Aplikasi Tiktok Shop (Foto: Parboaboa/Olivia)

Cara Aman dan Gampang Belanja di Tiktok Shop

Olivia | Teknologi | 26-09-2022

PARBOABOA – Kemajuan teknologi saat ini membuat segala sesuatunya lebih gampang dan praktis untuk didapatkan, seperti halnya berbelanja. Kini kamu tidak perlu repot-repot berkunjung ke pusat perbelanjaan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Cukup membuka handphone (HP), pilih aplikasi belanja online, disitu sudah tersedia berbagai jenis produk. Dimulai dari pakaian, tas, sepatu, perlengkapan rumah tangga bahkan makanan maupun minuman.

Salah satu aplikasi belanja online yang banyak diminati khususnya masyarakat Indonesia adalah Tiktok Shop. Cewek – cewek pasti sudah sangat mengenal aplikasi yang satu ini. Selain sebagai sarana hiburan, kini Tiktok dijadikan beberapa orang mencari nafkah dengan berjualan.

Meski para pedagang telah memberi arahan cara belanja di Tiktok Shop, tetap saja masih ada yang belum paham cara berbelanja di aplikasi ini. Dan tak sedikit para pembeli yang mengurungkan niatnya untuk berbelanja karena tidak paham caranya.

Cara berbelanja di Tiktok Shop yang aman dan gampang dapat kamu lakukan melalui unggahan produk atau saat siaran langsung. Berikut langkah-langkah belanja di Tiktok Shop berdasarkan kedua hal tersebut.

Unggahan Produk

  1. Sebelum mulai belanja di Tiktok Shop, pastikan kamu telah mendownload aplikasinya. Setelah itu bukalah aplikasi tersebut.
  2. Langkah berikutnya ialah masuk ke halaman Discover dan cari toko yang dituju. Kemudian buka profil toko.
  3. Selanjutnya, pilih menu “Shop” atau ikon keranjang kuning pada sisi kiri bawah HP kamu.
  4. Cari dan buka produk yang ingin beli, lalu pilih opsi “Buy with coupun” atau “buy now”.
  5. Jika ingin mengganti varian dan menentukan jumlah barang yang akan dibeli. Pilih opsi “Buy with coupun” atau “buy now”.
  6. Setelah selesai menentukan pilihan dan banyaknya barang yang akan dibeli, lanjut klik “Shipping address”. Isi alamatmu atau penerima dengan benar. Jangan lupa klik “Save”.
  7. Langkah selanjutnya, pilih metode pembayaran yang disediakan. Kamu bisa melakukan transaksi melalui akun Bank maupun e-wallet lainnya, kemudian klik “continue”.
  8. Jika kamu ingin menambahkan pesan tambahan kepada penjual, terdapat pilihan “message”, kamu dapat mengisinya.
  9. Dan jika semuanya dirasa sudah lengkap, lanjutkan dengan memilih opsi “Place order” maka akan muncul total pembayaran dan tujuan pembayaran yang telah dipilih sebelunya.
  10. Selesaikan pembayaran. Dan jika berhasil, maka pesanan akan segera diproses, kemudian dikirim ke alamat penerima.

Melalui Siaran Langsung

  1. Masih sama seperti cara beli di Tiktok Shop melalui unggahan, pastikan kamu telah memiliki aplikasi Tiktok dan mendaftarkan akun sesuai data diri.
  2. Langkah berikutnya, buka aplikasi TikTok di HP mu kemudian cari toko yang sedang melakukan siaran langsung.
  3. Setiap toko yang melakukan siaran langsung akan menyediakan katalog produk yang bisa kamu lihat pada sisi kiri bawah. Disana juga akan tertera harga setiap produk yang ditawarkan.
  4. Setelah selesai menentukan barang seperti apa yang akan dibeli, klik opsi “Buy” atau “Beli”.
  5. Jika ingin merubah varian dan jumlah produk yang akan dibeli, kamu bisa langsung melakukannya saat siaran langsung (live).
  6. Selesai menentukan pilihan, isi alamatmu atau penerima selengkap-lengkapnya ditambah nama dan nomor ponsel yang aktif.
  7. Langkah selanjtnya, klik “Next”. Lalu pilih metode pembayaran kemudian pilih “Continue” dan “Place Order”. Selesaikan pembayaran dan pesananmu akan segera diproses penjual, kemudian dikirim sesuai alamat yang telah kamu berikan sebelumnya.

Bagaimana? Gampang bukan. Kamu tidak akan kewalahan lagi jika ingin belanja di Tiktok shop ini. And enjoy your shopping.

Tag : #Tiktok    #Belanja Online    #Teknologi    #Aplikasi    #Tiktok Shop   

Baca Juga