Ilustrasi cara bikin WA Bisnis

Cara Bikin Akun Bisnis di WhatsApp Cepat dan Mudah

Wanovy | Teknologi | 03-01-2022

Cara bikin WA bisnis sebenarnya sangat mudah. Namun, tampaknya tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana caranya.

WhatsApp Bisnis adalah salah satu aplikasi chat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Pada tahun 2018, WhatsApp merilis aplikasi tersebut dan mendapat antusiasme masyarakat Indonesia.

Aplikasi ini menolong banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka dapat bertanya-tanya lebih dulu sebelum benar-benar membeli suatu barang.

WhatsApp Business juga menyediakan berbagai fitur untuk mendukung profil bisnis Anda seperti membalas pesan otomatis, pemilik juga dapat mengupload profil bisnis secara lengkap seperti alamat, dan foto produk.

Lantas bagaimana cara bikin WA bisnis? Yuk, simak panduan berikut.

Cara bikin akun bisnis wa

1. Pastikan Anda sudah men-download WhatsApp Business di App Store atau PlayStore.

2. Tinjau Ketentuan Layanan: Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business > ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.

3. Daftar nomor telepon: Pilih negara dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara > masukkan nomor telepon Anda dalam format nomor telepon internasional.

4. Ketuk Selesai atau Lanjut > lalu pilih OK untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon.

5. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang Anda terima, dan tuliskan pada kolom yang tertera di aplikasi.

6. Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dari buku alamat telepon Anda dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business.

7. Anda juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon

8. Buat akun: Masukkan nama bisnis > pilih kategori bisnis > lalu pilih foto profil

9. Buat profil bisnis: Ketuk Lihat > Profil bisnis. Di sini Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain-lain

10. Mulai chat. Profil bisnis Anda sekarang telah disetel. Ketuk atau lalu cari atau pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan.

11. Setelah profil WhatsApp Business tercipta, Anda dapat mengakses Settings > Business Settings dan memeriksa opsi yang tersedia pada menu tersebut.

12. Pada menu tersebut, Anda akan menemukan opsi Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies. Anda dapat mengatur masing-masing opsi sesuai dengan kebutuhan.

13. Anda dapat mengatur pesan yang akan dikirimkan secara otomatis saat tengah dalam perjalanan bisnis dan tidak dapat membalas pesan dari konsumen.

14. Anda juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan ini, baik di segala waktu, pada jadwal khusus atau di luar jam operasional.

15. Pesan sapaan akan dikirimkan secara otomatis saat konsumen mengirimkan pesan untuk pertama kalinya setelah tidak aktif selama 14 hari.

16. Untuk balasan cepat, Anda dapat mengatur pesan dasar, memilih jalan pintas, serta memilih kata kunci, meski opsi untuk kata kunci ini tidak harus dilakukan.

Cara membuat katalog WA bisnis

WhatsApp Bisnis juga menghadirkan fitur katalog untuk menunjukkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang bisa diamati oleh konsumen ketika melihat profil Anda.

Dalam katalog, konsumen tak cuma memperhatikan foto produk, namun juga mengamati detil keterangan dan harga produk.

Cara membuat katalog WhatsApp Bisnis yakni buka menu Setting > Business Setting > Catalog.

Kemudian Anda perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Anda juga bisa menambahkan tautan berkaitan dengan produk tersebut. Umpamanya, Anda dapat cantumkan tautan ke toko online Anda. Fitur Katalog ini dapat menampilkan sampai 500 foto produk.

Nah, itulah cara bikin WA bisnis dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #whatsapp    #wa bisnis    #akun bisnis   

Baca Juga