest yaitu ada PING, download speed, dan upload speed.

Proses cek koneksi internet melalui Meter.net berlangsung sekitar 30 detik dan pengguna tinggal masuk ke situs https://www.meter.net/, kemudian klik 'START'.

Setelah menekan tombol 'START', biarkan sistemnya memproses dan melakukan pengecekan, kemudian nanti akan ditampilkan PING, download speed, dan upload speed sebagai hasil akhirnya.

4. Bandwidth Place

Cara mengetahui kecepatan koneksi internet juga bisa melalui Bandwidth Place, yang diluncurkan oleh perusahaan penyedia layanan internet asal Houston, Texas, pada 2002.

Fitur pada situs Bandwidth Place ini kurang lebih hampir sama dengan speedtest, yang menyediakan PING, download speed, dan upload speed.

Perbedaannya ada pada layanan 'SERVER' Bandwidth Place, yang berfungsi untuk memudahkan pengguna memilih lokasi keberadaannya.

Selain itu, Bandwidth Place dilengkapi dengan kolom untuk mendeteksi jenis provider yang sedang digunakan oleh user.

Mengakses Bandwidth tinggal masuk laman https://www.bandwidthplace.com/, kemudian klik 'START' pada logo oranye dan biarkan beberapa detik untuk mengetahui hasilnya.

5. Fast by Netflix

Nah, cara cek kecepatan WiFi terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengecek kecepatan internet di rumah yaitu dengan Fast by Netflix. Kabar baiknya, aplikasi ini tidak memakan banyak memori di smartphone.

Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan informasi kecepatan unggah, IP publik pengguna, serta unloaded dan loaded latency.

Fast by Netflix dapat dipakai di Android dan iOS. Saat menggunakannya, tes kecepatan unduhan juga akan langsung dimulai tanpa Anda klik "Go".

Itulah beberapa cara cek kecepatan WiFi atau internet di HP dan PC secara mudah dan cepat. Anda bisa memakai salah satu situs atau aplikasi yang menurut Anda paling nyaman digunakan. Semoga membantu!

Tag : #kecepatan wifi    #kecepatan internet    #tips    #teknologi    #indihome    #mbps   

Baca Juga